CARA BETERNAK BURUNG KACER



CARA BERTERNAK BURUNG KACER 




Sobat panduAN BURUNGkan pernahkah anda punya harapan buat bertenak burung kacer? Beternak burung kacer memang menguntungkan, apalagi burung kacer ternakan anda produktif dan menghasilkan banyak anakan. Tentu buat berhasil dalam beternak kacer membutuhkan poly hal, termasuk ketelitian, ketelatenan, kesabaran, dan tentunya kesungguhan buat beternak kacer. 
Beternak kacer intinya cukup mudah asalkan kita memiliki kemauan yg besar , dan tentu jua wajib diikuti dengan beberapa ilmu ataupun teknik yang cantik. Lantaran jikalau kita nir punya kemauan yang bertenaga, meskipun kita memahami ilmu dan tekniknya maka tidak mungkin akan berhasil. Begitu jua sebaliknya, apabila kita punya kemauan yg besar lengan berkuasa untuk bertenak kacer tetapi nir mempunyai teknik serta ilmu yg benar maka alhasil pun akan mengecewakan. Untuk itu setidaknya kita wajib mempunyai keduanya, yaitu kemauan yg besar buat beternak kacer serta punya ilmu dan teknik yg sahih. Apabila teman panduAN BURUNGkan ingin beternak kacer, maka sebaiknya anda membaca artikel ini hingga final karena kami akan menyebarkan tips mengenai bagaimana cara beternak burung kacer supaya berhasil.

Langsung saja sahabat panduAN BURUNGkan, ada beberapa poin penting yg wajib anda pahami wacana bagaimana cara beternak burung kacer agar berhasil. Simak baik-baik yang berikut adalah :
1. Pemilihan indukan kacer yg bagus
Hal pertama yang wajib anda perhatikan sebelum beternak kacer yaitu memilih kacer buat dijadikan indukan. Indukan yang anggun akan berdampak konkret dalam anakannya, serta juga bagi anda sendiri. Ada beberapa saran memilih indukan kacer yang rupawan, di antaranya menjadi berikut : 

  • Kacer jantan berumur lebih kurang 10 bulan (kacer yang berumur 10 bulan ke atas biasanya telah masuk periode birahi/siap kawin).
  • Indukan kacer betina usahakan yang telah jinak (hasil penangkaran) serta berumur 1 tahun ke atas. 
  • Badan serasi, yaitu akbar dan panjang. 
  • Tidak stigma fisik.
  • Aktif beranjak dan lincah.
  • Gacor/rajin berpanduAN BURUNG.
  • Untuk indukan jantan, 
  • Itu yaitu beberapa ciri utama indukan kacer yg anggun buat beternak kacer. Kalau anda ingin tahu bakalan kacer yang berkualitas anggun anda sanggup baca di sini.
2. Kondisi kandang serta kandang buat beternak kacer
Poin kedua yang harus anda perhatikan sebelum beternak kacer yaitu menciptakan kandang serta sarang yang sempurna. Kandang yang baik yaitu kandang yang mampu membentuk kacer merasa nyaman serta leluasa, sebagai akibatnya mampu meningkatkan kecepatan proses reproduksi. Bahannya mampu menurut kayu apa saja asalkan besar lengan berkuasa dan awet. Ukuran kandang yang kami sarankan yaitu menjadi berikut :

  • Panjang = 90 cm
  • Lebar = 90 cm
  • Tinggi = 180 centimeter. 
Alasan mengapa memilih berukuran tersebut yaitu indukan kacer sudah relatif leluasa dengan berukuran tadi dan nir terlalu sempit. Selain itu kawat strimin yg ada di pasaran juga ukuran 90 centimeter, jadi anda tidak perlu repot-repot untukmenyusunnya lagi. Dalam kandang kacer usahakan anda melengkapi beberapa hal ini dia :

  • Tempat pakan.
  • Tempat minum
  • Tempat mandi (sanggup menggunakan karamba)
  • Tangkringan
  • Tumbuh-tumbuhan (opsional)
  • Tulang sotong (opsional).
Sedangkan buat sarangnya, anda bisa membangun sarang dari materi kayu yang kekal menggunakan bentuk kotak persegi menggunakan berukuran panjang 20 centimeter, lebar 25 centimeter, serta tinggi 20 cm. Atau anda jua sanggup membentuk sarang menggunakan gambaran menyerupai berikut : 
Untuk bahan-bahan membangun sarang kacer, anda cukup menggunakan daun cemara/pinus atau sanggup pula menggunakan merang. Sebagian ditaruh pada dalam kotak/gelodok buat merangsang kacer segera membangun sarang, sebagian lagi ditaruh di dasar kandang.
3. Teknik penjodohan
Tahap penjodohan nir selalu mudah, lantaran terdapat abjad kacer yg senang bertengkar ketika dimasukkan pada sangkar yg sama buat dijodohkan. Untuk teknik penjodohan indukan kacer anda mampu melaksanakan langkah-langkah berikut :
  • Masukkan indukan kacer jantan dalam kandang ke pada kandang.
  • Kemudian tambahkan indukan kacer betina dalam kandang ke sangkar.
  • Tunggu reaksi kedua indukan kacer tadi apakah sudah terlihat rukun atau belum.
  • Ciri-ciri indukan kacer telah rukun yaitu kacer jantan terus berpanduAN BURUNG sembari mendekat ke betina, dan si betina meresponnya dengan turun ke dasar sangkar sambil berpanduAN BURUNG khas kacer betina/ngepler-ngepler.
  • Kalau belum jodoh, umumnya betina akan menghindar serta hirau taacuh kepada kacer jantan.
4. Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan kacer membutuhkan ketenangan dan ketenangan di kandang serta sekitar sangkar. Pastikan tidak terdapat gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman kacer lebih kurang 14 hari (2 minggu), serta daya tetas telur tergantung menurut syarat lingkungan serta betina itu sendiri. Sebagai saran, pada saat masa mengeram kurangilah memberitahuakn EF lantaran bisa menciptakan kacer bernafsu serta birahi tinggi dan akan berdampak jelek pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (sekitar dua hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi EF dan jangan lupa sediakan kroto. Biarkan indukan kacer memberi makan anakannya dengan koroto, karena kroto baik untuk anakan kacer yang gres menetas.
5. Meloloh anakan kacer
Pada ketika anakan kacer berusia lima-10 hari, anda mampu mengambilnya/disapih buat diloloh sendiri. Jangan ambil anakan kacer sebelum berusia lima hari, tetapi jangan sampai lebih menurut 10 hari. Anda mampu menaruh anakan kacer di dalam wadah apa saja, yang krusial yaitu terdapat landasan materi yg sama menggunakan yang ada di sarang sebelumnya. Bisa dengan kapas, atau menggunakan merang dan daun cemara/pinus. Taruh wadah tersebut dalam box. Untuk menjaga kehangatan anakan kacer, pasanglah lampu pada dalam box.
Pakan yg kami sarankan buat anakan kacer berusia 5-10 hari yaitu kroto yang bersih (bebas kotoran dan bangkai semut). Suapkan kroto tadi dengan alat penjepit dari bambu/indera lain secara perlahan. Ingat untuk meneteskan sedikit air ke kroto sebelum dilolohkan agar mudah buat ditelan. Pada saat anakan kacer berusia pada atas 7 hari, anda mampu menunjukkan kroto yg dicampur menggunakan campuran voer. Anda pula bisa menambahkan multivitamin buat menjamin kebutuhan vitamin serta mineral bagi anakan kacer.
Pada saat anakan kacer berusia 15 hari ke atas, anda bisa menerangkan pakan berupa jangkrik yang telah diotong kakinya serta kepalanya dipencet. Akan lebih baik lagi jika jangkriknya sedang mabung yang masih lembut dan berwarna putih. Apabila anakan telah mulai melompat-lompat di dalam box sarang, anda bisa memindahkan anakan kacer tadi ke pada kandang gantung. Tetapi pastikan dasar kandang gantung permanen diberi landasan materi yg sama dengan materi produsen sarang. Anda pula sanggup memberi tangkringan bertingkat supaya anakan kacer berguru melompat menurut tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.
6. Manajemen indukan kacer
Nah, sehabis anakan kacer diambil biasanya pada 7-10 hari kemudian indukan kacer betina akan bertelur lagi. Untuk itu berikan pakan serta EF yg sama menggunakan saat masa kawin (sesudah penjodohan) buat menaikkan ereksi serta segera bertelur lagi.
Cukup gampang bukan untuk beternak burung kacer? Yang pasti anda tidak boleh frustasi waktu gagal atau tidak aporisma, tetapi cobalah lagi dan tidak mengulangi kesalahan. Lantaran pengajar yang terbaik yaitu pengalaman, bukan begitu sahabat panduAN BURUNGkan?
Demikian informasi yang mampu kami sampaikan tentang bagaimana cara beternak burung kacer agar berhasil, semoga berguna bagi anda dan terima kasih sudah membaca artikel ini. Simak terus panduAN BURUNGkan buat menerima poly sekali macam berita penting seputar dunia burung serta perawatannya. Salam panduAN BURUNG.

  beternak burung kacer sangat menjanjikan dan menguntungkan, apalagi bila burung kacer ternakannya produktif dan membuat banyak anakan. Agar berhasil dalam beternak burung kacer tentunya membutuhkan banyak hal, termasuk
kesungguhan, ketelitian, ketelatenan, serta kesabaran yg sangat tinggi, khususnya bagi pemula.
Tidak sedikit para peternak pemula yg gagal, serta memilih berhenti di tengah jalan hanya karena hal-hal tertentu. Seperti induk jantan serta betina nir mau berjodoh, atau karena-karena lainnya.
Oleh lantaran itu, ikuti cara gampang beternak burung kacer pada bawah ini. Adapun tentang yg perlu diperhatikan didalam beternak burung kacer yaitu sebagai berikut:  
A. Kandang Ternak
Yang perlu diperhatikan didalam pembuatan kandang ternak yaitu ukuran panjang 1 meter  x lebar 1 meter  x tinggi 2 meter , ukuran kandang ini sangat ideal buat penangkaran kacer serta didalamnya usahakan dibentuk menyerupai di habitat aslinya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan didalam kandang merupakan:
1. Tumbuh-tumbuhan
2. Kolam protesis mampu diakali menggunakan menggunakan baki atau menurut kaleng bekas
tiga. Area makan dan minum
4. Tangkringan
lima. Gelodok daerah sarang
6. Tulang sotong
B. Indukan Burung
Mutu anakan kacer umumnya tergantung dalam mutu indukannya, oleh karena itu, indukan wajib mempunyai mutu yg cantik yang memiliki karakteristik sekitar menyerupai berikut:
1. Tidak stigma fisik
2. Postur badan besar dan panjang
tiga. Gerakannya gesit dan sorot matanya tajam
4. Sudah memasuki masa birahi -/+ kurang lebih umur 10 bulan
lima. Rajin berpanduAN BURUNG
Catatan
kacer betina sebaiknya dipilih yang relatif jinak namun mempunyai sifat fighter yg relatif tinggi, serta umumnya dari output penangkaran.
C. Penjodohan
Tahap penjodohan nir selalu mudah, karena ada abjad kacer yang selalu bertengkar ketika dimasukkan dalam kandang yang sama buat dijodohkan. Untuk teknik penjodohan indukan kacer anda bisa melaksanakan langkah-langkah berikut:
* Masukkan indukan kacer jantan anda ke pada sangkar.
* Kemudian tambahkan indukan kacer betina dalam kandang ke sangkar.
* Tunggu reaksi kedua indukan kacer tadi apakah sudah terlihat rukun atau belum.
* Ciri-karakteristik indukan kacer sudah rukun yaitu kacer jantan terus berpanduAN BURUNG sambil mendekat ke betina,      dan si betina meresponnya dengan turun kedasar sangkar sembari berpanduAN BURUNG spesial kacer
   betina/ngeleper-ngeleper.
* Kalau belum jodoh, umumnya betina akan menghindar serta hirau taacuh kepada kacer jantan.
D. Periode Bertelur
Sesudah indukan disatukan, tidak akan lama indukan betina akan bertelur serta dalam umumnya burung kacer bertelur 2-3 buah. Janganlah lupa senantiasa sediakan tulang sotong sepanjang masa penjodohan dikarenakan tulang sotong sangat membantu pada dalam pembuatan cangkang telur supaya kuat.
E. Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan kacer membutuhkan kenyamanan dan ketenangan pada kandang dan disekitar sangkar. Pastikan nir terdapat gangguan tikus, kucing, anjing, semut, cicak, kecoa dan hewan lainnya. Masa pengeraman umumnya memerlukan ketika selama 14 hari semenjak telur pertama keluar.
F. Periode Penetasan 
Setelah burung kacer mengerami telurnya selama 14 hari,tentunya telur akan menetas. Perhatian: Untuk tahu apakah telur burung kacer sudah menetas atau belum sebaiknya dengan tengok situasi lingkungan kandang lebih kurang adakah residu cangkang telur yang dibuang atau tidak, sebaiknya untuk jaga-jaga selesainya umur pengeraman 10 hari tiap-tiap pagi mengeceknya, andaikata sudah ada sisa cangkang yang dibikin segera berikan makanan perhiasan berbentuk kroto fresh dan jangkrik.
G. Meloloh
Pada saat meloloh, cukup berikan makanan hayati ( jangkrik, belalang, ulat, kroto )setiap ketika pagi,siang dan sore hari, hingga si anak keluar menurut glodok serta bisa makan sendiri.
Biasanya anakan keluar dari glodok dalam waktu berumur 3 mingguan, umur 4 ahad anakan telah studi makan dengan langkat turut mematuk-matuk jangkrik yg diperoleh dari induknya, tetapi buat bisa makan sendiri umumnya berumur lima mingguan.
H. Mensapih Anak
Proses penyapihan biasanya dilakukan pada saat si anak telah mampu makan sendiri atau waktu si indukan telah mulai mematuki anak ketika anak mendekat, dan itu tandanya si indukan akan segera bertelur lagi. Dan ingat mengajarinya menggunakan makan voer halus dengan dicampur kroto.

By MOKHAMAD ALISURAHMAN
SALAM PANDUAN BURUNG MANIA BAGI SEMUA 
KLIK SUKA/KOMEN

0 Response to "CARA BETERNAK BURUNG KACER"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel