MANFAAT MANDI MALAM PADA BURUNG PELIHARAAN

Meskipun tidak termasuk pada setingan perawatan harian yang generik, tetapi mandi malam acapkali dilakukan oleh kicaumania terhadap burung kesayangannya itu. Lalu, apakah sebenarnya tujuan dan manfaat dari mandi malam bagi burung kicauan? Untuk itu, akan kita bahas di sini.

Beberapa jenis burung liar, terutama pada daerah yg mempunyai saat malam lebih panjang beberapa jenis burung akan menjadi sangat aktif dalam malam hari. Selain bercengkerama atau bernyanyi untuk menghibur pasangannya, beberapa burung bahkan kerap melakukan mandi malam baik digenangan air juga di bak-bak mandi yang umumnya telah disediakan pada laman tempat tinggal seorang pecinta burung.
Bagi burung peliharaan, mandi malam mampu sebagai salah satu bentuk terapi buat mendinginkan emosi ketika burung mengalami over birahi (OB), terutama buat burung yang sering menyakiti dirinya sendiri misalnya mencabuti bulunya sendiri.
Selain menjadi terapi OB, mandi malam pada beberapa jenis burung kicauan terbukti mampu memberikan imbas yang relatif baik. Pada pentet misalnya, saat mereka tak jarang menunjukkan tingkah manja dan jarang berbunyi, memandikan mereka dalam malam hari bisa menjadi obat yg cukup efektif mengatasi perseteruan tersebut, pula pada burung-burung kicauan lain seperti pleci, ciblek, kacer, atau murai batu.
Namun perlu diperhatikan pula terdapat beberapa jenis burung yg tidak dianjurkan buat diberikan terapi mandi malam ini, misalnya kenari serta cucak hijau. Kedua jenis burung tadi termasuk jenis yg kurang aktif dalam malam hari, sebagai akibatnya mandi malam terkadang mampu menaruh mereka kasus. Tetapi, bagaimanapun seluruh tergantung karakter serta kebiasaan menurut burung tersebut.
Salam

0 Response to "MANFAAT MANDI MALAM PADA BURUNG PELIHARAAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel