TIPS AGAR ANIS KEMBANG RAJIN BUNYI

Perawatan anis kembang akan lebih gampang saat memelihara burung yg asal berdasarkan hasil tangkaran, namun meskipun begitu masih poly penggemar burung yang bahagia memelihara burungnya itu dalam syarat bakalan/belia hutan menggunakan alasan harga yg lebih terjangkau. Tips berikut merupakan bagaimana mengkondisikan burung anis kembang belia hutan yang baru anda dapatkan agar kelak menjadi burung yg rajin berbunyi.

Memelihara burung anis kembang yg didapat bukan berdasarkan hasil tangkaran memang sedikit bikin capek, lantaran sebagian besar burung tadi mempunyai sifat yang masih liar serta belum mengikuti keadaan menggunakan lingkungan manusia. Namun nir ada bisnis tentu nir akan terdapat perubahan, memelihara anis kembang muda hutan pun apabila dirawat dengan kesungguhan dan pola perawatan yang sempurna maka hasilnya adalah kepuasan.
Kali ini omkicau akan mengajak anda buat mengenali bagaimana cara mengkondisikan burung anis kembang belia hutan supaya menjadi burung yang mempunyai karakter serta rajin berbunyi.
Ketika berniat membeli burung anis kembang belia hutan di pasar-pasar burung ada baiknya anda sudah memiliki pengetahuan tentang bagaimana disparitas berdasarkan burung anis kembang jantan serta betina atau mampu jua mengajak saudara atau rekan yang telah faham mengenai hal tadi.

Sesampainya pada rumah, burung anis kembang tersebut segera di tempatkan dalam kandang harian yang sebelumnya telah disiapkan. Kalau memakai kandang usang atau bekas gunakan terdapat baiknya sangkar tadi dicuci bersih buat mencegah penyebaran dan infeksi dari parasit misalnya tungau merah atau kutu.
Untuk hari pertama serta beberapa hari kedepannya burung tersebut pada simpan pada tempat yg hening serta tanpa gangguan baik dari aktivitas manusia juga fauna peliharaan seperti anjing, kucing, juga burung kicauan yg jua anda pelihara.
Jika burung yg anda dapatkan belum mengenal kuliner voernya, maka beberapa hari pertama usahakan burung hanya diberikan kuliner berupa butir-buahan segar dan serangga saja, nanti sehabis burung sudah merasa hening dan sudah mengikuti keadaan menggunakan kandang dan lingkungan barunya itu barulah anda latih burung tadi agar mau memakan voernya. Untuk cara-cara melatih burung makan voer mampu dibaca lagi pada tulisan sebelumnya berikut ini:

Mengkondisikan burung belia hutan
Burung anis kembang merupakan burung jenis anis/punglor sebagaimana burung anis merah. Rata-homogen burung jenis ini sangat menyukai suasana dinginnya pagi hari serta bermandikan cahaya waktu mentari mulai terbit. Oleh karena itu, pengembunan dalam burung sejenis anis/punglor tidak sanggup dilepaskan menurut perawatan hariannya termasuk pula pada burung anis kembang belia hutan.
  • Keluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali, yaitu lebih kurang pukul 05:00 - 05:15 pagi hari untuk tujuan pengembunan. Sebaiknya gantung kandang burung tersebut ditempat yg langsung terkena gambaran cahaya surya buat pertama kalinya (saat terbit).
  • Selama pengembunan itu burung diberikan pakan tambahannya (Extra Fooding) misalnya cacing tanah sebanyak 1 ekor saja, atau sanggup pula hanya diberikan kroto sebesar satu sdt yang disimpan pada cepuk terpisah atau jangkrik sebesar 2 - 3 ekor.
  • Setelah burung menikmati mandi cahaya dari matahari yg baru terbit, beberapa menit kemudian barulah burung tadi dimandikan pada karamba mandinya. Selama burung mandi pada karamba mandinya, anda bisa melakukan hal lainnya yaitu membersihkan sangkar, membarui air minum menggunakan yang masih segar serta bersih, mengubah makanannya terutama butir-buahananya menggunakan butir yang masih segar seperti pepaya serta voernya.
  • Setelah mandi burung jangan pribadi dijemur pada kondisi basah, karena cepat membuat rusak / keriting bulu-bulunya. Burung cukup di angin-anginkan saja selama beberapa mnt, serta selama di angin-anginkan itu burung sanggup diberikan jangkrik sebesar 1 ekor.
  • Setelah itu jemur burung di bawah gambaran cahaya surya selama 20 - 30 mnt.
  • Selanjutnya burung digantung pada loka yg teduh, sejuk, serta jauh berdasarkan gangguan terutama dari burung-burung berkarakter teritorial seperti murai batu atau kacer yang cenderung memiliki sifat mengusir burung lain yg masuk daerah teritorialnya.
  • Selama menggantung burung anda bisa memperhatikan ketenangan menurut burung tersebut, biasanya anis kembang yang cenderung sering lompat-lompat pada sangkarnya itu menunjukkan burung tidak merasa nyaman menggunakan lokasi tadi, buat itu anda bisa memindahkannya ke lokasi lain yg cocok.
  • Selama menggantung burung, anda sanggup memperhatikan syarat serta kenyamanan berdasarkan burung tadi. Biasanya anis kembang yg kurang nyaman menggunakan penempatan lokasinya akan memperlihatkan perilaku loncat-loncat berdasarkan dalam kandang atau tenggerannya, buat itu anda mampu memindahkannya ke lokasi lain yang cocok. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu sering memindah-mindahkan burung namun berilah ketika beberapa saat supaya burung sanggup menyesuaikan diri dengan tempat gantangannya tadi.
  • Biasanya jua saat burung telah merasa nyaman dengan tempat tenggerannya itu maka tidak berapa usang burung itu akan menerangkan kesenangannya menggunakan menampilkan bunyi kicauannya.
  • Siang hari hingga sore hari rata-rata akan dipakai burung buat bersantai/beristirahat dari aktivitasnya, beberapa jenis burung umumnya menggunakan waktu tersebut buat saling menyisir dan membersihkan bulu-bulunya, sedangkan burung lain lebih banyak menggunakan waktunya itu buat berdiam diri ditenggeran sambil menunggu serangga yg terbang. Nah dalam burung peliharaan misalnya anis kembang muda hutan ini anda mampu melakukan pemasteran baik menggunakan burung masteran atau memakai suara rekaman burung masteran yang diputar dengan volume suara yg sedang.
  • Sekitar pukul 16:00 - 16:30 sore hari, burung balik diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor. Pada saat ini anda akan diberikan pilihan apakah mau memandikan burung dalam karamba mandinya atau tidak, lantaran berdasarkan sinilah norma burung akan mulai diterapkan apakah burung mendapat mandi pada sore hari atau tidak.
  • Sebelum matahari mulai terbenam, sebaiknya manfaatkan ketika tadi buat menjemur burung. Karena menjemur burung pada ketika pagi hari menjelang matahari terbit serta sore hari menjelang matahari terbenam merupakan waktu yang tepat dan mempunyai poly manfaat bagi burung baik buat kesehatan, fisik, dan jua syarat mentalnya.
  • Setelah mentari terbenam, burung bisa dimasukkan ke pada tempat tinggal buat beristirahat. Pada waktu ini burung anis kembang sanggup dikerodong apabila lampu ruangan jarang dimatikan atau tidak perlu dikerodong jika lampu ruangan selalu dimatikan, semuanya itu buat tujuan agar burung bisa beristirahat menggunakan hening tanpa melakukan aktivitas malam hari yang merugikan kesehatan serta membuang energi yg semestinya dipakai untuk pagi harinya.
  • Setiap dua - 3 hari sekali burung anis kembang tersebut sanggup diberikan terapi mandi malam yang bisa dilakukan antara pukul 19:30 - 21:00 malam hari.

Hal yang paling penting dalam beberapa minggu perawatan anis kembang muda hutan adalah menaruh suasana yg nyaman dan sebisa mungkin menciptakan burung merasa tenang tanpa terus-terusan merasa terganggu baik sang burung peliharaan lainnya ataupun kegiatan manusia. Nantinya setelah burung tadi bisa mengikuti keadaan dengan baik, maka burung tersebut cenderung akan menjadi burung yg tahan banting, serta akan berbunyi kapan dan di mana saja.
Semoga bermanfaat

0 Response to "TIPS AGAR ANIS KEMBANG RAJIN BUNYI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel