CARA EFEKTIF MEMBEDAKAN JALAK SUREN JANTAN BETINA

Meski sama-sama berbunyi kencang serta penuh isian, tetapi jalak suren berjenis kelamin jantan banyak diburu karena cenderung lebih mempunyai bunyi kicauan yang lebih bervariasi menurut burung betina. Untuk menerima jalak suren berjenis kelamin jantan tentu tidak mudah, lantaran penampilan keduanya yg sama persis, meski begitu masih ada beberapa tengara yg bisa sebagai pedoman dan prediksi dalam pemilihan jenis kelamin burung jalak suren. Berikut cara membedakan jalak suren jantan betina.



Pengetahuan tentang membedakan jalak suren jantan betina, sangat diperlukan terutama waktu hendak mengembangbiakkan mereka. Karena penampilan keduanya yg sama mirip itulah sering terjadi sepasang burung yg dirawat untuk ditangkarkan ternyata berjenis kelamin jantan 2-duanya. 

Secara generik, membedakan burung jalak suren jantan betina mampu dipandang dari karakteristik-karakteristik fisiknya, antara lain: 
  • Kepala jantan lebih akbar dibanding betina 
  • Tubuh jantan lebih panjang dibanging betina yang memiliki tubuh pendek serta bulat. 

Namun terkadang ciri-karakteristik di atas sulit ditemukan waktu kita mendapatkan seekor burung tanpa terdapat burung lain sebagai perbandingannya. 
  • Selain itu, menurut segi suara rata-homogen burung jantan mempunyai suara kicauan yang cerewet dan akan berkicau menggunakan banyak suara isian menurut suara aslinya (suara hutan). 

Akan tetapi, disamping cara-cara di atas, terdapat cara lain yang sanggup dijadikan prediksi serta patokan yg spesifik, yaitu: 

Melihat bentuk kloaka

Burung jantan mempunyai kloaka yang menonjol dengan bentuk seperti ujung sumpit mie yg bulat, sedangkan kloaka burung betina lebih cenderung bulat serta terdapat beberapa bulu disekitarnya.apabila telah dewasa dan siap kawin, kloaka jantan akan memiliki rona kebiru-biruan. 


Jalak suren jantan dengan kloaka berwarna kebiruan (kiri) serta bentuk kloaka jalak suren betina
Foto courtesy Agus Sriyana (jalaksuren.net) serta Masbun (Anfbirdfarm)
Itulah beberapa cara membedakan jalak suren jantan betina yang bisa dipakai sebagai prediksi dalam menentukan jenis kelamin burung.

Semoga bermanfaat

0 Response to "CARA EFEKTIF MEMBEDAKAN JALAK SUREN JANTAN BETINA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel