BAGAIMANA MENANGANI BURUNG YANG SAKIT

Tak ubahnya manusia, menjadi mahluk hidup burung pun bisa terjangkit penyakit, baik itu karena gangguan cuaca / suhu atau karena infeksi bakteri serta virus. Tetapi, terkadang masih poly kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan sang penggemar burung dalam upaya perawatan serta pengobatannya. Kesalahan-kesalahan tadi justru menciptakan burung semakin nir berdaya dan akhirnya tidak dapat tertolong lagi. Untuk itu krusial kiranya kita mengetahui bagaimana perawatan burung yg sakit menggunakan sempurna. 

Satu hal yang paling umum ditemukan merupakan saat burung yang sakit dalam kondisi nyekukruk atau membuatkan bulu-bulu pada tubuhnya. Hal tadi justru poly yg disalah artikan dengan syarat burung yang kurang jemur, padahal begitu kita menjemur burung yang sedang sakit apalagi burung yg sedang terkena infeksi ( baik pernafasan atau pencernaan) maka penyakitnya itu akan menyebar dan semakin memperparah syarat si burung. 
Ada beberapa persyaratan yg turut membantu kesembuhan burung yg sedang sakit, persyaratan-persyaratan tersebut adalah :
  • Diagnosa yang tepat.
  • Obat-obatan yang tepat.
  • Dosis yang tepat.
  • Cara hadiah obat yang sempurna.
  • Penempatan burung yg tepat.

Masih banyak penggemar burung yg galat dalam mendiagnosa penyakit yg diderita oleh burung, dan malangnya hal tersebut adalah faktor terbesar yang mengakibatkan kegagalan pada termin penyembuhan burung peliharaan. Contohnya saat seekor burung yang terlihat mata membengkak serta berair, masih banyak yang beranggapan burungnya tersebut mengalami infeksi ringan dalam matanya, sehingga poly yg hanya mengobatinya dengan obat tetes mata atau salep mata. 

Sedangkan penyakit mata bengkak serta berair pada burung, sebagian akbar merupakan karena terkena penyakit snot yang terjadi karena adanya infeksi dalam bagian saluran pernafasan atas yang menyebabkan munculnya ciran nanah k arah mata yang menyebabkan mata burung membengkak, saat bengkak itulah terjadi infeksi sekunder pada mata burung yang ditandai dengan radang dan mata yg berair.
Karena itu begitu kita mendapati burung sakit, maka semestinya kita tahu terlebih dahulu apa penyakit yg sebenarnya diderita sang burung tersebut, sebagai akibatnya kita menggunakan gampang bisa mendiagnosa untuk lalu memberikan pengobatan menggunakan obat-obatan yang tepat.
Obat-obatan serta takaran yg tepat

Setelah diketahui apa penyakit yg diderita oleh burung , maka hal berikut yg mampu dilakukan adalah memberikan obat - obatan yang sesuai. Sekarang ini kita menggunakan gampang mampu mendapatkan berbagai jenis merek obat-obatan serta keperluannya pada pasar-pasar burung. Untuk itu kita harus jeli memilih jenis-jenis obat-obatan tadi, pilih yg benar-sahih menjadi surat keterangan banyak penggemar burung. 


Burung mempunyai organ dan jaringan syaraf yg tentu saja tidak selaras dengan yang dimiliki oleh manusia. Pemberian dosis yang nir tepat dan cenderung hiperbola akan Mengganggu jaringan organ pada berdasarkan tubuh burung. Oleh karena itu berikan dosis sinkron dengan aturan yang ditetapkan. 

Masalah yg acapkali terjadi adalah burung yg langsung mangkat waktu dipegang buat diberikan pengobatannya. Burung yg sedang sakit, mereka akan fokus berusaha menyembuhkan dirinya sendiri. Meski terkadang hal tadi relatif menyulitkan mereka lantaran penyakit yg dideritanya terlalu berat / parah. Dengan nafas yang tersenggal dan paru-paru yg selalu dikembangkan pula adrenalin disertai taraf tertekan yang terus meningkat mengakibatkan burung rentan mangkat ketika dipegang oleh tangan insan.
Untuk itu bila burung dalam syarat sakit dan stress parah, maka sebaiknya jangan memegang tubuhnya langsung menggunakan tangan waktu menaruh obat-obatan, anda mampu menggunakan media lain misalnya air minum, makanan atau memakai syringe atau spet yg pribadi diteteskan dalam burung.
Penempatan burung sakit
Sudah bukan misteri umum jika burung yg sedang sakit harus dipisahkan dari burung lainnya, serta akan lebih baik apabila kita mempunyai kandang khusus buat burung sakit, yg didalamnya dilengkapi menggunakan kain lembut / lapisan kertas tisu dalam bagian dasar sangkar, serta lampu penghangat bila burung yang sakit diluar tanda-tanda infeksi ( buat burung yang terkena infeksi pernafasan sebaiknya hindarkan memberi lampu pemanas buat burung, karena suhu panas bisa membuatkan infeksi lebih parah lagi). 
Selain itu jauhkan burung yang sakit dari burung lainnya buat menghindari penularan penyakit yg dikarenakan bakteri, virus atau fungi yg bisa saja menyebar melalui udara, air minum, kotoran dan sebagainya. 

Dengan memberikan perawatan , penanganan dan obat-obatan yg sempurna, burung akan cepat dalam kondisi penyembuhannya sehingga bisa terhindar berdasarkan resiko yg lebih fatal yaitu kematian. 


Semoga bremanfaat


0 Response to "BAGAIMANA MENANGANI BURUNG YANG SAKIT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel