CARA MEMBEDAKAN BURUNG PALING JANTAN DAN BETINA

Burung pailing atau mongolian lark merupakan burung jenis lark yg paling difavoritkan sang sebagian akbar kicaumania di Indonesia. Pailing bukanlah sejenis burung lokal atau banyak ditemukan pada Indonesia, namun adalah burung impor sehingga harganya pun lumayan tinggi buat berukuran burung bakalan, karenanya agar uang kita tidak sia-sia karena galat menentukan, berikut beberapa panduan dasar bagaimana menentukan burung pailing yang berjenis kelamin jantan, terutama pada kondisi ombyokan. 

Meski memiliki penampilan yg hampir sama, tetapi baik jantan menggunakan betina mampu dibedakan dengan memperhatikan beberapa tanda-tanda spesifik. Jenis mongolian lark serta burung yg termasuk dalam genus Melanocorypha memang mudah dibedakan jenis kelaminnya menurut pertanda-indikasi khusus pada tubuhnya, selain itu hanya burung jantanlah yg mampu berkicau, sedangkan burung yg termasuk dalam genus Alauda misalnya burung branjangan, maka membedakan jenis kelamin mereka relatif sulit dilakukan, selain itu baik jantan serta betina pun mampu berkicau menggunakan baik. 
Sebagai pedoman, buat membedakan jenis kelamin burung pailing atau mongolian lark bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa perbedaan yg terdapat pada tubuhnya, termasuk warna, bentuk tubuh, dan bunyi kicauannya. Untuk detail, mari kita simak disparitas jantan dan betina burung pailing ini dia:
Bentuk kepala
Hampir homogen-rata burung mongolian lark yg berjenis kelamin jantan memiliki bentuk ketua yg besar serta menonjol ke belakang (panjul), menggunakan paruh yg cenderung ukuran akbar dan berpangkal lebar. Sedangkan dalam burung betina, ukuran kepala mereka lebih mini serta cenderung membulat dengan bentuk paruh mini (lancip) dan berpangkal sempit.
Bentuk mata
Mata burung jantan berdiameter lebih akbar menurut burung betina, selain itu jika diperhatikan tampak berkilau pada bagian mata yang terletak pada sisi mulutnya, jeda antara dua mata menurut pangkal paruhnya pun terlihat lebih dekat. Sedangkan burung betina memilik mata yang lebih mini serta tampak berkaca-kaca, jika diperhatikan bundar mata serta garis lisan berada pada garis lurus, menggunakan jeda ke 2 mata terlihat jauh berdasarkan pangkal paruhnya.
Bentuk alis
Burung jantan mempunyai alis berwarna putih yg lebar serta panjang atau kecil tetapi panjang, bentuk alisnya pun tampak lebih kentara dengan bentuk kedua alisnya yang tembus sampai belakang ketua. Sedangkan dalam burung betina alis mereka rata-homogen nir tampak jelas, sehingga acapkali dipercaya nir mempunyai alis, atau alis dalam burung betina tidak cerah serta nir tembus sampai bagian belakang kepalanya seperti burung jantan.
Bentuk kaki
Hampi rata-homogen kaki pada burung jantan terlihat gagah serta panjang, tergantung habitatnya beberapa jenis burung ini mampu memiliki kaki yg berwarna kemerahan namun terdapat jua yang nir menggunakan bentuk kaki yg pendek. Rata-rata juga kaki burung jantan akan mengkeram lebih bertenaga dibanding burung betina yg mempunyai kaki pendek menggunakan warna lebih pucat. Kaki betina yang nir jenjang menciptakan penampilan betina lebih serin terlihat menunduk tidak misalnya jantan yang berdiri dengan tegap.
Bentuk serta rona paruh
Paruh burung jantan rata-rata panjang serta proporsional, dengan bentuk yang tebal. Beberapa jenis mongolian lark yg berparuh seperti giok dianggap menjadi jenis yang sangat istimewa. Paruh pada burung betina cenderung lebih pendek dan tipis. Sementara apabila dicermati berdasarkan rona paruhnya, paruh burung jantan berwarna kemerahan menggunakan kerongkongan yg lebih lebar, sedangkan burung betina mempunyai paruh berwarna kekuningan dengan kerongkongan yg lebih sempit.
Bentuk sayap
Rata-rata burung jantak memiliki lebih berdasarkan enam helai bulu-bulu sayap yang berwarna putih, dengan jumlah 6-12 helai bulu putih yang cerah menggunakan rona bulu sayap yang berkilauan. Berbeda dengan burung jantan, jumlah bulu putih pada sayap burung betina berjumlah kurang berdasarkan 6 helai bulu warna putih, dengan warna bulu sayap yg kusam serta nir secerah burung jantan.
Bentuk kalung leher / kerah leher
Semua jenis burung mongolian lark memiliki kalung leher atau kerah leher hitam yg panjang , tebal serta berbentuk setengah bulat. Sedangkan dalam burung betina mempunyai kalung leher atau kerah leher yang pendek dan tipis.
Suara burung yang masih muda
Perbedaan dalam burung jantan dan betina terutama dalam burung yg masih berusia anakan atau masih muda sanggup didengarkan menurut suara panggilan mereka, homogen-homogen burung jantan memiliki bunyi yg lebih keras berdasarkan burung betina , serta apabila ngeriwik cenderung bervariasi.
-
Itulah beberapa pedoman dasar dalam proses identifikasi jenis kelamin pada burung mongolian lark terutama pada syarat masih bahan atau muda hutan yg di pasar-pasar burung umumnya dijual dalam sangkar ombyokan. 
Dengan menentukan burung jantan, maka proses perawatan berikutnya tentu akan lebih mudah dan lebih cepat pada proses berbunyinya. Karena berbeda menggunakan burung jantan, burung betina berdasarkan spesies ini sporadis sekali berkicau atau nir berkicau sama sekali.
Salam kicau!
tag & keywords: burung pailing, membedakan pailing jantan serta betina, beda jantan betina burung pailing, beda mongolian lark dan calandara lark, beda jantan betina, burung jantan dan betina pailing, pailing jantan dan betina, cara membedakan jenis kelamin burung pailing, burung pailing jantan, sexing burung pailing, ciri-karakteristik burung pailing jantan, karakteristik-ciri burung pailing betina, bunyi burung pailing betina, burung pailing, membedakan pailing jantan dan betina, beda jantan betina burung pailing, beda mongolian lark dan calandara lark, beda jantan betina, burung jantan serta betina pailing, pailing jantan dan betina, cara membedakan jenis kelamin burung pailing, burung pailing jantan, sexing burung pailing, ciri-ciri burung pailing jantan, ciri-ciri burung pailing betina, bunyi burung pailing betina, burung pailing, membedakan pailing jantan dan betina, beda jantan betina burung pailing, beda mongolian lark dan calandara lark, beda jantan betina, burung jantan serta betina pailing, pailing jantan dan betina, cara membedakan jenis kelamin burung pailing, burung pailing jantan, sexing burung pailing, ciri-ciri burung pailing jantan, ciri-ciri burung pailing betina, bunyi burung pailing betina,  

0 Response to "CARA MEMBEDAKAN BURUNG PALING JANTAN DAN BETINA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel