MERAWAT LOVEBIRD MUDA AGAR SIAP LOMBA

Beberapa waktu lalu harga jual lovebird memang sempat mengalami penurunan, dan hal tersebut dimanfaatkan sang poly kicau mania menggunakan mencoba membeli serta  memelihara burung lovebird sebelum harganya kembali stabil. Sebagian para penggemar burung lovebird ini memeliharanya buat tujuan lomba atau sekedar klangenan, tetapi tidak sedikit juga penggemar burung ini yg mengaku belum mengetahui bagaimana cara mengakibatkan burung lovebird miliknya menjadi lebih aktif serta rajin suara. 

Nah, buat pedoman bagi anda yg baru saja membeli dan memelihara burung lovebird, berikut beberapa tips seputar perawatan lovebird muda supaya rajin bunyi.
Untuk burung lovebird yang masih berusia muda atau yg berusia pada bawah 4 bulan dalam biasanya mereka masih pada tahap belajar bersuara. Secara umum burung lovebird yang masih dalam usia tersebut umumnya sudah memiliki kemampuan buat bersuara ngekek, namun masih belum aporisma serta cenderung dibawakan dengan terbata-bata, hal tadi masih dianggap lumrah, lantaran selesainya berusia lebih berdasarkan lima bulan atau setelah dewasa, burung akan memakai suara kicauannya itu buat mendapatkan perhatian dari burung betina yg akan sebagai pasangannya.
Tugas kita jika mempunyai burung lovebird yg masih muda merupakan dengan memberikannya pembinaan supaya burung tadi mempunyai stamina yang relatif dan terpancing buat lebih rajin berbunyi. Beberapa cara yang biasa dilakukan sang para penggemar lovebird merupakan :
Rutin memandikan burung sampai basah kuyup
Memandikan burung lovebird sampai basah kuyup dipercaya bisa menaikkan stamina burung yg bisa membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suaranya yang panjang. Memandikannya pula nir asal-asalan dan harus disesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku di kalangan lovebird mania. Salah satu tips memandikan burung lovebird sampai basah kuyup merupakan sebagai berikut:
  • Pada pagi hari sekitar pukul 07:00 burung tadi disemprot hingga basah memakai semprotan mandi atau sprayer, atau menggunakan karamba atau bak mandi jika burung terbiasa mandi pada karamba atau bak mandinya, yg terpenting di sini adalah burung harus sahih-benar pada syarat basah kuyup.
  • Setelah itu burung dijemur sampai pukul 10:00 siang, hingga kemudian burung itu diangin-anginkan sampai beberapa ketika (5-10 menit).
  • Semprot balik burung sampai basah kuyup serta dilakukan penjemuran hingga pukul 12:00 siang.
  • Setelah penjemuran burung pulang digantung di tempat yang teduh atau loka yang umumnya, dan selama burung bersantai hingga sore hari anda mampu menaruh pemasteran menggunakan cara memutarkan bunyi rekaman burung atau menggantung burung masteran tidak jauh berdasarkan sangkarnya.
Dengan rutin melakukan tindakan-tindakan tersebut di atas dalam burung lovebirdnya, maka dalam beberapa hari atau minggu akan di peroleh kemajuan dari burung tadi, contohnya menjadi lebih aktif serta lebih rajin berbunyi.
Memberikan pakan yang tepat
Selain faktor latihan misalnya yang diklaim pada atas tersebut, ada faktor lain yg juga menghipnotis kondisi menurut burung, yaitu makanan yg sempurna. Untuk burung lovebird yg masih muda, hadiah makan pada sebaiknya agar lebih bervariasi, baik berdasarkan pakan biji-bijian yang biasa dikonsumsi burung seperti milet putih, dalam kali ini bisa ditambah menggunakan pakan biji-bijian lain yg variatif, contohnya memberikan kuliner milet yg terdiri berdasarkan adonan milet merah dan putih, hemp seed, pellet, kuaci serta sebagainya.
Jika burung hanya diberikan pakan milet putih saja, maka burung cenderung mengalami kegemukan selain itu dengan pakan yg seimbang, maka secara pribadi kita telah berusaha buat memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung tersebut.
Selain biji-bijian pakan lain yang turut mendukung merupakan buah serta sayuran. Untuk burung lovebird yang masih belia, pakan sayuran seperti kangkung, tauge serta jagung muda mampu membantu menaikkan birahi mereka, sebagai akibatnya burung lebih cepat dewasa serta rajin berbunyi. Pakan tadi sanggup diberikan dengan cara bergantian setiap harinya.
Sedangkan buat buah-buahannya sanggup diberikan setiap satu - dua kali seminggu saja.
Faktor pendukung lainnya
Faktor pendukung yg mampu membuat burung lovebird belia menjadi lebih rajin berbunyi adalah kebersihan dan kesehatan. Dua hal tersebut cukup berkaitan, bila sangkar harian yg digunakannya selalu kotor maka burung cenderung mudah mengalami sakit. Biji-bijian yg terjatuh dan mengumpul pada bagian dasar dari sangkarnya apalagi apabila menyatu dengan air dan kotorannya kemungkinan besar akan sebagai sarang bagi bakteri atau tungau yg mampu mengganggu kesehatan dari burung tersebut.
Selain itu faktor pendukung yg jua harus sebagai pertimbangan pada merawat burung paruh bengkok merupakan pemberian vitamin. Karena burung paruh bengkok serta jua burung pemakan biji-bijian dikenal memiliki kebutuhan yg tinggi terhadap mineral serta vitamin, sehingga dengan menyediakan keduanya kita secara langsung telah menjaga stamina burung agar tetap fit serta aktif yg akan merangsangnya buat terus-terusan berkicau menggunakan rajinnya. Untuk burung jenis lovebird anda mampu memberikan suplemen vitamin seperti BirdMineral, yang mampu anda dapatkan di agen-agen omkicau terdekat.
-
Itulah beberapa hal yg mampu memancing serta membuat burung lovebird belia akan sebagai lebih aktif dan rajin berbunyi. Sehingga sehabis berusia dewasa atau berusia pada atas lima bulan, burung tersebut telah siap buat dilombakan.
Semoga berguna

0 Response to "MERAWAT LOVEBIRD MUDA AGAR SIAP LOMBA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel