MANFAAT DAN CARA MEMBUAT ULAT HONGKONG KERING


Mealworm atau ulat hongkongmerupakan pakan tambahan (extra fooding) yang penuh gizi buat hampir semuajenis burung peliharaan. Kandungan proteinnya yg tinggi berakibat ulathongkong menjadi pakan EF favorit buat burung kicauan selain jangkrik dan kroto. 


Karena ulat hongkongmempunyai lapisan kulit tebal yang dianggap exoskeleton, maka para penggemarburung lebih senang memberikan ulat hongkong pada bentuk yang telah berubahwarna sebagai putih.ulat hongkong putihitu adalah ulat yang sedang dalam syarat berganti kulit, pada waktu itu lapisankulitnya akan menjadi sangat tipis, sebagai akibatnya gampang dicerna oleh semua jenisburung peliharaan pemakan serangga.

Kandungan nutrisi yg terdapat pada ulat hongkong adalah:

Protein kasar
48persen
Kadar abu
40persen
Kadar air
57%
Lemak kasar
40persen
Kandungan ekstrak non nitrogen
8%

Umumnya, para penggemar burung akan membatasi anugerah ulat hongkong padaburungnya lantaran dianggap ‘mengakibatkan panas’ serta bisa menyebabkan berbagaimacam masalah. Mitos yang beredar selama ini tentang imbas hadiah ulathongkong yg berlebihan adalah mata burung yang menjadi katarak serta mabungsebelum waktunya. Hal itu memang tidakbisa begitu saja dipercayai, karena katarak biasanya terjadi akibat daya tahanburung yg kurang, sering terkena paparan cahaya matahari, serta faktorketurunan.

Dalam penerapannya, ulat hongkong bisa diberikan baik pada bentukhidup-hayati maupun diberikan pada bentuk kering, baik pada bentuk tepung atauulat yang telah dikeringkan. Pemberian ulat hongkong dalam bentuk kemarau itumemiliki cukup poly manfaat, di antaranya:

  • Lebih awet dalam penyimpanannya lantaran nir memerlukan perawatansebagaimana ulat hongkong hidup
  • Mempunyai kandungan lemak serta air yg lebih sedikit.
  • Tidak perlu risi menggunakan kulitnya yang keras, serta tidak perlu menunggusampai ulat berubah rona menjadi putih.

Lanjut ke Cara membuat ulat hongkong kering 


Banyak manfaat yg bisa didapatkan ketika ulat hongking dikeringkan untukdigunakan sebagai pakan burung peliharaan. Selain mempunyai kandunan lemak danair yg jauh lebih sedikit dibanding yang masih ada dalam ulat hongkong hayati,kulit keras (exoskeleton) yang umumnya ditemukan pada ulat hongkong hiduptidak akan dihasilkan pada ulat yang telah dikeringkan sebagai akibatnya anda tidakperlu repot lagi menunggu dan mencari ulat yg berwarna putih (yg bergantikulit).

Untuk membuat ulat hongkong kemarau, maka cara yang mampu dilakukan adalah:

  • Siapkan ulat hongkong yang akan dikeringkan, tetapi sebelumnya ulat hongkongtersebut usahakan dibuat mati / dihibernasi terlebih dahulu denganmenyimpannya selama beberapa mnt (-/+ 15 mnt) pada freezer lemaripendingin atau kulkas. Jika masih ada ulat yg masih hidup maka kembali simpandalam freezer sampai sahih-benar mati.
  • Setelah itu rebus panggang dalam kompor dengan api sedang.
  • Ratakan ulat hongkong pada loyang datar, supaya nantinya ulat tidak menempelpada loyang, sebelumnya loyang tersebut bisa diberi lapisan tepung jagung, ataumentega.
  • Panggang ulat hongkong pada panggang selama lebih kurang 30 mnt atau lebih,menggunakan mengamati kekeringannya setiap 10 – 20 mnt sekali, supaya ulat tersebuttidak hangus atau terlalu kemarau.
  • Setelah dirasa cukup kering, keluarkanulat-ulat tadi dan dibiarkan dingin menggunakan cara diangin-anginkan.
  • Tempatkan ulat hongkong pada wadah atau toples buat selanjutnyadigunakan.

Untuk termin ini anda telah selesai menciptakan ulat hongkong kemarau dan bisalangsung memberikannya dalam burung atau menyimpannya sebagai persediaan.sedangkan bila ingin membuat tepung ulat hongkong, maka cara yang bisadilakukan adalah:

  • Menggiling ulat hongkong kering tersebut menggunakan menggunakan blender hinggamenjadi serbuk atau tepung.
  • Setelah itu disimpan dalam wadah atau toples yg tertutup rapat.
  • Tepung ulat hongkong mampu langsung diberikan atau disimpan sebagaipersediaan.


Selamat mencoba

0 Response to "MANFAAT DAN CARA MEMBUAT ULAT HONGKONG KERING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel