SUDAH AMANKAN AIR MINUM UNTUK BURUNG ANDA

Selama ini air minum bagi burung peliharaan tampaknya sebagai sesuatu yang dipercaya tidak terlalu krusial dalam perawatan hariannya. Banyak penggemar burung yang cenderung memberikan air minumnya dengan sesuka hari mereka, misalnya merogoh air eksklusif berdasarkan bak mandi, air ledeng, bahkan ada pula yg rutin memberikan air mineral dalam burungnya itu. Tulisan berikut akan mengulas tentang imbas tersembunyi ketika burung mengkonsumsi air minum yang tidak kondusif.

Tidak sedikit penggemar burung yang menaruh burung mereka air minum yg didapatkan eksklusif berdasarkan bak mandi, air ledeng, atau bahkan ada jua yg merutinkan hadiah air mineral maupun air larutan bagi burung kesayangannya itu.
Meski dipercaya sepele namun faktanya air minum yg dikonsumsi burung mampu memberikan impak yg relatif besar terhadap konduite burung, terutama apabila air yang diminumnya itu oleh bakteri atau zat yagn selama ini tidak kita sadari.
Berikut beberapa sumber air minum yang selama ini banyak digunakan sang penggemar burung kicauan dan apa manfaat dan dampaknya.
Air kran atau ledeng
Air kran atau air ledeng selama ini cukup banyak diberikan sebagai air minum atau air mandi bagi burung peliharaan lantaran masih banyak yang menganggap air ledeng adalah air yang terjaga kebersihannya sebagai akibatnya relatif kondusif diberikan dalam burung apalagi air itu jua dikonsumsi dan dipakai sang insan.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa meski nir berbahaya bagi kesehatan namun air ledeng banyak mengandung kaporit (Chlorin) yg difungsikan menjadi sanitasi air minum untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang sanggup mencemai air tersebut. Ketika air mentah yg mengandung kaporit tersebut secara rutin diminum oleh burung maka burung akan sangat rentan mengalami iritasi dalam saluran pencernaannya selain itu kaporit jua bisa membunuh mikroba yang menguntungkan yang berada dalam saluran pencernaan burung.
Karena itulah sebelum menaruh air minum menggunakan air yang bersumber dari air kran/ledeng ini sebaikya perhatikan dahulu warna dari air tadi, jika mengandung banyak kandungan warna putihnya itu artinya air tadi mengandung kaporit yg cukup poly. Untuk menghilangkan kaporit mampu dilakukan menggunakan beragam cara termasuk memasukkan air ke pada botol kemudian disimpan selama beberapa jam pada pada lemari pendingin / kulkas sebelum diberikan dalam burung menjadi air minumnya, atau dengan cara mengungkep air hingga matang dan diberikan dalam burung sesudah dingin. 
Selain itu hindari juga merebus air beberapa kali karena berpotensi menimbulkan racun dalam air tersebut.
Air mineral
Banyak penggemar burung yang ternyata lebih bahagia memakai air mineral sebagai air minum bagi burung peliharaanya itu lantaran menganggap air mineral lebih higienis dan lebih aman menurut air ledeng. Namun poly yang perlu diperhatikan ketika berniat memakai air mineral menjadi air minum rutin bagi burung peliharaan, di antaranya merupakan memperhatikan tanggal kadaluars dari air mineral tersebut dan mencurigai adanya zat-zat berbahaya yg mampu mengganggu kesehatan burung.
Zat serta bakteri berbahaya misalnya E.coli (Escherichia coli) bisa muncul waktu air minum telah melewati batas layak minum atau lepas kadaluarsanya.  
Untuk itu apabila anda ingin permanen menaruh air mineral sebagai air minum bagi burung peliharaan anda maka perhatikan bahwa air minum tadi tidak melewati lepas kadaluarsa serta tidak mengadung fluoride yg berlebihan, karena flouride yg dikonsumsi burung terlalu berlebihan sanggup membuat burung gampang mengalai kelesuan, hiperaktif, dan berkurangnya kadar testosterone dan estrogen.
Air larutan
Air larutan selama ini dikenal sebagai air minum alternatif bagi burung peliharaan yang selalu rutin diberikan saat penggemar burung merasa burung miliknya itu tidak berkicau sebagaimana mestinya misalnya suara burung yang serak.
Air larutan umumnya dipakai hanya menjadi terapi saja yang diberikan hanya pada ketika terbatas dan tidak tersaji menjadi air minum yg rutin bagi burung. 
Air soda, air berenergi, serta air beralkohol
Hindari memberikan air minum yg mengandung soda atau alkohol dalam burung peliharaan lantaran mempunyai dampak yang luar biasa bagi burung. Air soda serta air yg mengadung energi saat diberikan pada burung mampu menyebabkan kematian, sedangkan air yg mengadung alkohol waktu diberikan pada burung memiliki dampak yg sama saat dikonsumsi sang insan yaitu membuat mabuk. 

Begitu juga menggunakan air yg mengandung kafein misalnya air teh, air kopi, atau air coklat yang tidak ada keuntungannya jika diberikan pada burung peliharaan.

Itulah bebarapa jenis air minum yg perlu anda ketahui apa dampaknya saat diberikan dalam burung peliharaan. Meskipun beberapa jenis air minum tersebut bisa diberikan pada burung namun dengan pemberian yg sempurna dan tidak hiperbola (terutama buat jenis air minum yang disebutkan di atas)  maka burung nir akan gampang mengalami gangguan kesehatan.

Semoga bermanfaat

0 Response to "SUDAH AMANKAN AIR MINUM UNTUK BURUNG ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel