BURUNGMADU LEHER MERAH SI CANTK YANG KIAN TERANCAM

Burung-madu adalah jenis burung kecil penghisap nektar yang poly ditemukan di tempat Asia. Spesies ini terdiri berdasarkan beberapa jenisnya yg mempunyai penyebaran cukup luas. Jenis-jenis burung-madu pada Indonesia dikenal dengan sebutan burung kolibri, serta cukup popular menjadi burung peliharaan. Salah satu spesies burung-madu merupakan burung-madu leher merah. 


Burung-madu leher merah atau Red-throated sunbirds (Anthreptes rhodolaemus) merupakan jenis burung berukuran sedang (12cm). Burung jantan dan betina spesies ini sanggup dibedakan menurut penampilan serta warna tubuhnya. Burung jantan memiliki mahkota serta tubuh bagian atas berwarna hijau mengkilap, dagu serta epilog sayap atas berwarna merah marun, tenggorokan merah lembut, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning zaitun. Pada burung betina, tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan putih, tubuh bagian bawah kuning pucat, dengan lingkat mata kecil kekuningan. 


Spesies burung-madu leher merah banyak ditemukan di daerah hutan-hutan tropis yg berada pada dataran rendah sampai ketinggian 500mdpl. Mereka umumnya dijumpai pada antara semak serta pohon-pohon mini di hutan utama dan sekunder, serta sering jua ditemukan pada rumpun-rumpun anggrek.


Di Pulau Jawa, akan sulit sekali menemukan spesies burung-madu ini, hal itu karena burung-madu leher merah memiliki penyebaran pada luar Jawa, yaitu di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, serta Palawan. 



Burung-madu leher merah merupakan jenis burung-madu yg sangat dilindungi sinkron PP No.7 tahun 1999, selain itu spesies ini masuk pada daftar merah IUCN menggunakan status Hampir Terancam (NT). 


Berikut suara kicauan burung-madu leher merah.
Semoga manfaat

0 Response to "BURUNGMADU LEHER MERAH SI CANTK YANG KIAN TERANCAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel