CARA TERNAK GOULDIAN FINCH / GOULD AMADIN

Gould amadin atau kerap dianggap Gouldian finch adalah salah satu jenis burung finch yg dijuluki pipit tercantik pada global. Banyak orang tidak sekedar memelihara burung yang manis dengan rona-warna bulu yang menarik ini, tetapi jua ditangkarkan buat mendapatkan keturunan. Sebagai pedoman bagi anda, berikut Cara ternak gouldian finch / gould amadin.

Sebelum memulai usaha menangkarkan gould amadin, langkah pertama adalah menyiapkan sepasang burung finch ini yang berjenis kelamin jantan dan betina. Secara generik, gould amadine jantan mempunyai bulu dada menggunakan warna lebih tegas daripada betina. 
Namun dewasa ini poly ditemukan burung yang adalah output mutasi rona, sehingga membedakan jenis kelaminnya mampu dilakukan dengan mengamati beberapa syarat berikut: 
  • Warna ketua yg lebih cerah
    Burung jantan gould amadin mutasi kepala merah dan kuning memiliki warna lebih merah dan lebih cerah, sedangkan burung betina memiliki rona lebih gelap dengan warna bulu pada semua tubuhnya terlihat lebih kusam. Demkian pula pada gould amadin kepala kuning, bulu berwarna kuning yg terdapat dalam burung jantan tampak lebih cerah. 
  • Warna lingkaran leher
    Metode ini hanya sanggup dilakukan dalam jenis gould amadin mutasi kepala hitam. Burung jantan mempunyai garis biru yang mengeliling lehernya (blue collar). Metode yang sama juga mampu dilakukan pada gouls amadin mutasi punggung hijau dan punggung biru.burung betina mempunyai garis biru kehijauan yang cenderung samar. 
  • Warna bulu pada bagian dada
    Gould amadin jantan memiliki bagian dada berwarna lebih gelap / ungu tua, sedangkan burung betina berwarna ungu belia. Metode ini sanggup dilakukan pada seluruh mutasi kecuali jenis gould amadin dada putih. 

Beberapa persyaratan lain yang wajib diperhatikan waktu kita hendak menangkarkan burung gouldian finch merupakan:
  • Memiliki sepasang atau lebih burung gould amadin yg akan ditangkarkan.
  • Kedua burung sudah memiliki umur yang cukup atau sudah berumur lebih menurut 7 - 8 bulan. Bukan merupakan keturunan sedarah atau inbreeding
  • Berasal berdasarkan spesies yg sama.
  • Mempunyai syarat yang sehat, lincah, tidak gemuk serta nir terlalu kurus.

Kandang ternak
Tergantung jumlah menurut burung gould amadin yg akan ditangkarkan, kita bisa memanfaatkan kandang aviary/koloni bila ingin menangkarkan lebih berdasarkan sepasang burung gouldian finch. Sedangkan jika hanya memiliki sepasang saja, maka kandang yang digunakan bisa memakai tipe soliter juga sangkar harian yg berukuran luas. Sedangkan buat kotak sarang spesifik yg dipakai dalam menangkarkan gouldian finch adalah kotak sarang berbentuk kotak tertutup atau glodok.
Dalam perawatannya, saat menangkarkan burung gouldian finch maka pakan yang diberikan harus yg mengandung tinggi nutrisi dan proteinnya. Hal tadi bisa disiasati dengan memberikan pakan biji-bijian yg bervariasi dan pakan tambahan berupa egg food. Untuk kebutuhan kalsium, siapkan pula tulang sotong yg digantung pada dekat cepuk pakannya.
Perilaku berkembang biak
Gould amadin atau gouldian finch bertelur dalam julah 4 - 8 buah telur, serta akan mulai mengerami telurnya sesudah telur ke-4 diletakkan dalam sarangnya. 
Proses pengeraman berlangsung selama 16 hari dan sehabis itu telur akan menetas. Setelah berumur 22 - 25 hari, anakan burung gouldian finch sudah sanggup keluar menurut sarangnya namun mereka permanen menerima asupan pakan dari ke 2 induknya sampai 4-lima minggu lalu.


0 Response to "CARA TERNAK GOULDIAN FINCH / GOULD AMADIN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel