PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI KATARAK PADA MATA BURUNG

Penyakit gangguan mata seperti katarak sanggup menimpa semua jenis burung tak terkecuali burung peliharaan. Sebuah penelitian yg dilakukan para pakar bahkan menjelaskan bahwa burung dengan warna bulu cerah sangat rentan terkena katarak. Untuk mengulasnya, berikut beberapa penyebab dan cara mengobati katarak pada mata burung

Hasil penelitian yang pernah diterbitkan pada jurnal ilmiah Comparative Biochemistry and Physiolog mengungkapkan kaitan erat antara katarak yang terjadi pada burung dengan pigmen pheomelanin. Pigmen ini pula yang bertanggung jawab terhadap keluarnya rambut/bulu dengan rona merah.
Katarak merupakan gangguan yg terjadi dalam mata dampak adanya peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan pada lensa mata burung.  Katarak dalam awalnya hanya berupa titik kecil berwarna bening keputihan, serta jika dibiarkan titik kecil itu usang-kelamaan akan melebar serta menutupi hampir seluruh lensa matanya. Pada syarat tadi, burung tentu nir akan sanggup melihat menggunakan lebih kentara. Bahkan apabila dibiarkan tanpa pengobatan, katarak akan semakin lebar dan bisa mengenai kedua matanya. 
Burung-burung yg memiliki bulu berwarna cerah misalnya rona merah, oranye serta kastanye ternyata lebih rentan mengalami katarak dibandingkan burung dengan bulu berwarna gelap. Beberapa spesies burung diketahui memiliki antioksidan yg bisa mencegah dampak berdasarkan gambaran Ultra Violet, sedangkan burung berwarna cerah atau merah cenderung tidak memiliki proteksi tersebut. 
Cara mengobati katarak dalam burung
Meski katarak bukan termasuk penyakit keturunan, tetapi ada peluang burung tersebut sebagai lebih rentan terkena katarak yang dipicu oleh faktor eksternal seperti terkena paparan sinar UV maupun faktor pemicu lainnya.
Beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya katarak pada mata burung antara lain: 

  • Burung yg selalu kekurangan gizi.
  • Trauma sebagai imbas dari penyakit metabolis seperti obesitas, peradangan, diabetes dan infeksi.
  • Selalu terpapar cahaya ultra violet atau dampak penjemuran yg terlalu berlebihan.
  • Bisa pula dampak pantulan cahaya yang menyilaukan seperti tembok putih, kaca cermin atau spion, termasuk juga cahaya menyilaukan menurut sambaran petir. 
Di luar hal tadi, poly kicaumania menduga hadiah ulat hongkong yg terlalu hiperbola sanggup memicu katarak, tetapi hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

Cara mengobati katarak dalam burung 
Pernah terdapat anggapan tidak gampang mengobati katarak atau katarak nir bisa disembuhkan, tetapi asumsi tadi tidak sepenuhnya sahih. Katarak bisa sembuh menggunakan pengobatan yg rutin serta teratur. Dengan begitu kepadatan atau pengeruhan dalam lensa matanya sanggup berangsur-angsur menipis sehingga burung sanggup melihat dengan lebih baik. 
Katarak memang tidak sanggup eksklusif sembuh begitu saja tanpa operasi, namun menggunakan memakai obat-obatan yang sempurna katarak sanggup sembuh meski membutuhkan saat. 
Beberapa tahun silam, terdapat pernyataan seorang ahli yang menyebutkan bahwa katarak sanggup disembuhkan menggunakan menggunakan madu alam yg masih mentah. Tetapi hingga sekarang belum ada catatan tentang keberhasilan memanfaatkan madu buat menyembuhkan katarak. 
Selain madu, penyembuhan katarak sanggup juga dilakukan dengan menggunakan bunga kitolot. Kitolot adalah homogen tanaman liar yg bunganya banyak dipakai buat mengatasi aneka macam penyakit mata. Tetapi pemakaian bunga kitolot biasanya membutuhkan proses penyembuhan yg sangat lama , apalagi apabila dilakukan dengan cara-cara yang nir steril. 
Cara pengobatan katarak dalam burung yang lebih tepat bisa memakai Kitolot Plus buatan omkicau. Kitolot plus dibuat menurut aneka jenis tumbuhan herbal yg penuh manfaat, galat satunya merupakan bunga kitolot. Selain mampu mengurangi dan menyembuhkan katarak, Kitolot Plus juga mampu digunakan buat mengobati penyakit lain yg berkaitan menggunakan  mata termasuk snot dan patek. 
Demikan artikel tentang cara mengobati katarak dalam burung.
Salam kicau!!

0 Response to "PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI KATARAK PADA MATA BURUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel