TIPS PERAWATAN LOVEBIRD JANTAN AGAR TAMPIL MAKSIMAL DI LAPANGAN

Banyak kicaumania yg cenderung memilih burung lovebird yang berjenis betina lantaran dipercaya mempunyai suara yang cenderung ngekek dan sanggup tampil lebih stabil dibandingkan dengan lovebird jantan. Namun fenomena tadi bukan berarti lovebird jantan nir layak lomba lantaran tak sedikit juga lovebird jantan yg tampil memukau di arena lomba. Berikut tips perawatan lovebird jantan supaya tampil maksimal pada lapangan.





Seperti halnya lovebird betina, burung jantan jua mampu bersifat fighter dan bunyi ngekeknya yg panjang. Tetapi yg menjadi pertarungan selama ini adalah bagaimana menjaga agar lovebird jantan tersebut mempunyai ereksi yg stabil sehingga mampu tampil maksimal , terlebih di lapangan burung tersebut akan berdampingan menggunakan banyak betina. 

Oleh karenanya, sebelum menyiapkan lovebird jantan buat dibawa lomba. Pastikan kalau burung tersebut sudah mempunyai umur yang relatif mapan. Lantaran pada syarat yg telah mapan, burung cenderung mempunyai ereksi yg lebih stabil sehingga akan memudahkan kita buat menyetingnya. 


Bahkan, akan lebih baik jika lovebird jantan tadi sebelumnya sudah memiliki pasangan  atau pernah dikawinkan  lantaran umumnya burung menggunakan kriteria tadi akan cenderung memiliki mental yg lebih baik. 


Perawatan lovebird jantan buat lomba nir jauh tidak sama menggunakan perawatan lovebird betina pada umumnya. Selain memperhatikan kebutuhan dasarnya seperti pakan, mandi dan jemurnya, kicaumania juga dapat menerapkan pola rawatan khusus sewaktu akan dilombakan. 


Pola rawatan harian 


Pemberian mandi buat lovebird yang berjenis jantan sebaiknya dilakukan rutin setiap pagi hari, adapun buat anugerah mandi sore dan malam sebaiknya dilakukan sesuai karakter atau sinkron kebutuhan saja lantaran mandi sore dan malam hari cenderung akan menciptakan ereksi burung menjadi nir stabil. 


Namun begitu, jika syarat burung dipercaya sudah sangat fit serta cocok dengan karakter burung yg terbiasa mandi malam, maka umumnya kondisi yang mundul merupakan sebaliknya. Lovebird akan bertambah rajin bunyi, lebih stabil dan mampu ngedur pada lapangan. 


Untuk pakan hariannya, lovebird jantan tersebut usahakan hanya diberikan pakan biji-bijian yang berupa milet putih saja tanpa campuran pakan biji-bijian lainnya. Setiap beberapa hari sekali berikan tambahan biji kuaci sebesar tiga-5 butir saja buat menaikkan kondisinya. 


Pakan tambahan yg diberikan berupa sayur-sayuran seperti jagung, kangkung, bayam, serta lain sebagainya yang diadaptasi dengan karakter serta kebiasaan menurut burung tadi. 


Perawatan sebelum lomba 


Sebelum akan membawa burung ke arena lomba, ada baiknya kicaumania memperhatikan beberapa hal menjadi berikut: 



  • Memandikan burung pada pagi hari
  • Selalu mengerodong sangkarnya
  • Membawa ke lapangan beberapa jam sebelum digantang
  • Satu sesi sebelum mulai digantang, semprot tangkringan dan kakinya buat menciptakan burung merasa nyaman
  • Pilih angka pinggiran, kemudian gantang. 


Salam



0 Response to "TIPS PERAWATAN LOVEBIRD JANTAN AGAR TAMPIL MAKSIMAL DI LAPANGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel