SUARA KICAU BURUNG ANIS/PUNGLOR SULAWESI

Anis sulawesi (Cataponera turdoides ) yakni spesies burung panduAN BURUNG yg tergolong pada gerombolan burung jenis Punglor atau anis yg pada penjabaran ilmiahnya diklaim grup burung Thrush menurut famili Turdidae.burung ini endemik di Indonesia serta hanya di temukan pada hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter menurut permukaan laut.

Burung Anis Sulawesi atau Sulawesi Thrush ukuran sedang. Panjang tubuhnya berkisar antara 20-25 centimeter. Bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat. Mahkota berwarna coklat bau tanah menggunakan garis berwarna hitam di atas mata. Paruh dan bundar mata berwarna orange (merah kekuningan),termasuk kulit kaki yang jua berwarna orange.
Jika dilihat secara fisiknya,tampilan burung Anis sulawesi ini lebih seolah-olah dengan burung-burung jenis Garrulax atau yang biasa disebut Burung Poksay. Lihat saja gambar diatas disaat bertengger di btg pohon,ekornya lebih panjang dibanding menggunakan Anis merah,Anis kembang dan Song Thrush,tampilannya lebih seolah-olah menggunakan anis biru.
Mungkin perbedaan inilah yg membangun para ahli mengelompokkan burung Sulawesi thrush kedalam genus tersendiri yaitu Cataponera yang dalam nama latinnya yakni ( Cataponera
turdoides ). Makara artinya,dalam genus Cataponera itu hanya terdapat satu species burung serta satu-satunya species tadi hanya berada pada Sulawesi.
Mungkin poly sahabat panduAN BURUNG mania yg belum memahami dengan burung ini,bunyi panduAN BURUNGnya mantab lho. Ini aku punya satu koleksi,tetapi sayang kualitas bunyi mp3nua kurang cantik. Sejauh ini gres terdapat 2 bunyi yang di upload ke situs file sharing bunyi burung internasional,di youtube pula nir terdapat. Makara silahkan dengarkan apa adanya dulu,biar kemresek akan tetapi bisa didengar kemampuan burung ini dalam berpanduAN BURUNG.
Sejauh ini belum ada data khusus ihwal jumlah burung Anis sulawesi ini,meskipun belum termasuk dalam daftar species burung yang dilindungi,saya berharap semoga para penduduk,masyarakat sekitar tetap menjaga kelestarian burung ini di alam bebas,mengingat species ini hanya berada di Indonesia. Sekian semoga bermanfaat dan salam panduAN BURUNG mania.

0 Response to "SUARA KICAU BURUNG ANIS/PUNGLOR SULAWESI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel