Wanita Lebih Rentan Terkena Diabetes Dibandingkan Pria

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh nir dapat membuat insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan mengakibatkan gula darah semakin tinggi. Pada tahun2019 diperkirakan terdapat 10,3 juta orang pada Indonesia yang mengidap diabetes.
Angka ini bahkan diklaim-sebut akan semakin tinggi sampai 16,7 juta jiwa pada tahun 2045 mendatang. Melihat tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia, terdapat baiknya memang kita mewaspadai kedatangan penyakit mematikan ini.
//panduan-burung.blogspot.com/2018/01/ini-alasan-mengapa-wanita-lebih-rentan.html

Baca juga: 10 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Pakar kesehatan dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, Sp. Endokrin menyebutkan bahwa diabetes ternyata merupakan penyebab kematian dalam kaum wanita paling tinggi kesembilan pada semua global. Bahkan, angka kematian perempuan pada semua global gara-gara penyakit ini mencapai 2,1 juta jiwa per tahun.

Diabetes memang cenderung lebih rentan menyerang wanita daripada laki-laki meskipun pria cenderung lebih malas dalam menerapkan gaya hidup sehat. Lantas, apa penyebab wanita lebih beresiko terkena penyakit ini.

Dr. Roy menjelaskan bahwa wanita, khususnya yg sedang hamil, memang lebih rentan buat terkena diabetes karena kecenderungan untuk tidak banyak berkiprah bila dibandingkan dengan kaum pria. Pria sendiri memang dikenal menjadi orang yang cenderung senang melakukan kegiatan fisik.

Yang menjadi perkara merupakan, kesamaan buat tidak poly berkecimpung ini membuat tubuh tidak banyak menghabiskan karbohidrat atau glukosa buat aktifitas fisik. Hal ini mampu memicu datangnya penyakit metabolic seperti hipertensi, kolesterol tinggi, atau bahkan diabetes.

Saat perempuan sedang hamil misalnya, terdapat sebuah zat di pada tubuhnya yang diklaim sebagai AMPK yg nir bekerja dengan baik sehingga akan memicu resistensi insulin dan akhirnya mengakibatkan diabetes gestasional, diabetes yang ada hanya di fase kehamilan saja.

Mengingat kaum pria nir mengalami kehamilan, maka zat AMPK akan tetap mengontrol kinerja insulin dengan lebih baik sehingga asalkan mereka menerapkan gaya hayati yg sehat, maka resiko buat terkena diabetes juga lebih kecil menurut perempuan .

0 Response to "Wanita Lebih Rentan Terkena Diabetes Dibandingkan Pria"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel