MURAI BATU ARUNG YANG BUKAN MURAI BATU

Siapa yg tidak kenal dengan burung jenis murai batu, burung bersuara merdu yg poly di cari oleh kicau mania pada Indonesia. Tapi apakah anda pernah mendengar nama burung murai batu arung ? Meski masih dalam satu famili Musicapidae namun murai batu arung (Monticola solitarius) tidak selaras berdasarkan jenis burung murai batu dalam biasanya. Burung ini mempunyai rona tubuh secara umum dikuasai abu-abu kebiruan menggunakan penampilan seperti halnya burung cacing. 

Penampilannya tersebut sesuai dengan sebutan lain menurut jenis burung ini yaitu Blue-rock thrush yg ialah cacing-batu biru. Murai batu arung terdiri atas enam subspesies atau ras, menggunakan wilayah persebaran dan area migrasi yg tidak sinkron, yaitu :
  • Monticola solitarius solitarius: habitat di daerah baratlaut Afrika, daerah selatan Eropa, daerah utaraTurki serta Transkaukasia. Pada animo dingin, mereka bermigrasi ke wilayah utara Afrika utara Jazirah Arab.
  • Monticola solitarius longirostris: habitat pada Yunani, daerah barat dan selatan Turki, Levant, Tien Shan, hingga wilayah baratlaut Himalaya. Saat isu terkini dingin tiba, mereka bermigrasi ke daerah utara India serta timurlaut Afrika.
  • Monticola solitarius pandoo: habitat di daerah tengah Himalaya, wilayah timur dan tengah China, dan wilayah utara Vietnam. Di ekspresi dominan dingin, mereka bermigrasi ke Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa).
  • Monticola solitarius philippensis: tempat asli di wilayah timur Mongolia, timurlaut China, Korea, Jepang, serta wilayah utara Filipina (Pulau Batanes). Mereka acapkali bermigrasi ke daerah tenggara China, Filipina, dan Indonesia.
  • Monticola solitarius madoci: tempat asal pada daerah  selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan daerah utara Sumatera.
Burung murai batu arung memang bukan burung asli atau burung lokal Indonesia, melainkan termasuk spesies burung migran yang akan berkunjung ke beberapa daerah pada Indonesia waktu tempat asal asalnya mengalami ekspresi dominan dingin.  

Murai batu arung biasanya bermigrasi ke Indonesia mulai September hingga Mei. Mereka menyukai wilayah pesisir pantai yg berbatu, daerah dekat permukiman penduduk pada perkotaan maupun pedesaan, daerah terbuka, hutan sekunder, dan huma pertanian bersemak.  Mereka acapkali bertengger secara mencolok pada atas batu, atap rumah, tiang, serta pohon meninggal, sebelum menerkam serangga mangsanya di tanah.


Suara kicauannya cukup merdu, bahkan sanggup meniru aneka macam bunyi burung lainnya dengan sangat baik. Tetapi apabila dibandingkan bunyi kicauannya nir seperti burung murai batu, namun cenderung bersiul merdu dengan suara yang parau. 


Untuk mendengarkan suaranya silakan pencet tombol play pada bawah ini: 


Suara ngeriwik burung murai batu arung




Suara kicauan burung murai batu arung 




- -


Semoga berguna serta Salam kicau!

tags & keywords: murai batu arung, bunyi burung murai batu arung, burung murai batu arung, kicauan murai batu arung, bunyi burung , download bunyi burung, bunyi murai batu, murai batu arung, suara burung murai batu arung, burung murai batu arung, kicauan murai batu arung, bunyi burung , download suara burung, bunyi murai batu,

0 Response to "MURAI BATU ARUNG YANG BUKAN MURAI BATU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel