PENYEBAB BURUNG TIDAK MAU JINAK MESKI SUDAH DIRAWAT SEJAK LAMA

Menjinakan burung seharusnya telah bukan lagi sebagai pertanyaan poly kicau mania karena cara buat ini telah banyak diulas tuntas pada semua media termasuk di agrobur.com, namun faktanya ternyata kasus ini permanen menjadi pertanyaan yang klasik dari sebagian akbar penggemar burung kicauan pada Indonesia , terlebih mereka yang memiliki masalah burung peliharaannya yang permanen nir mau jinak meski sudah dirawat selama berbulan-bulan bahkan mencapai setahun.
Sebelum berlanjut pada pokok pertarungan, ada baiknya kita memperhatikan beberapa syarat psikologis berdasarkan burung tadi, contohnya:
  • Burung yang dihasilkan dari tangkapan hutan, atau burung bakalan yg baru dibeli berdasarkan pasar burung. Banyak penggemar burung yg pribadi memandikan serta menggantungnya di loka yang ramai menggunakan akitivitas atau kemudian-lalang manusia. Padahal hal itu justru tidak memberi impak yg buruk bagi burung tadi, alih-alih tambah jinak, burung justru akan bertambah liar. Lantaran itu, buat burung bakalan yang baru anda dapatkan, sebaiknya burung tersebut dikarantina dahulu di tempat yg hening agar bisa menyesuaikan diri selama beberapa hari.

Jika burung bakalan pada satu hari perawatan eksklusif diberi terapi penjinakan, contohnya dimandikan dengan basah serta diletakan di loka yg ramai, maka yang terdapat adrenalin mereka akan selalu meningkat, yang menyebabkan mereka akan merasa nir damai serta selalu bersifat curiga serta waspada, gerakan dikit saja berdasarkan kita mereka pribadi pontang-panting didalam sangkarnya.  apabila beberapa hari burung terus dipaksakan pada loka ramai yg membuat adrenalin mereka selalu naik, maka telah sanggup dipastikan proses penjinakan akan mengalami kegagalan atau bisa berlangsung lebih lama berdasarkan yg umumnya.
Itulah sebabnya mengapa masih banyak pengemar burung yg mengaku burungnya tetap tidak mau jinak meski telah dirawat selama berbulan-bulan atau tahunan .  
Maka metode berikut sanggup anda coba menjadi alternatif berdasarkan proses penjinakan buat burung yang usang nir mau jinak.
Proses pendekatan melalui ucapan
Pada tahap ini, kita nir perlu menggantung burung di lokasi yg ramai buat menghindari mereka menjadi liar kembali, cukup ditempat yg hening saja supaya proses penjinakan ini sanggup berjalan dengan cepat.
Proses pendekatan bisa dilakukan dan usahakan memang  wajib dilakukan menjadi alternatif dalam proses penjinakan burung yang masih liar ini, pendekatan tersebut mampu saja berupa dialog santai, sapaan ataupun panggilan akrab terhadap burung yg akan anda jinakan tersebut. 
Burung misalnya halnya mahluk hayati seperti kucing,  anjing bahkan kuda,  mereka mempunyai naluri dan naluri buat menanggapi perkataan menurut manusia termasuk panggilan serta sapaan menggunakan demikian kita akan mencoba mengambil kepercayaan mereka menggunakan memakai teknik pendekatan melalui kata-istilah, contohnya apabila kita mau memberi makan burung , ucapkan salam kemudian sembari ajak bicara burung tadi buat hening dalam istilah-kata yg lembut , lakukan dengan rutin setiap kali kita melakukan kegiatan perawatan misalnya memandikan mereka, membersihkan kandangnya atau sembari menaruh pakan serangga misalnya jangkrik.
Sebenarnya metode ini relatif efektif karena terbukti poly dilakukan oleh banyak penggemar burung di semua global, tetapi bagi kita secara umum dikuasai penggemar burung di Indonesia tampaknya hal tadi adalah suatu hal yang herbi gengsi atau sungkan bila terlihat oleh orang lain sedang berbincang-bincang menggunakan burung peliharaan kita, sebagai akibatnya kita lebih tak jarang bersiul dihadapan burung peliharaan dibanding berbicara buat tujuan pendekatan.
Mandi menggunakan cara dipegang
Alternatif lain buat menjinakan burung yang masih liar dan tidak mau jinak merupakan memandikan burung tadi menggunakan cara dipegang, misalnya yang biasa dilakukan oleh orang tua-orang tua kita yg mencoba menjinakan burung perkutut ataupun ayam jago kesayangannya. 
Mandi menggunakan cara dipegang juga termasuk salah satu metode yang peluang keberhasilannya lebih besar dibanding mandi dengan cara disemprot hingga basah kuyup. Pegang burung dengan cara yang tepat, lalu gunakan bak mandi atau baskom air untuk memasukan sebagian tubuh burung ( dengan kepala di atas ! ) kedalam wadah air tersebut lalu diangkat dan diusap merata dengan tangan kita. Pada burung paruh bengkok seperti lovebird, parkit dan nuri mandi dengan cara ini bisa langsung membuat mereka jinak dalam beberapa kali perlakuan.
Pada burung cucak hijau, kacer atau burung kicauan lain, pertama kali diberikan terapi tadi burung akan merasa kaget dan sedikit tertekan sebagai akibatnya mengurangi intensitas kicauannya, tetapi apabila dilakukan secara rutin misalnya 2 kali sehari, maka burung akan mulai menduga hal tersebut sebagai bagian dari perlakuan normal serta juga burung akan mulai menganggap tindakan tersebut menjadi sanksi yg secara perlahan burung akan mulai memberikan perubahan perilaku ( melunak ) terhadap kita dalam ketika beberap hari.
Setelah burung dimandikan menggunakan cara tersebut , segera berikan makanan kesukaannya supaya burung menganggap bahwa proses tersebut berakhir menggunakan menyenangkan lantaran sanggup mendapatakan kuliner yg segar dan enak.
Beberapa burung kicauan seperti wambi atau burung jenis lainnya yg memiliki sifat liar atau susah jinak, ternyata bisa ditaklukan dengan menghadirkan pasangannya atau burung homogen yg tidak sama jenis kelamin.  
Penjinakan ini umumnya dilakukan menggunakan cara memandikan burung sampai basah kuyup lalu ditempel dengan burung betina yg telah jinak ( sukur - sukur burung betina tadi telah jinak total ) , selama ditempel burung tadi diberikan terapi penjinakan misalnya menaruh serangga menggunakan tangan yg sebelumnya dicontohkan dalam burung betinanya, atau sambil mempermainkan burung betina ( misalnya menyuruh burung betina mematuki tangan kita ) kita memberi pengertian pada burung jantan tadi bahwa kita bukan sesuatu yg wajib ditakutkan.
Dengan melakukan hal tadi secara rutin, dalam ketika yg tidak terlalu usang, burung yg susah jinaknya tersebut akan cepat menjadi jinak. Serta selanjutnya mampu anda berikan lagi termin berikutnya yaitu penjinakan total jika diinginkan.
Itulah hal-hal yang sebagai penyebab burung tidak mau jinak dalam saat yg relatif lama .
Semoga bisa bermanfaat

0 Response to "PENYEBAB BURUNG TIDAK MAU JINAK MESKI SUDAH DIRAWAT SEJAK LAMA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel