CARA TERNAK BURUNG CENDET/PENTET

CARA BERTERNAK BURUNG CENDET/PENTET
Sangat sulit menemukan artikel yg berkaitan perihal Cara Berternak Burung Cendet, padahal prospek pasar burung ini sangat cantik karena penggemar burung cendet mencapai puluhan ribu (berdasarkan data yg aku peroleh pada anggota Cendet Mania Nusantara). Fakta semakin bertambahnya pecinta burung cendet maka mencoba ternak burung cendet sangat mungkin dilakukan izin populasi burung ini di alam liar nir semakin habis, sebab jika tidak dilakukan penangkaran bukan tidak mungkin lima tahun ke depan burung ini akan punah dialamnya dan tinggal kenangan saja.
Banyak Cendet Mania yang pesimis serta mengungkapkan "hampir tidak mungkin melaksanakan penangkaran burung cendet, sebab burung ini artinya burung predator yang ganas" hal ini tentu sinkron dengan apa yg pernah Cendet Jatim tulis sebelumnya wacana Karakter Burung Cendet.
Namun, menurut Cendet Jatim tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau berusaha buat mencoba, dengan sedikit kesabaran diatas rata-homogen, ketelitian serta terus berdoa. Untuk itulah kali ini kami ingin menyebarkan tabrakan pena ihwal Simulasi Berternak Burung Cendet, meskipun belum pernah kami coba sendiri, namun setidaknya bisa menjadi motivasi bagi Cendeters Jatim biar mau berternak burung predator ini.
Persiapan Indukan
Sebagaimana Teori Pembiakan Burung Cendet, maka hal yg perlu dipersiapkan pertama kali ialah menyediakan atau menyiapkan indukan yg telah siap untuk berkembang biak, yaitu yg telah berusia minimal 1 tahun, baik Cendet Jantan maupun Cendet Betina.
Sekedar mengulang, bahwa Cendet Jantan ditandai dengan bentuk ketua yg datar (cepak), memiliki alis serta ketua yg hitam legam bahkan ada yg sampai ke leher (blangkon). Sedangkan yg betina berwarna lebih puyeh (kusam) dengan kepala yang sedikit lebih kembung (nonong).
Cendet Jantan jika telah mencapai masa brahi yg cukup akan lebih rajin berpanduAN BURUNG, menggunakan  nyanyian yang merdu dan variasi lagu yang beragam, selain itu burung juga tampak lebih berangasan berdasarkan umumnya. Sedangkan Cendet Betina akan mempunyai nada panggil sendiri buat menerangkan bahwa burung siap buat pada kawin sang cendet jantan yang ditandai menggunakan usahanya menciptakan sarang.
Adapun burung cendet yang akan diternak sudah seharusnya merupakan burung yang telah jinak dan paling tidak telah tidak takut lagi dengan segala acara insan, biar burung lebih gampang pada perawatannya juga proses penjodohan.
Persiapan Sangkar/Kandang Ternak
Karena burung cendet artinya burung petarung dan burung predator maka sangkar ternak wajib dibentuk selebar mungkin izin selama masa penjodohan burung mempunyai keleluasaan dalam terbang juga bermain. Selain itu di dalam kandang telah seharusnya juga disediakan tumbuhan perdu buat bersembunyi serta tempat burung bertengger. 
Burung yang telah siap melaksanakan pembiakan akan mengumpulkan rumput serta ranting kecil buat membentuk sarang, buat itu siapkanlah rumput kering di dasar kandang izin burung sanggup mengambilnya sendiri disana. Adapun loka memberikan sarang bisa anda persiapkan dari Batok kelapa yang diletakkan ditempat yg aman nir kena hujan dan nir diserang hama ibarat tikus serta semut.
Ada baiknya selain menyiapkan pohon perdu serta loka sarang dari batok kelapa, anda juga menyiapkan satu pohon yg lebih tinggi dan bercabang yg bisa dijadikan tempat burung memberikan sarangnya. 
Siapkanlah wadah pakan yg cukup akbar, taruh ditempat yang aman dan tidak diganggu semut, wadah yang kami maksud artinya tempat menaruh jangkrik pada jumlah tak terbatas, sebab burung yang akan diternak harus disediakan kuliner EF jangkrik dalam jumlah yg banyak selain jua memperlihatkan Voer. 
Sebaiknya Sangkar penangkaran dibentuk ditempat yg terbuka dengan satu sisi yg menghadap panas mentari , sementara pecahan lain pula terdapat loka yang teduh dan beratap. Pastikan pintu masuk terdiri dari 2 pengaman pintu, sebagai akibatnya burung nir bakalan tanggal, adapun model pintu yg kami maksud bisa anda surfei pada KBS juga pada Taman Flora Surabaya (akan kami posting fotonya dikemudian hari).
Proses Penjodohan
Burung Cendet Betina yang telah siap berbiak / kawin lebih dulu di masukkan pada kandang besar (sangkar breeding) biar burung merasa kondusif pada kawasan tadi, ad interim Cendet Jantan abaikan dulu di luar di kandang harian. Lihatlah bagaimana tingkah burung cendet jantan jika melihat burung cendet betina, jika burung lebih sering berpanduAN BURUNG serta bernyanyi kemudian juga berusaha buat mengejar betina, barulah burung di jadikan satu dalam wadah penangkaran.
Pada tahap awal penjodohan  mampu jadi burung akan saling bertengkar, jika si jantan yang menang dan mendominasi maka penjodohan akan berhasil, sebab sifat cendet betina akan lebih menyerah kepada cendet jantan yg lebih jagoan. Lamanya saat penjodohan tidak tentu tergantung kondisi burung dan ketersediaan pakan.
Jika burung telah tampak jodoh, maka burung betina akan mulai mengumpulkan sarang, sementara Cendet jantan hanya melihat dan memantau keadaan. Selama masa penjodohan usahakan nir menerangkan atau memperdengarkan bunyi burung cendet lain yg lebih gacor, biar cendet betina tidak ingin tau dengan pejantan lainnya.
Untuk perawatan selama masa penjodohan, yg paling krusial adalah menyediakan EF yang relatif, yaitu Jangkrik satu hari 50 ekor, UK 2 sdm serta UH 1 sendok. Dengan disediakan EF yang relatif dipastikan burung akan lebih cepat berproduksi. Untuk mandi dan minum usahakan sediakan air yang higienis yg diganti setiap hari.
Bila burung cendet telah siap berproduksi, akan bertelur 2-tiga butir telur tergantung kematangan induknya. Dan akan mengeram selama +/- 21 hari. Setelah menetas, burung cendet piyikan usahakan diambil dan pada suapi sendiri izin burung kelak sebagai burung yg jinak. Selain itu burung induknya pula biar segera berproduksi pulang.
Demikian Simulasi Cara Bertenak Burung Cendet/Pentet yang sanggup aku bagikan, semoga bisa sebagai ilham bagi cendeters dimana pun anda berada. Bila anda telah berhasil breeding cendet menggunakan cara anda sendiri, maka menggunakan senang hati aku akan menerima masukan anda tentang Cara Berternak Cendet yg benar, 

SEMOGA BERMANFAAT...

0 Response to "CARA TERNAK BURUNG CENDET/PENTET"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel