PERAWATAN BURUNG SAMYONG AGAR RAJIN BUNYI

Terkenal menggunakan bunyi kicauannya yang lantang, burung garugiwa atau burung samyong banyak dicari oleh para penggemar burung dari wilayah Jawa dan Sumatera. Burung endemik Nusa Tenggara Barat ini bisa menjadi daya tarik bagi penggemar burung buat memeliharanya, namun nir sedikit yang mengaku belum mengetahui bagaimana perawatan burung samyong yang tepat supaya burungnya itu mau berbunyi dengan rajin.

Di beberapa daerah, burung samyong sanggup ditemukan pada pasar-pasar burung dalam kondisi bakalan atau hasil tangkapan hutan, kondisi seperti itulah yg menuntut kita wajib memberikan beberapa perawatan yang sempurna buat burung mampu bertahan hidup lebih usang dan mau membuka suaranya.
Berbeda dengan perawatan burung samyong yg sudah jadi yang secara umum kita tinggal meneruskan perawatan dari pemilik sebelumnya, apabila memelihara burung ini pada syarat masih bakalan tentu wajib melalui beberapa termin perawatannya, seperti melatih burung makan voer, menjinakkan burung serta membuatnya menjadi rajin berkicau. Untuk itu, ayo kita simak beberapa perawatan spesifik buat burung samyong ini.
Jika kebetulan anda mempunyai burung samyong yg masih dalam kondisi bakalan atau belia hutan, maka hal pertama yg harus dilakukan merupakan melatih burung buat mau memakan voer yg diberikan. Tujuannya adalah buat memudahkan dalam perawatan hariannya, terutama buat mereka yang selalu disibukkan menggunakan pekerjaannya, sehingga sedikit sekali ketika buat terus memantau mereka setiap harinya.
Melatih supaya burung samyong mau makan voer nir jauh tidak sinkron menggunakan melatih burung jenis lainnya, untuk itu anda bisa membuka balik tulisan yang membahas mengenai cara melatih burung mau makan voer di sini.
Perawatan harian buat samyong
Samyong merupakan burung pemakan serangga, namun pada perawatan hariannya nir sedikit juga samyong mania yang menaruh pakan tambahan berupa buah-buahan pada burung samyong mereka. Meski tidak seluruh burung samyong ini menyukai buah-buahan , tetapi ada juga burung samyong yang sangat senang menggunakan buah-buahan misalnya pisang, potongan apel / pir, pepaya, dsb.
Meski belum diketahui apakah anugerah buah-buahan itu sanggup menaruh pengaruh yang baik dalam hal bunyi atau tingkat kegacorannya, tetapi buah-buahan tersebut sanggup menjadi sumber tambahan nutrisi yang baik bagi burung.
Perawatan lainnya dari segi anugerah pakan merupakan serangga. Burung samyong sebaiknya diberikan pakan yang tinggi protein misalnya belalang sawah, jangkrik, kroto serta ulat hongkong.
Jangkrik atau belalang bisa diberikan minimal tiga ekor pada pagi dan sore hari, hadiah jangkrik atau belalang ini bisa memilih apakah burung akan lebih rajin berbunyi, untuk itu silahkan perhatikan berapa jumlah yg mampu membuat burung semakin aktif dan rajin berbunyi, setelah itu anda sanggup mengaturnya sebagai setelan hariannya.
Kroto sanggup diberikan sebanyak satu sendok teh yg diberikan dalam pagi hari atau antara siang sampai sore hari saat burung sedang bersantai atau beristirahat.
Ulat hongkong bisa diberikan seperlunya saja, yakni hanya buat tambahan protein bagi burung yg bisa diberikan sembarang waktu.
Sedangkan buat perawatan lain diluar pakan merupakan mandi serta penjemuran.
Pemberian mandi sanggup diberikan setiap 2 - tiga hari sekali, dan penjemuran dilakukan pada ketika yg tidak terlalu lama ( sekitar 15 mnt ), burung samyong termasuk burung yang tidak tahan panas jadi porsi penjemuran usahakan tidak perlu menunggu burung hingga membuka paruhnya, lantaran mampu berakibat burung akan mengalami stress dan kehilangan cairan tubuh.
Pemasteran dengan memutarkan suara kicauan burung lain baik berdasarkan media mp3 atau burung masteran bisa dilakukan dalam siang hari hingga sore hari atau diluar jam aktif menurut burung. Karena ketika burung sedang bersantai atau beristirahat, mereka mudah menerima bunyi disekitarnya, namun apabila dilakukan pada saat burung sedang aktif-aktifnya maka mereka cenderung mengabaikan bunyi masterannya serta lebih memilih untuk menyahutinya.

Selain berdasarkan perawatan pada bentuk pemberian pakan serta perawatan lainnya, beberapa hal yang relatif krusial merupakan menjaga kebersihan serta meyediakan multivitamin tambahan misalnya BirdVit supaya burung samyong milik anda nir gampang tertekan dan tidak rentan sakit.

Itulah beberapa hal krusial tentang bagaimana cara merawat burung samyong agar rajin berbunyi.
Semoga berguna

0 Response to "PERAWATAN BURUNG SAMYONG AGAR RAJIN BUNYI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel