TIPS MERAWAT BURUNG TLEDEKAN YANG SEDANG MABUNG

Mabung adalah rangkaian proses pergantian bulu yg dihadapi oleh seluruh jenis burung, tidak terkecuali tledekan. Proses mabung biasanya berlangsung selama 3-4 bulan atau tergantung perawatan yang diterapkan. Masa mabung adalah masa penting bagi burung, lantaran ketika itu bulu-bulu usang yg rusak akan digantikan dengan bulu baru. Apabila masa mabung berhasil dilalui dengan lancar, maka burung akan memasuki fase top form yg ditandai menggunakan burung semakin aktif dan semakin rajin berkicau /gacor. Berikut tips merawat burung tledekan yang sedang mabung. 



Selama mabung, burung akan mengeluarkan tenaga yang lebih poly dari biaranya. Pada masa ini, metabolisme burung tledekan akan mengalami peningkatan hingga 40 persen berdasarkan kondisi normal. Karena itu juga kicaumania pasti acapkali melihat tledekan yg cenderung sedih atau kurang aktif ketika sedang mengalami masa mabungnya. 

Untuk membantu burung melewati masa mabung menggunakan sempurna, maka kebutuhan nutrisinya wajib lebih diperhatikan. Burung akan membutuhkan asupan nutrisi dengan porsi yg lebih besar berdasarkan syarat normal. 

Berikut tips merawat burung tledekan yg sedang mabung: 
  • Tempatkan burung pada loka yang sepi, jauh menurut kemudian lintas insan. Usahakan nir bertemu atau mendengar bunyi burung homogen, murai, dan kacer.
  • Lebih baik burung pada syarat full kerodong.
  • Tidak perlu dimandikan dulu, atau bila ingin memandikan cukup 1 kali seminggu.
  • Tidak perlu dijemur. Apabila ingin menjemur aporisma 30 mnt, serta tetap digantang pada loka yg sepi / tenang.
  • Porsi hadiah extra fooding (EF) ditingkatkan, buat pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan bulu baru. Misalnya jangkrik 5 ekor pagi serta 5 ekor sore, 1 sdm kroto segar setiap pagi, cacing 2 ekor 3x seminggu, dan ulat hongkong 3 ekor setiap pagi.
  • Voer sanggup digantikan dengan voer ayam yg memiliki kadar protein tinggi. Apabila permanen ingin menggunakan voer burung, pilihlah yang kadar proteinnya 12%-18%.
  • Berikan BirdVit dan BirdMineral untuk membantu menjaga kondisi burung.
Jika proses mabung selesai, bagi yg menggunakan voer ayam pada ketika ngurak, maka sanggup pulang ke pakan lama , yaitu voer burung. EF pula bisa dikembalikan secara bertahap ke setelan harian. Program pemasteran jua mampu dilanjutkan kembali.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "TIPS MERAWAT BURUNG TLEDEKAN YANG SEDANG MABUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel