SUARA BURUNG RAJA PERLING

Burung raja perling atau jalak perling artinya jenis burung jalak-jalakan atau Sturnidae dalam Genus: Basilornis. Burung ini merupakan spesies burung jalak Endemik Indonesia atau hanya dijumpai di Indonesia terutama di Sulawesi dan Maluku. Burung Raja perling ternasuk spesies burung jalak yang unik dengan jambulnya yg menggumpal. Karena umumnya jambul burung jalak itu berupa bulu halus yg panjang menyerupai rambut gondrong.

Ada 3 spesies burung jalak perling atau raja perling endemik Indonesia. Sebenarnya dalam genus ini ada 4 spesies burung,namun yg satunya lagi tidak selaras bentuk. Berikut ini ialah nama spesies burung raja perling yg terdapat di Indonesia:
  • Raja perling Sulawesi- Sulawesi myna /Short-crested Myna (Basilornis celebensis)
  • Raja perling Seram- Long-crested myna (Basilornis corythaix)
  • Raja perling Sula- Helmeted myna (Basilornis galeatus )
Berikut ini deskripsi singkat menurut jenis-jenis burung raja perling diatas.
Raja perling Sulawesi memiliki berukuran panjang badan paling mini diantara ke 2 jenis raja perling yang lain, yaitu lebih kurang (23 cm.). Memiliki warna bulu hitam mengkilap menggunakan bercak putih-bungalan pada sisi kepala dan dada. Jambulnya pendek tegak. Burung ini merupakan spesies burung Endemik atau hanya diketahui hayati di Subkawasan Sulawesi,meliputi Sulawesi, Lembeh, Muna, serta Butung.
Raja perling seram ukuran Agak besar ,yaitu sekitar (26 centimeter.). Bulunya berwarna hitam dengan bercak putih-bungalan dalam sisi kepala dan dada,kulit di sekeliling mata menyerupai kacamata pucat. Jambul tegak serta khas menyerupai dua spesies raja perling yang lainnya. Sangat menyerupai menggunakan Raja-perling Sula, perbedaan terletak dalam bentuk jambul. Spesies ini pula adalah spesies burung Endemik atau hanya diketahui hayati di pulau Seram, Maluku selatan.

Raja perling-Sula, ini adalah spesies burung raja perling yg paling akbar,sedikit lebih akbar menurut raja perling angker,yaitu lebih kurang (26 cm). Bulu tubuhnya berwarna hitam mengkilap menggunakan bercak putih-bungalan pada sisi ketua dan dada.jambul utuh. Sangat menyerupai dengan Raja-perling Sulawesi, bedanya berukuran badan dan jambulnya lebih besar . Merupakan burung Endemik atau hanya diketahui hayati di Subkawasan Sulawesi serta Kepulauan Sula, meliputi Kepulauan Banggai (Peleng dan Banggai) dan Kepulauan Sula (Taliabu, Seho, Mangole).
Burung ini lebih cocok dijadikan sebagai burung klangenan juga koleksi,lantaran warna serta bentuknya yg unik. Suaranya keras akan tetapi tidak beraturan,relatif menyerupai dengan bunyi burung jalak keling atau camperling atau perling kumbang. Berikit ini timpanduAN BURUNG ada tiga audio suara burung raja perling yang kami konversia berdasarkan video yg ada pada youtube. Lantaran asal audio rekamannya tidak ada yg cantik pada alam makanya alternatif lain hanyalah berdasarkan youtube.
Ketiga spesies burung raja perling diatas hanyalah fisik yang tidak sama,akan tetapi suaranya sekitar sama. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung raja perling
  2. Suara burung raja perling
  3. Suara burung raja perling
Identifikasi wacana burung diatas dikutip berdasarkan kutilang.or.id dan dari wikipedia. Tentang klasifikasinya kemungkinan akan berubah sewaktu-ketika. Semoga bermanfaat serta salam panduAN BURUNG mania.

0 Response to "SUARA BURUNG RAJA PERLING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel