INI ALASAN SUSU TIDAK BAIK BAGI BURUNG PELIHARAAN

Selama ini kita sering mendengar atau melihat penggemar parrot atau burung paruh bengkok yang selalu menaruh susu setiap hari sebagai pengganti makanan serta minuman mereka. Tapi tahukah anda bahwa menaruh air susu menjadi pengganti makanan serta minuman buat burung sangat nir dianjurkan, bahkan cenderung merugikan kesehatan burung. Mari kita simak apa alasan susu tidak baik diberikan dalam burung peliharaan. 

Di pasar-pasar burung kita seringkali melihat terdapat penjual burung yang rutin menaruh air susu dalam burung nuri yang dijualnya, serta waktu ditanyakan apa alasan menaruh air susu pada burung yg dijualnya itu sebagian besar menjawab supaya bulu-bulunya sebagai lebih bagus. Bahkan nir sedikit pemilik burung paruh bengkok yang kemudian menduga air susu sebagai kuliner primer bagi burung homogen nuri, kakatua serta sebagainya. 
Susu cantik mampu menggunakan mudah didapatkan di warung atau pasar swalayan serta meski susu dikenal sebagai asal protein dan kalsium namun susu hasil produksi tersebut mempunyai gula susu yang diklaim laktosa. Hewan mamalia termasuk pula insan memiliki encim pencernaan yang dianggap laktase yang berfungsi buat mencerna laktosa/gula susu. Nah pada burung parrot serta burung peliharaan lainnya mereka kekurangan laktase akibatnya burung nir mampu mencerna produk susu yang mengandung laktosa, alhasil akan terjadi fermentasi laktosa dalam organ pencernaan yg apabila melebihi menurut 10 % bisa menciptakan burung alami sakit diare. 
Banyak produk susu yang mengandung sedikit laktosa yg masih aman bila diberikan dalam burung jenis paruh bengkok, misalnya susu yang mengandung asam amino, dan sebagainya. Meski begitu pemberian susu itu pun jangan dijadikan menjadi pakan primer yg menggantikan makanan serta minumannya. Berikan saja burung makanan yang lebih berguna daripada air susu misalnya butir-buahan yang bervariasi misalnya pepaya, jeruk, serta sebagainya. 
Selain itu hindari pula memberikan keju atau yoghurt yang juga adalah produk dari susu. 
Semoga bermanfaat

0 Response to "INI ALASAN SUSU TIDAK BAIK BAGI BURUNG PELIHARAAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel