CARA JITU MERAWAT CENDET MABUNG

Mabung biasa terjadi dalam semua jenis burung serta unggas, tak terkecuali cendet. Pada masa pergantian bulu tadi karakternya mudah sekali berubah. Lantaran itulah buat mencegah hal-hal yg tidak diinginkan yg berkaitan menggunakan karakter dan penampilan burung. Maka masa mabung dalam burung cendet wajib sangat diperhatikan, yaitu menggunakan menaruh perawatan mabung yang sempurna sinkron karakter. 



Perawatan mabung dalam masing-masing jenis burung secara generik memiliki kecenderungan dalam bentuk perawatannya, tetapi pada penanganannya tentu berbeda. Lantaran setiap jenis burung mempunyai karakter masing-masing. 

Berikut cara jitu merawat cendet mabung.

Setelah bulu-bulu halus mulai berjatuhan, dan penampilan burung mulai menurun. Saat itulah cendet usahakan diistirahatkan berdasarkan segala aktivitasnya, termasuk berhenti dilombakan.

Saat mabung adalah ketika yang tepat buat menghentikan semua aktivitas burung, termasuk berkicau serta bertemu burung sejenis terutama buat jenis burung yang bersifat fighter (teritorial). 

Pada ketika ini, akan lebih baik apabila anda meluangkan waktu buat menaruh pakan tinggi nutrisi serta melengkapinya menggunakan suplemen serta vitamin yang dibutuhkan. 

Untuk uraian perawatan mabung dalam burung cendet sanggup anda simak, berikut adalah: 
  • Selama bulu belum sepenuhnya berjatuhan, usahakan pemberian mandi bagi burung tersebut dikurangi atau dihentikan buat sementara waktu. 
  • Jika diperlukan buat menjemur burung, maka lakukan penjemuran pada waktu yang singkat yaitu dibawah 45 mnt, serta wajib dilakukan dalam pagi-pagi hari sekali sebelum mentari sahih-sahih terasa terik, lantaran panas terik berdasarkan surya bisa membuat kulit burung mudah kemarau serta mengganggu proses mabungnya terutama bulu yg akan jatuh atau hendak tumbuh. 
  • Selama burung beristirahat, jagalah kebersihan sangkarnya. Burung yang sedang mabung mempunyai syarat yang lemah, sebagai akibatnya rentan terkena penyakit yang bersumber menurut parasit / bakteri. 
  • Selama bulu burung masih berjatuhan, usahakan anugerah pakan pada bentuk extra fooding (EF) seperti serangga, dikurangi atau dihentikan sama sekali. Selama itu, burung bisa diberikan pakan berupa voer tinggi protein, contohnya voer ayam atau lele. Nanti selesainya bulu-bulu baru mulai muncul, barulah pakan EF balik diberikan dalam jumlah yg cukup banyak. 
  • Berikan vitamin atau suplemen buat membantu burung mengatasi masa mabungnya menggunakan sempurna, serta proses rontok bulu serta pertumbuhannya mampu berjalan menggunakan lancar serta cepat. Vitamin yg direkomendasikan buat menemani burung cendet yg sedang mabung adalah BirdVit dan BirdMolt Pre (BMP) produksi omkicau
  • Jika seluruh bulu telah jatuh, serta burung pada kondisi istirahat total buat meneruskan tahap berikutnya yaitu menumbuhkan bulu-bulu baru, ketika itu anda mampu memberikan pemasteran dengan beberapa macam bunyi kicauan. Putarkan audio masterannya menggunakan volume bunyi yang nir terlalu keras, lantaran bisa membuat mereka cepat ngedrop dan tidak berkonsentrasi terhadap suara masterannya. 

Bagian terpenting pada perawatan cendet yang mabung adalah buat nir sekali-kali melombakan mereka ketika proses mabung belum sepenuhnya terselesaikan. Karena hal tersebut justru akan Mengganggu karakter dan penampilan burung buat waktu yang cukup lama . 

Semoga bermanfaat

0 Response to "CARA JITU MERAWAT CENDET MABUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel