CARA TERNAK JALAK SUREN

 CARA TERNAK JALAK SUREN
Teori teori ternak burung jalak, burung yang sanggup jadi sangat menyenangkan, selain sanggup menyalurkan hobi, beternak burung jalak jua mampu mendatangkan laba tersendiri. Burung jalak yaitu burung yg suka mengeluarkan bunyi panduAN BURUNGan keras ini gampang dalam urusan pakan dan perawatannya. Burung jalak adalah burung tipe pemakan segala serangga serta kuliner burung lain sehingga nir ada kesulitan buat memelihara burung jalak ini. Burung yang sangat aktif bergerak kesana kemari ini memiliki badan yg panjangnya 19-25 cm. Sulit sekali membedakan betina dan jantan secara fisik, tetapi burung jalak ini biasannya ukuran betina lebih besar daripada sang pejantan.

Berikut ini merupakan alur dalam ternak burung jalan yang mudah mudahan bisa membantu anda dalam beternak. Berikut adalah yaitu langkah-langkahnya :
Memilih indukan jalak suren
Untuk menentukan calon indukan jalak suren jantan serta betina, usia yg paling ideal yaitu berusia 1-dua tahun. Lantaran dalam usia tadi, jalak suren umumnya telah siap kawin. Pastikan anda memilih indukan jalak suren jantan serta betina menggunakan sahih. Dan jangan lupa buat menentukan calon indukan jalak suren yang telah jinak dan tidak giras/liar biar proses reproduksinya lancar. Membuat kandang penangkaran
Nah, buat sangkar penangkaran jalak suren sebetulnya tidak terdapat ukuran standar. Namun menurut master jalak suren yg sukses beternak, ukuran kandang penangkaran yg ideal yaitu berukuran panjang 2 meter, lebar, 1 meter, dan tinggi sangkar 2,25 meter. Atau kalau lokasi serta lahan nir memungkinkan, anda bisa membangun kandang dengan ukuran 1x1 meter2 menggunakan tinggi kandang 1 meter jua.untuk konstruksi kandangnya menjadi berikut :
Dinding kanan serta kiri dan cuilan belakang bisa dari batako atau kerikil bata. Yang penting jangan diplester dengan semen izin kelembabannya tetap terjaga. Untuk dinding depan (pintunya) wajib terbuka. Bisa ditutup dengan kawat ram.untuk atapnya, separuh tertutup dan separuhnya terbuka. Separuh ditutup dengan asbes, sedangkan yg separuhnya lagi dengan dawai ram. Lantai sangkar lebih baik tanah liat/tanah saja, tidak usah diplester. Tujuannya biar tetap lembab serta lebih cepat menyerap kotoran jalak suren. Tangkringan atau tenggeran menggunakan balok kayu persegi (bukan yang bulat) biar lebih gampang dicengkeram. Sarang sanggup dibentuk dari kayu atau triplek berbentuk persegi (kotak) menggunakan berukuran 25 x 25 x 35 cm2. Letakkan pada sangkar cuilan atas alasannya adalah sifat burung lebih senang bertelur pada atas.sediakan loka mandi atau karamba menjadi media buat mandi. Menjodohkan calon indukan jalak suren jantan dan betina
Untuk penjodohan calon indukan jalak suren sebetulnya tidak berbeda jauh menggunakan proses menjodohkan burung panduAN BURUNG lainnya. Misalnya menyerupai burung kenari. Nah, untuk mengetahui bagaimana proses izin jalak suren jantan dan betina cepat berjodoh serta lekas kawin, anda mampu membacanya pada sini. Mencukupi
kebutuhan pakan indukan jalak suren
Kebutuhan pakan primer dan pakan ekstra (EF) wajib anda cukupi alasannya adalah menggunakan asupan pakan yang relatif dan berkualitas maka akan meningkatkan kecepatan proses reproduksi. Sebagai pakan utamanya anda mampu menunjukkan voer. Sedangkan pakan ekstranya anda mampu memberi jangkrik, ulat hongkong, serta pisang kepok. Induk jalak suren betina akan bertelur 1 ahad sehabis proses kawin berhasil. Selanjutnya betina akan mengerami telur hingga menetas.

Merawat anakan jalak suren
Setelah telur menetas, umumnya anakan jalak suren akan dibiarkan beserta induknya hingga umur 1 ahad atau 1 bulan. Namun dari pengalaman, anakan jalak suren yg berusia 1 ahad telah diambil serta dirawat sendiri menggunakan cara diloloh. Masukkan anakan jalak suren ke dalam inkubator dan pisahkan sendiri-sendiri di dadlam besek/sarang protesis. Pada cuilan atas besek, ditutup menggunakan rotan izin anakan sanggup istirahat. Untuk pelolohannya, menggunakan voer yg telah dihaluskan serta diberi sedikit air hangat izin gampang dicerna. Untuk meloloh anakan JS anda sanggup menggunakan spet. Waktu meloloh yaitu setiap 1 jam sekali, serta kalau telah relatif besar dua jam sekali, semakin besar 3 jam sekali, dan seterusnya hingga anakan mampu makan sendiri. Dan jikalau anakan JS telah mampu makan sendiri, anda sanggup menawarkan jangkrik mini 3 kali sehari masing-masing lima ekor. Namun pastikan jangkrik telah dibersihkan menurut kaki-kakinya.
 macam macam jalak suren

Burung Jalak Bali
Burung jalak yang satu ini tergolong hewan yg langka, penyebarannya mulai bubuhan sampai gilimanuk dengan luas penyebaran 320 kilometer persegi. Jika mampu memelihara burung ini dan membudidayakannya, berarti anda sudah membantu dalam pelestarian burung jalak bali yang hampir punah.
Burung Jalak Suren
Burung jalak ini mampu ditemukan di seluruh pelosok pada indonesia, burung yang cocok dipelihara pada dalam rumah alasannya adalah memang jinak serta memiliki bunyi yang keras serta bervariasi dikala bertemu menggunakan siapapun. Buat memeliharannya pula sangat mudah, sangkar burung jalak ini harus terkena sinar mentari yg cukup biar menawarkan kenyamanan sehingga produktivitasnya akan terus terjaga.
Burung Jalak Putih
Burung jalak yg bentuknya menyerupai menggunakan jalak bali menggunakan bulu yg berwarna putih, namun pada kurang lebih matannya berwarna kuning tanpa bulu. Harga burung jalak putih ini di pasar burung sangat mahal, berkisar 800 ribu hingga dengan 2 juta rupiah. Menyerupai jalak suren, jalak putih sebetulnya gampang dibudidayakan asalakan kondisi syaratnnya minimal terpenuhi.
Burung Jalak Kerbau
Jalak ini poly terdapat di jawa, bali, sulawesi serta beberapa daerah asia timur. Ukuran tubuhnya sedang, lebih kurang 25 cm dengan bulu debu debu renta yang hampir hitam, tunggir da ujung ekornya putih. Jambulnya pendek, paruh serta kakinya berwarna kuning, ad interim burung pandai balig cukup nalar berwarna relatif kecoklatan.
Demikianlah beberapa jenis burung jalak serta bagaimana cara ternak burung jalak semoga bermanfaat buat menambah wawasan anda dalam beternak burung jalak.

By MOKHAMAD ALISURAHMAN
SALAM PANDUAN BURUNG MANIA BAGI SEMUA 
KLIK SUKA/KOMEN


0 Response to "CARA TERNAK JALAK SUREN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel