MENGENAL KEUNIKAN BURUNG PIJANTUNG KECIL

Ada banyak sekali jenis burung ocehan pada Indonesia dan hanya sedikit saja yang diketahui sang masyarakat kita menyerupai burung murai batu, kenari, serta love bird. Tetapi di antara banyaknya burung ocehan yg populer tadi masih ada satu jenis burung ocehan yang tak kalah merdu panduAN BURUNGannya. Yakni burung ocehan yang kurang familiar tadi yakni burung Pijantung Kecil.
Burung Pijantung Kecil mempunyai nama ilmiah Arachnothera Longirostra yg daerah penyebarannya pada Indonesia berada di tempat Sunda Besar, Bali, Jawa, Kalimantan, serta Sumatera. Sedangkan pada luar negeri eksistensi burung Pijantung Kecil mampu pada temui dalam negara Cina, India, Asia bab tenggara, Filipina, serta semenanjung pada Malaysia.
Burung ini masuk pada keluarga Nectariniidae yang acapkali dipersepsikan sama menggunakan jenis burung pemakan sari bunga yakni burung Kolibri. Hal tadi didasari terdapatnya sedikit kemiripan berdasarkan kondisi fisik antara burung pijantung dengan burung kolibri berdasarkan sisi ukuran tubuh dan paruhnya. Sehingga hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi burung Pijantung Kecil.

Gambar 1. Burung Pijantung Kecil
Untuk ciri-karakteristik fisiknya, burung Pijantung Kecil mempunyai berukuran yg memang agak kecil yakni hanya kurang lebih 15 cm saja. Di mana dalam bab atas tubuhnya mempunyai warna hijau menyerupai zaitun, rona kuning jelas tampak pada bab bawah tubuhnya. Pada tenggorokan yg berbatasan menggunakan dadanya mempunyai corak warna putih keabu-abuan. Iris matanya tampak berwarna coklat, kakinya berwarna nila kebiruan, dan ekornya ukuran sedang. Sedangkan paruhnya mempunyai berukuran panjang yang melengkung pada mana rona bab atas paruhnya ialah warna hitam dan dalam bab bawah paruhnya berwarna putih ke abu-abuan.
Sedangkan ciri spesial panduAN BURUNGan menurut burung Pijantung Kecil adalah terdengar relatif tajam dan umumnya burung ini berpanduAN BURUNG waktu beliau sedang terbang. Dan penyebarannya di Indonesia mampu dijumpai dalam pekarangan, hutan perbukitan, dataran yang rendah, hutan sekunder, serta perkebunan warga . Dan jua kebiasaan dari burung Pijantung Kecil yang hayati di alam liar ialah suka bersembunyi di antara rimbunnya pepohonan pada siang hari sehingga burung ini mempunyai sifat yang cukup pemalu.
Di alam liar burung Pijantung Kecil menyukai nektar menjadi kuliner pokoknya. Nektar yg dicari oleh Pijantung Kecil buat dimakannya asal menurut bunga-bunga yang tumbuh pada hutan. Di samping itu juga, burung Pijantung Kecil memakan buah-buahan sebagai suplemen nutrisi yang tidak kalah elok dibandingkan dengan nektar sebagai kuliner pokoknya.
Dan pula saat berada pada alam liar, burung pijantung kecil membentuk sarangnya di bawah dedaunan pisang yg terbuat dari serat dan belahan daun yang sudah tua, lalu dieratkan menggunakan jaring laba-laba dengan bentuk menyerupai kantung mini . Saat ekspresi secara umum dikuasai berkembang biak datang, burung Pijantung Kecil sanggup bertelur sebesar 2 buah menggunakan karakteristik-ciri berwarna putih, dan masih ada bintik-bintik merah pada telurnya.
Demikianlah ulasan terhadap burung Pijantung Kecil yg sering disamakan menggunakan burung kolibri padahal secara fisik dan norma burung Pijantung Kecil memiliki berukuran yang agak akbar dan kebiasaannya cukup pemalu terhadap makhluk abnormal yang mendekatinya. Sedari itu, biar membaca artikel ini bisa untuk menambah pengetahuan bagi kita semua terkhusus buat burung Pijantung Kecil.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//ompanduAN BURUNG.com/2014/05/24/beberapa-jenis-burung-pijantung-serta-suara-panduAN BURUNGannya/
//www.biodiversitywarriors.org/isi-katalog.php?Idk=618&judul=pijantung-kecil
Gambar:
//upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e6/Little_spiderhunter_India.jpg

0 Response to "MENGENAL KEUNIKAN BURUNG PIJANTUNG KECIL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel