TIGA LANGKAH MUDAH ATASI LOVEBIRD SERING NGERUJI

Ngeruji merupakan sifat alami burung lovebird, tetapi perilaku lovebird acapkali ngeruji tersebut akan semakin mengganggu penampilannya terutama saat burung mengalami syarat tertentu, misalnya birahinya yang memuncak tetapi tidak tersalurkan. Pada kondisi tersebut lovebird akan sering berperilaku ngeruji dan ogah nangkring di tenggerannya, terutama ketika melihat lovebird lain dalam sebuah lomba. 

Kalau sudah memperlihatkan perilaku ngeruji, tidak ada yg bisa menghentikan kebiasaannya tersebut, alhasil si pemilik tidak mampu membawanya ke arena lomba karena penampilan burung miliknya yg pasti akan terganggu. Untuk menghadapi lovebird yang kerap ngeruji tersebut, berikut 3 langkah mudah buat mengatasinya.  
1. Stop EF (Extra Fooding) 
Untuk mencegah serta mengatasi lovebird ngeruji mampu dilakukan dengan menghentikan anugerah pakan tambahannya atau EF (Extra Fooding) contohnya biji kuaci, jagung muda, kangkung, sawi serta sebagainya. 
Selama masa terapi (perawatan lovebird ngeruji), burung hanya diberikan pakan berupa milet putih saja plus air minumnya yg selalu terjaga kebersihannya. Dengan demikian, lovebird hanya diberikan pakan nutrisi pokok saja buat membantu menurunkan kadar protein yg mampu mengurangi birahinya secara berangsur-angsur. 
2. Rubah posisi tenggeran
Posisi tenggeran yg sebelumnya diposiskan pada bagian tengah sangkar bisa dirubah ke posisi mendekati pinggiran jerujinya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, jumlah tenggeran yg dipakai usahakan berjumlah lebih dari satu yg masing-masingnya ditempatkan dalam posisi mepet ke dinding sangkarnya menggunakan posisi saling berhadap-hadapan. 
Dengan begitu, saat si burung memulai kebiasaan ngerujinya, maka dia akan segera mendapati tenggeran dan eksklusif hinggap pada tenggerannya tesebut. Karena sering hinggap itu lah, si burung akan merasa nyaman dan akhirnya sanggup melupakan sejenak norma ngerujinya itu. 
3. Carikan pasangan 
Solusi lain yang mampu dilakukan untuk mengatasi lovebird kerap ngeruji merupakan memberikan pasangan untuknya. Pasangannya itu bisa berjenis kelamin jantan atau betina yg berumur minimal 8 bulan tergantung menurut jenis kelamin lovebird yang gemar ngeruji itu. 
Untuk memperbesar kemungkinan lovebird ngeruji dikawin atau kawin, maka tempatkan burung dalam sebuah sangkar koloni yang terdapat beberapa burung jantan serta betina. Apabila nir memungkinkan, sanggup pula memasukkan lovebird yang ngeruji itu beserta pasangannya pada sangkar soliter.
Dengan tersalurkannya ereksi burung, dharapkan perilaku ngeruji sanggup lebih cepat diatas dan burung balik siap beraksi di arena.
 

Demikianlah catatan burung indonesia tentang tiga langkah mudah atasi lovebird kerap ngeruji
Salam kicau!

0 Response to "TIGA LANGKAH MUDAH ATASI LOVEBIRD SERING NGERUJI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel