PERAWATAN BURUNG YANG DITINGGAL MUDIK

Lebaran sebentar lagi, serta animo pulang kampung pun mulai menjelang. Bagi anda yg kebetulan memelihara banyak sekali jenis burung kicauan tentu akan merasa khawatir bila wajib meninggalkan burung kesayangan buat waktu yang relatif lama . Karena itu beberapa saran perawatan burung yg ditinggal mudik berikut ini mungkin mampu memecahkan perkara anda. 



Membawa beberapa ekor burung bersama pada saat pulang kampung tentu akan membuat kita kerepotan, apalagi apabila harus keluar wilayah atau pulau yg untuk itu harus mengikuti peraturan dan tata cara yang berlaku. Satu-satunya jalan, ya meninggalkan burung pada rumah. Ada beberapa macam tindakan yang sanggup dilakukan terhadap koleksi burung peliharaan pada rumah, beberapa pada antaranya adalah sebagai berikut: 
  • Menitipkan dalam orang dekat atau tetangga .
  • Mempersiapkan pakan serta minum ekstra selama ditinggal.
  • Menggadaikan burung

Menitipkan dalam orang dekat atau tetangga .

Jika kebetulan tempat tinggal kita berada berdekatan dengan orang-orang dekat atau tetangga yg mampu kita percayai, maka tidak terdapat salahnya jika kita menitipkan perawatan burung kesayangan kita dalam mereka. Tentu saja kita harus menaruh gaji dalam mereka buat menjalankan tugasnya itu. 

Ketika menitipkan burung kita dalam tetangga atau orang dekat, usahakan kita jangan terlalu berharap mereka akan total merawat burung-burung kita seperti bagaimana kita merawatnya, misalnya dengan membebani mereka dengan menyuruh rutin memandikan dan memberi EF secara teratur pada jumlah yg diadaptasi. Yang penting merupakan burung kita mampu selamat serta aman selama ditinggalkan, lantaran nir semua orang sanggup dan terbiasa merawat burung. 

Cukup ajari mereka menggunakan perawatan yg paling fundamental, misalnya memberi makan saat kuliner sudah habir, serta mengganti air minum saat air minum habis atau kotor, dan membersikan kotorannya. 

2. Mempersiapkan pakan serta minum ekstra selama ditinggal

Jika selama ini burung disimpan dalam kandang yang ukuran sedang atau mini , maka saat anda akan meninggalkannya buat waktu yg usang, sebaiknya burung dipindahkan pada sangkar yang cukup luas, menggunakan begitu kuliner serta minumannya mampu diberikan pada jumlah yg relatif banyak.
Untuk mengatasi perkara kebutuhan pakan serta minum burung selama kita tinggalkan, kita mampu berkreasi membuat tempat pakan atau minum otomatis yg akan mengisi sendiri saat pakan telah habis. Tempat pakan atau minum tadi dikenal menggunakan sebutan Bird feeder dan Drink feeder. Di pasaran poly dijual loka pakan serta minum otomatis ini, tetapi rata-homogen pada ukuran yang mini , sehingga sulit sekali diterapkan buat burung berukuran akbar. Untuk itu anda sanggup berkreasi menggunakan menciptakan sendiri loka pakan dan minumnya dengan memanfaatkan barang-barang bekas pakai.

Yang perlu diperhatikan adalah dalam hadiah buah-buahannya, terutama buat burung pemakan butir-buahan misalnya cucak hijau atau cucak jenggot. Sebaiknya buah yang diberikan selama ditinggalkan bukan buah yang mengandung kadar gula yg tinggi (butir cantik) lantaran buah tadi cenderung nir akan tahan lama .
Untuk itu pemberian buah pisang kepok yg berwarna putih tentu akan lebih baik, karena butir pisang tadi termasuk butir yg relatif awet dan mampu tahan usang dibanding buah pisang yang berwarna kekuningan atau berasa cantik.
Untuk burung pemakan biji-bijian seperti kenari dan finch, hadiah sayuran usahakan dihentikan dahulu, karean sayuran tidak akan bertahan lebih menurut satu hari, selain itu bila ada sayuran yang sudah rusak maka berpotensi mengandung bakteri dan tidak baik dikonsumsi burung.
Alternatif lain ketika kita akan meninggalkan burung-burung kita untuk mudik adalah menggunakan menyatukan beberapa jenis burung dalam satu sangkar koloni. Burung yg ukuran kecil misalnya pleci, kenari, serta cucak-cucakan tentu tidak akan menjadi perkara ketika mereka disatukan pada satu sangkar. Tetapi buat burung yg memiliki sifat teritorial atau fighter sebaiknya burung tersebut tidak disatukan dengan burung lainnya, lantaran dikhawatirkan akan mendominasi atau menguasai makanannya sebagai akibatnya burung jenis lain tidak akan memiliki kesempatan untuk makan makanannya menggunakan teratur.
3. Menggadaikan burung
Salah satu cara lain waktu kita wajib meninggalkan burung-burung peliharaan kita buat waktu yg sangat usang, merupakan menggunakan menggadaikan burung pada sahabat yang kita percayai. Tentu saja proses gadai ini harus di atur sesuai konvensi, contohnya bila dalam batas saat yang ditentukan burung nir pula diambil, maka burung tadi berhak dimiliki sepenuhnya sang teman anda itu, selain itu perlu pula dibuat perjanjian yg berisi konvensi jika terjadi sesuatu terhadap burung peliharaan anda (hilang, terbang, atau mati) sebelum batas saat yang telah disepakati.
-
Itulah beberapa perawatan burung yg ditinggal mudik yang bisa anda lakukan di rumah, selain bisa membuat anda lebih tenang meninggalkan burung, burung-burung pun akan selalu berada dalam kondisi yang prima, karena tidak akan kekurangan makanan atau minumannya. 

Semoga bermanfaat dan Salam kicau!

0 Response to "PERAWATAN BURUNG YANG DITINGGAL MUDIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel