BURUNG OCEHAN MADU HITAM

Burung ocehan yang asal menurut keluarga Nectariniidae mempunyai jenis yang sangat poly sekali serta galat satunya merupakan burung Madu Hitam. Burung ini merupakan burung endemik asli Indonesia serta memiliki suara panduAN BURUNGan yang tak kalah merdu dan nyaring dibanding menggunakan burung ocehan yg telah terlatih. Dan di samping itu jua, selain mengungkapkan keindahan panduAN BURUNGannya yang merdu burung madu hitam mempunyai bentuk badan serta bulu yg sangat latif dan dagi mata yang memandangnya. Dan itulah yang coba pada uraikan dalam artikel ini buat mengulas mengenai burung ocehan madu hitam.
Dikatakan pada atas bahwa burung madu hitam merupakan burung endemik berasal Indonesia yang keberadaannya hanya terdapat di kawasan Sulawesi, Maluku, dan Papua. Terbatasnya tempat tempat penyebarannya menyebabkan burung ini tergolong burung yg rentan menggunakan bahaya kepunahan karena disebabkan sang poly sekali faktor yang galat satunya adalah perburuan liar. Di samping itu, pada alam liar burung madu hitam biasa menempati loka-loka menyerupai daerah tepian hutan, daratan rendah, hutan mangrove, serta jua pada perkebunan masyarakat. Dan pada penyebarannya pada daratan hutan Indonesia, burung madu hitam mempunyai 23 sub spesies lebih yang tersebar pada poly sekali daerah pada Sulawesi, Maluku, hingga ke Papua.

Gambar 1. Burung Madu Hitam
Ciri-ciri fisik menurut burung madu hitam adalah ditinjau berukuran tubuhnya hanya sekitar 11 cm saja. Dan buat warna tubuhnya tidak selaras antara yang jantan menggunakan yang betinanya. Untuk yang jantan adalah rona tubuhnya didominasi menggunakan warna hitam yang meliputi pada pecahan wajah, sayap, perut, sampai ke pecahan ekornya. Di samping penguasaan warna hitam masih ada pula paduan warna lain menyerupai rona ungu mengkilap tampak di pecahan dadanya, rona biru maritim terperinci terdapat pada pecahan pangkal ke 2 sayapnya, pada atas kepalanya terdapat semburan warna hijau dan biru.
Bentuk paruh dari burung madu hitam sendiri merupakan agak memanjang menggunakan bentuk yg agak bengkok ke bawah yang berwarna hitam pekat. Sedangkan dalam yang betinanya memiliki karakteristik-ciri yang pada kepalanya berwarna abu-abu, perutnya tampak berwarna kuning pucat, punggung dan sayapnya berwarna kuning zaitun yang terdapat bercak hitamnya, pecahan paras, bawah dagu, hingga ke pangkal dada berwarna ke abu-abuan. Serta bentuk paruhnya pula memanjang serta melengkung ke bawah.
Sedangkan untuk ciri khas dari suara panduAN BURUNGan burung madu hitam merupakan terdengar relatif mendesis menggunakan nada yg tinggi, terdapat jua rangkaian nada-nada dalam panduAN BURUNGannya yg identik dan terdengar relatif tinggi. Dan nada yg terangkai tersebut kontiniu dengan cepat serta diikuti nada dalam getaran yang agak lambat serta terdengar rendah.
Di alam liar burung madu hitam umumnya mencari masakan di tempat terbuka serta makanannya sendiri adalah nektar pada bunga, buah-buah kecil, dan bahkan bunga pun sebagai santapannya. Dan juga pandangan sebagian masyarakat burung madu hitam acapkali disamakan dengan burung kolibri lantaran sama-sama memiliki paruh yg melengkung ke bawah.
Dan demikianlah ulasan terhadap burung ocehan Madu Hitam yang mempunyai corak rona badan yg sangat latif serta rona panduAN BURUNGannya yang alami berdasarkan alam. Sehingga dengan membaca artikel ini mampu menambah pengetahuan kita seluruh akan burung madu hitam. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//ompanduAN BURUNG.com/2014/10/08/burung-madu-hitam-nan-eksotis/
//id.wikipedia.org/wiki/Burung-madu_hitam
Gambar:
1. //www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2011/11/BM-Hitam.jpg

0 Response to "BURUNG OCEHAN MADU HITAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel