CARA TERNAK BURUNG CUCAKROWO


Cara Ternak Burung Cucak Rowo 

Cara Ternak Burung Cucak Rowo, Cara sukses penangkaran burung cucak rowo, Cara Budidaya Burung Cucak Rowo, Cucak Rawa. Sebelum penangkaran Cucak Rawa dimulai, terlebih dahulu perlu dilakukan seleksi atau pemilihan terhadap burung-burung ini, terutama apabila jumlah yg dimiliki relatif poly. Tetapi apabila burung yang ada jumlahnya terbatas, maka seleksi semacam nir perlu dilakukan. Seleksi ini dimaksudkan izin memperoleh pasangan calon induk yang memenuhi kondisi, yg dibutuhkan mampu menghasilkan keturunan yg bermutu serta memuaskan.


Calon buat Induk Penangkaran

Burung yg disiapkan buat keperluan penangkaran wajib memiliki semua kriteria 
menjadi calon induk. Kriteria tersebut antara lain:
1. Mutu dan kualitas burung wajib baik; mempunyai mental yg indah; bunyi panduAN BURUNGnya rupawan, nadanya rupawan, volumenya indah, iramanya mengagumkan, jarak jangkaunya jauh, dan bersih atau kristal.
dua. Fisik paripurna, dalam arti nir cacat.
3. Sehat, dalam arti tidak sakit-sakitan.
4. Baik pejantan juga betinanya sudah siap kawin.
lima. Mau dan sanggup ditangkarkan pada arti sanggup kawin secara normal
6. Dari keturunan yg baik dan mempunyai keturunan yang baik jua (tidak stigma, rajin, dan sayang mengasuh anaknya)
Kunci keberhasilan penangkaran
Keberhasilan penangkaran sangat dipengaruhi sang kandang atau sangkar yang digunakan cocok atau nir. Sangkar atau sangkar penangkaran artinya sangkar atau sangkar yang diperuntukkan menjadi loka menangkarkan atau mengembangbiakkan pasangan burung Cucak Rawa yg sudah siap serta memenuhi kriteria buat dijodohkan. Oleh karena itu, harus dibedakan antara sangkar buat pemeliharaan atau kurungan menggunakan kandang untuk penangkaran.kandang buat penangkaran lebih sempurna disebut sangkar. Selain berukuran yg jauh lebih luas, sangkar jua memerlukan banyak sekali alat-alat yg sanggup mendukung dan membantu usaha penangkaran.
Agar sinkron dengan tempat asli serta kehidupan aslinya pada alam bebas, atau setidak tidaknya mendekati, maka kandang penangkaran ini wajib memenuhi beberapa persyaratan diantaranya:
Lokasinya cocok serta strategis.
- Cocok: adalah banyak faktor pendukung yg memperlancar perjuangan penangkaran, antara lain relatif gampang menerima air dan makanan; tersedia listrik sebagai pemanas dan penjelasan, lingkungan nir terlalu akrab menggunakan keramaian yang mengganggu, kecuali panduAN BURUNG burung. Selain itu, ada loka buat membuang sampah atau kotoran, serta jauh dari hewan yang mampu mengganggu suasana penangkaran.
- Strategis: lokasi penangkaran gampang dikenal dan dijangkau para penggemar, akrab menggunakan jalan serta transportasinya mudah. Kalau mungkin nir berada dalam kota dan lebih baik lagi bila berlatar belakang pegunungan yang masih mirip hutan. Hal ini akan sangat mendukung keindahan suasana penangkaran. Karena, selain output yg akan dibutuhkan, kombinasi antara alam yang indah serta panduAN BURUNGan burung yang akan menerangkan kenikmatan tersendiri. Tersedianya energi, bahan, serta wahana penunjang lainnya perlu jua dipertimbangkan, karena hal ini akan membawa akomodasi dan mendukung perkembangan penangkaran.
Konstruksi bangunan memenuhi kondisi dan bentuk memadai.
Kandang penangkaran yang baik dan cocok merupakan kandang yang memenuhi persyaratan menjadi berikut:
1. Bahan kerangka menurut kayu yang bertenaga, nir mudah lapuk, serta tahan usang .
dua. Lantai dasar terbuat berdasarkan watu kali, watu apung, kerikil pasir dan tanah atau lumpur. Komposisi ini mirip kehidupan orisinil di hutan sebagai akibatnya memenuhi kebutuhan serta wahana merawat diri bagi burung. Misalnya watu apung buat mengasah paruh, pasir menjadi tempat mandi bubuk serta lain sebagainya.
3. Kolam atau rawa protesis dibuat dari semen serta watu alam yang dibentuk sealami mungkin izin tampak luas sebagai akibatnya burung akan merasa senang , betah dan merasa bangga Dengan kandang yg ideal, yaitu panjang 3m, lebar 2m serta tinggi 3m yang umumnya dilengkapi dengan pohon perdu serta tempat mandi yang relatif membentuk burung Cucak Rawa merasa nyaman.
Berikut ini aku sajikan citra berangasan kandang penangkaran. Model kandang penangkaran ini mampu digunakan buat sangkar poly sekali macam burung, tinggal diadaptasi ukurannya. Tetapi bahwasanya kandang penangkaran tidak terdapat yang ideal lantaran semuanya diawali menggunakan kondisi yg terdapat saja. Bisa jadi Andapunya bekas kamar mandi, kamar kost-kostan dsb yg mampu disulap jadi sangkar penangkaran. Yang penting, peredaran udara relatif serta syukur-syukur jika menerima sinar surya pagi. Dengan kebijaksanaan pendekatan sifat alami sesuai syarat keadaan yang pas dibutuhkan burung cucak rowo kita merasa enjoy menggunakan rasa yang nyaman sehingga kemungkinan berakibat burung mau bertelur hingga menetas.


Panjang x lebar x tinggi: 90x90x180

Bahan

Batas samping kanan-kiri dan
belakang = dinding/ tembok atau papan yg tahan lama dsb.
Atas = bab yang tertutup sanggup tertentu di atasnya merupakan genting dengan semua bab sangkar sudah tertutup dawai strimin.tangkringan = kayu asem, kayu jati serutan dll yg krusial keras, dengan diameter lebih kurang dua – tiga centimeter.
Papan loka pakan (F) kayu yg bertenaga.
Rangka menurut Kayu atau materi yg tahan lama

wadah sarang cara lain yg juga disukai cucar rowo (CR) yang terbuat dari kelapa bau tanah yang dibelah jadi 2 serta diambil dagungnya dan tempurungnya, mirip pada bawah ini:
Coba anda artikel ihwal :
Pemilihan pasangan

Keberhasilan penangkaran burung Cucak Rawa sangat dipengaruhi sang pasangan gres yg akan ditangkarkan menjadi calon induk. Untuk menentukan induk yang baik, faktor-faktor ini dia harus diperhatikan, yakni:

Mutu atau Kualitas

Burung yg akan ditangkarkan sebaiknya telah benar-benar diseleksi kualitasnya, yg mencakup mutu suara atau panduAN BURUNG, mental dan jiwanya, keutuhan fisik serta loka dari (peringkat teratas waktu ini ialah Cucak Rawa yg asal dari Sumatera).

Umur Burung

Umur burung yang akan ditangkarkan sangat memilih kualitas piyik atau anakan yg dihasilkan. Anak atau piyik dari induk yg terlalu belia selain kondisi fisiknya lemah, jua panduAN BURUNG atau suaranya akan kurang keras atau bantas. Kemungkinan lain merupakan induk belia ini kurang atau belum bisa merawat anaknya menggunakan baik, sebagai akibatnya kemungkinan mangkat di waktu mini sangatlah akbar. Sebaliknya, induk yg umurnya terlalu bau tanah selain sudah kurang produktif, telur yg dierami kemungkinan nir mampu menetas. Kalaupun sanggup menetas anaknya kurang sehat atau bahkan mangkat ,
Umur yang baik bagi penangkaran burung Cucak Rawa merupakan 2 tahun bagi pejantan serta 1,5 tahun bagi betina, karena dalam umur tersebut Cucak Rawa sudah mencapai sampaumur kelamin. Jika induk burung yg ditangkarkan asal berdasarkan satu keturunan (menurut induk yang sama), penangkaran mampu dimulai dalam umur 1,5-dua tahun.

Asal-usul Pasangan

Satu induk yang sama, yakni berdasarkan satu tetasan yang dalam umumnya terdiri atas jantan dan betina.keuntungan pasangan berdasarkan induk yg sama ini artinya lebih gampang menjodohkannya 
serta gampang jua menentukan jantan serta betinanya, karena mereka sudah berpasangan sejak menetas. Kelemahannya merupakan, keturunannya mustahil membentuk kombinasi suara lain lantaran asal berdasarkan satu darah atau satu garis keturunan.

Jenis Kelamin

Sering terjadi, karena ketidaktahuan penangkar, burung yg dijodohkan adalah pasangan yg terdiri atas jantan semua atau betina seluruh. Hal ini acapkali dialami oleh penangkar pemula. Walaupun burung yang dijodohkan artinya betina seluruh, sanggup bertelur. Hal ini mungkin terjadi bila gizi yang diharapkan sang burung tercukupi. Penentuan jenis kelamin sangat menentukan keberhasilan penangkaran, lantaran bila hingga keliru, penangkaran akan mengalami kegagalan. Untuk memilih jenis kelamin ini telah duraikan di atas secara rinci.

Kecocokan Pasangan

Burung yg sudah ditentukan jenis kelaminnya belum menjamin pasangan ini sanggup akur atau jodoh dan mampu membuat telur atau keturunan. Burung jantan dan betina yg disatukan pada sangkar belum pasti cocok, mereka sanggup saling menyerang, serta mungkin pula si jantan kalah oleh betinanya. Dalam hal semacam ini, pasangan burung ini wajib segera dipisahkan biar tidak mengalami kerusakan bahkan mampu membuahkan matinya keliru satu burung.

Kesehatan

Burung yg disiapkan buat induk, hendaknya benar -betul sudah diseleksi kesehatannya, baik kesehatan fisik juga mentalnya lebih-lebih pada burung yang cacat. Burung yg kurang sehat atau tidak fit mustahil membentuk anakan yang yang baik mirip yg diperlukan.jika burung yg dijodohkan ini sakit, hasilnya akan lebih fatal. Oleh lantaran itu, burung yang dijodohkan harus selalu dijaga kesehatannya melalui perawatan, donasi makan yang baik serta kebersihan kandangnya. Selain umur prodiktifnya panjang, kesehatan burung juga akan membuat keturunan yang baik serta memuaskan

By MOKHAMAD ALISURAHMAN
SALAM PANDUAN BURUNG MANIA BAGI SEMUA 
KLIK SUKA/KOMEN

0 Response to "CARA TERNAK BURUNG CUCAKROWO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel