BURUNG JAGAL PAPUA SI BURUNG PENIRU BERSUARA UNIK

Indonesia memang sanggup dianggap menjadi surganya dunia yg memiliki keanekaragaman satwa liar yang belum tentu ada di negara lain. Yang mana wilayah Indonesia pada belahan timur yaitu Papua menyimpan banyak satwa yang unik dan mempesona yang galat satunya merupakan spesies burung. Ada satu jenis burung yg asal menurut tanah Papua yg mempunyai kemampuan buat menjiplak suara burung lain yang didengarnya dan burung itu berjulukan Jagal Papua.
Mungkin terkesan janggal bagi kita tentang nama tersebut alasannya adalah ialah nama burung Jagal Papua masih jarang terdengar pernah mengikuti kontes burung ocehan. Di samping itu umumnya daftar nama burung ocehan yang biasa dianggap-sebut ialah burung murai batu, love bird, tledekan, kenari, nuri, dan lainnya. Tapi mengenai burung Jagal Papua diketahui bahwa burung ini mempunyai nama latin yang berjulukan Cracticus Cassicus yg adalah burung endemik asli Papua.
Di alam liar burung Jagal Papua getol berburu secara berkelompok yg terdiri berdasarkan 3 hingga 4 ekor atau lebih yang di mana burung Jagal Papua muda mengikuti burung Jagal Papua berilmu balig cukup logika sewaktu mencari mangsanya. Biasanya mangsa burung ini adalah serangga-serangga mini ibarat laba-keuntungan, jangkrik, dan belalang. Di samping itu jua burung Jagal Papua juga memangsa reptil kecil juga sedang, katak, tikus serta burung-burung mini . Dan untuk memvariasikan jenis makanannya burung ini pula memakan buah-buahan yg banyak tumbuh di hutan.
Di tanah Papua, umumnya burung Jagal Papua hayati di hutan hujan, hutan yang erat dengan bantaran sungai, rawa-rawa, tepian hutan, dan kebun milik warga kurang lebih yg erat menurut hutan. Sedangkan buat karakteristik-cirinya sanggup dijelaskan bahwa rona serta corak dalam bulunya hampir serupa menggunakan burung kecer yakni berwarna hitam dalam belahan ketua, tenggorokan, dan dadanya. Sedangkan terdapat warna putih pada belahan dadanya hingga ke bawah belahan ekornya dan punggung belahan atas tubuhnya. Ukuran tubuhnya cukup akbar yakni sampai 30 cm serta paruhnya ukuran besar yg kegunaannya buat mengoyak dan menyayat badan mangsanya.

Dan membicarakan keunikannya yg dianggap burung pintar yg sanggup menirukan bunyi burung pada sekitarnya mampu dijelaskan bahwa panduAN BURUNGan burung Jagal Papua ibarat suara terompet atau seruling yang dilagukan menggunakan tempo yang cepat. Bunyinya nadanya ibarat ini “koi koi koi, koh koh koh” yang terkadang sanggup dipadukannya dengan menirukan bunyi burung lain yang didengarnya. Kemampuan yang sanggup mengeluarkan dua bunyi dalam waktu yg bersamaan ialah kemampuan unik yg tidak seluruh jenis burung mampu melakukannnya. Dan saat berpanduAN BURUNG umumnya burung Jagal Papua menaik turunkan sayapnya yang menunjukan mengenai keberadaannya pada penghuni hutan yang lain.
Musim kawin bagi burung Jagal Papua merupakan sepanjang tahun yakni mulai berdasarkan Januari sampai Desember yang mana umumnya jumlah telurnya mampu mencapai 2 sampai 3 butir telor. Sarang burung Jagal Papua umumnya terletak di atas pohon yg ketinggiannya sampai 25 meter. Bentuk sarangnya ibarat mangkuk yg terbuat menurut ranting pohon dan rerumputan kering.
Demikianlah klarifikasi tentang burung Jagal Papua yang adalah burung endemik di tanah Papua dan mempunyai ciri suka menetap pada wilayah yg sebagai habitatnya. Dengan mengetahui tentang keunikan menurut burung ini bekerjsama kita tahu bahwa setiap daerah memiliki jenis burung yg berbeda-beda termasuk berdasarkan segi kemampuan panduAN BURUNGannya. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//ompanduAN BURUNG.com/2013/09/29/burung-jagal-papua-suara-unik-serta-pandai -meniru/
//www.kutilang.or.id/burung/konservasi/jagal-papua/
Gambar:
//www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2012/05/Jagal-Papua_Cracticus-cassicus.jpg

0 Response to "BURUNG JAGAL PAPUA SI BURUNG PENIRU BERSUARA UNIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel