SPESIES BURUNG INDONESIA BERTAMBAH 48 JENIS

Di penghujung tahun 2014 ini, Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia (Burung Indonesia) merilis Daftar Merah "BirdLife International" yg mengidentifikasi 48 jenis burung baru di Indonesia. Dengan demikian spesies burung pada Indonesia diperkirakan berjumlah 1.650 jenis. 

Direktur Eksekutif Burung Indonesia, Agus Budi Utomo mengatakan dalam acara "Merayakan Keragaman Burung di Indonesia 2014" yang berlangsung di Kebung Raya Bogor, Sabtu (30/.8) berkata bahwa Indonesia masuk pada peringkat empat besar dunia pada hal kekayaan jenis burung secara keseluruhan.

Sebagian jenis baru tersebut merupakan, spesies burung seperti udanga udang-merah sangihe (Ceyx sangirensis), pelatuk punggung-emas (Chrysocolaptes strictus) serta raja-udang kalung-biru (Alcedo euryzona) yang semuanya adalah jenis burung endemis.

"Artinya, jenis burung endemis alias unik yang kita punya semakin bertambah. Namun, banyak pada antara jenis-jenis yg hanya ada di Indonesia itu terancam punah," kata Agus.
Agus mengatakan, menurut data Burung Indonesia pada tahun 2013 ada 380 jenis endemis yg dimiliki sebesar 74 di antaranya terancam punah.
Menurut Agus, hendaknya kekayaan jenis burung endemik Indonesia sepantasnya menjadi pujian bangsa serta setiap elemen masyarakat dan tergerak untuk melestarikannya.
"Terlebih dengan keindahan, kecantikan bulu, kemampuan terbang, insting navigasi, serta suara merdu burung bisa menaruh ilham yg luas dalam banyak sekali aspek kehidupan kita termasuk seni, dan budaya," istilah Agus.
Agus mengatakan, ketika ini sebagian rakyat Indonesia masih awam dengan kekayaan yg dimiliki, baik jenis-jenis burung spesial Indonesia maupun jenis-jenis burung yang generik menempati lingkungan.
Berangkat dari alasan tersebut, kata Agus, Perhimpunan Burung Indonesia sebagai organisasi perlindungan burung liar serta habitatnya berupaya membangun apresiasi, pemahaman, kepedulian serta andil rakyat dalam upaya pelestarian burung di Indonesia beserta habitatnya.
"Salah satunya melalui aktivitas 'Merayakan Keragaman Burung' pada Indonesia, yg merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan pada masyarakat luas mengenai kekayaan keanekaragaman hayati khususnya jenis burung di tanah air," ujar Agus.
Kegiatan Merayakan Keragaman Burung di Indonesia dihadiri Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, yg mengajak masyarakat memiliki kepedulian yg sama agar bisa menjaga lingkungan serta bersahabat menggunakan alam.
Untuk mengenal apa saja jenis burung berdasarkan kelompok Passeriformes ( burung petengger ) yg tersebar di Indonesia silakan buka lagi  goresan pena sebelumnya di sini: 

Daftar jenis burung pada Indonesia 

Sedangkan buat mengetahui spesies burung apa saja yang popular serta poly dipelihara oleh penggemar burung pada Indonesia silakan buka pada sini 


Daftar jenis burung kicauan populer pada Indonesia  
Daftar jenis burung finch lengkap 

Salam Kicau

0 Response to "SPESIES BURUNG INDONESIA BERTAMBAH 48 JENIS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel