CARA TERNAK CUCAK IJO

CARA MENANGKAR CUCAK IJO
Sobat panduAN BURUNGkan, cucak hijau atau cucak ijo adalah keliru satu burung panduAN BURUNG yang banyak digemari oleh para pecinta burung panduAN BURUNG. Cucak ijo mempunyai warna elegan (hijau) serta suaranya jua begitu khas. Sifat petarung (fighter) seakan menambah garang burung berwarna hijau ini. 
Lantaran penggemar cucak hijau yg begitu poly, maka selain memeliharanya buat koleksi serta lomba, cucak hijau pula memiliki prospek yang anggun apabila dikembangbiakkan/diternakkan. Selain cara beternak cucak hijau yg tergolong tidak sulit, harga jual CH ini pula relatif tinggi. Jadi, selain anda bahagia alasannya adalah hobi memelihara burung cucak hijau anda pun juga mampu menernaknya. Dari hobi maka juga bisa membuat pundi-pundi uang yg nir sedikit. Hanya saja pada beternak cucak hijau anda harus benar-benar telaten, sabar, konsisten, serta mau belajar. 
Nah buat itu kami dalam kesempatan ini akan berbagi tips bagi anda yg ingin memulai beternak cucak hijau semoga berhasil. Langsung saja ini dia artinya langkah-langkah bagaimana beternak cucak hijau semoga berhasil :
1. Pemilihan indukan cucak hijau
Yang pertama yg wajib anda persiapkan adalah menentukan indukan cucak hijau yang berkualitas rupawan. Indukan yg berkualitas anggun akan berdampak faktual bagia anda alasannya adalah bisa membentuk keturunan/anakan yg berkualitas pula. Dalam menentukan indukan cucak hijau, simak tip-tips ini dia :
  • Indukan kacer jantan berusia di atas dua tahun.
  • Indukan kacer betina berusia di atas 1 tahun.
  • Kondisi kesehatan cucak hijau harus cantik.
  • Indukan wajib lincah.
  • Gacor/rajin berpanduAN BURUNG bagi cucak ijo jantan.
  • Tidak stigma fisik.
  • Memiliki tubuh yg harmonis (besar dan panjang).
  • Untuk jenis cucak hijau terserah anda (boleh menurut blora, sumatera, banyuwangi, atau jember).

Nah, bagi anda yg masih kesulitan membedakan cucak hijau jantan serta betina, silakan anda baca di sini.

2. Proses penjodohan
Setelah anda tamat menentukan indukan jantan dan betina cucak hijau, selanjutnya artinya proses penjodohan indukan. Dalam menjodohkan cucak hijau, ada beberapa kesulitan terutama sulitnya membentuk jantan dan betina berjodoh. Untuk mengatasi itu, berikut ini kami berikan tips dan teknik menjodohkan indukan cucak hijau :
  • Masukkan indukan cucak hijau jantan dalam kandang ke dalam kandang.
  • Kemudian masukkan indukan cuak hijau betina pada kandang ke kandang.
  • Dekatkan ke 2 indukan namun tidak sama kandang.
  • Tunggu reaksi ke 2 indukan kacer tersebut apakah sudah terlihat rukun atau belum.
  • Anda bisa menggunakan sekat/papan di antara kandang jantan dan betina.
  • Untuk mengetahui telah jodoh atau belum anda tinggal membuka sekat.
  • Ciri-ciri indukan cucak hijau sudah rukun adalah cucak hijau jantan terus berpanduAN BURUNG sembari mendekat ke betina, serta si betina meresponnya dengan turun ke dasar sangkar sambil berpanduAN BURUNG spesial cucak hijau betina/ngepler-ngepler.
  • Kalau belum jodoh, umumnya betina akan menghindar dan dingin kepada cucak hijau jantan.

Proses penjodohan indukan cucak hijau bisa saja cepat (kurang lebih 1-dua minggu) namun mampu pula hingga 1 bulan. Semua tergantung dari syarat birahi keduanya. 
3. Kandang penangkaran serta sarang cucak hijau
Untuk sangkar penangkaran/peternakan cucak hijau berbeda menggunakan sangkar hariannya. Saat beternak cucak hijau anda membutuhkan kandang yg lebih luas serta nyaman semoga CI jantan dan betina lekas kawin serta bertelur. Berikut ini saran dari kami buat sangkar beternak cucak hijau berdasar para peternak CI yang sudah berhasil :
  • Tinggi kandang 2,lima meter.
  • Lebar sangkar 3 meter.
  • Di pada sangkar ditaruh pepohonan yg rindang menyerupai pohon belimbing, sawo, mangga, atau pohon lain yang rindang. 
  • Sediakan tempat pakan
  • Sediakan daerah minum
  • Sediakan karamba atau kawasan mandi
  • Sediakan tangkringan
  • Sarang sanggup menggunakan batok kelapa yg dibelah.

Untuk bahan-bahan membangun sarang cucak hijau, anda relatif menggunakan daun cemara/pinus atau sanggup pula menggunakan merang. Sebagian ditaruh pada dalam kotak/gelodok buat merangsang cucak hijau segera menciptakan sarang, sebagian lagi ditaruh di dasar kandang.
4. Pakan
Untuk beternak cucak hijau membutuhkan pakan yg tidak menyerupai perawatan harian alasannya kebutuhan akan nutrisi terang lebih poly berdasarkan umumnya. Pakan saat penangkaran wajib lebih banyak dari hari biasa, menyerupai voer, cacing, serangga, dan butir-buahan. Yang penting adalah asupan gizi buat indukan cucak hijau haruslah seimbang dan ingat buat menampakan multivitamin di pada air minumnya. Beberapa kandungan nutrisi yg diperlukan cucak hijau waktu reproduksi anatar lain mineral, kalsium, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; zat esensial menyerupai D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid, serta Ca-D Pantothenate.
5. Masa pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan cucak hijau membutuhkan ketenangan dan ketenangan di sangkar serta sekitar kandang. Pastikan nir terdapat gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman cucak hijau sekitar 14 hari (dua minggu), serta daya tetas telur tergantung berdasarkan syarat lingkungan serta betina itu sendiri. Sebagai saran, dalam ketika masa mengeram kurangilah menampakan EF alasannya adalah mampu menciptakan cucak hijau berangasan dan birahi tinggi dan akan berdampak buruk dalam telur yang dierami. Sebelum telur menetas (lebih kurang dua hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi EF dan ingat sediakan kroto. Biarkan indukan cucak hijau memberi makan anakannya menggunakan koroto, sebab kroto baik buat anakan cucak hijau yg gres menetas.
6. Masa meloloh anakan cucak hijau
Pada saat anakan cucak hijau berusia lima-10 hari, anda sanggup mengambilnya/disapih buat diloloh sendiri. Jangan ambil anakan cucak hijau sebelum berusia lima hari, namun jangan hingga lebih dari 10 hari. Anda sanggup memberikan anakan cucak hijau pada pada wadah apa saja, yang krusial adalah terdapat landasan materi yang sama dengan yg ada pada sarang sebelumnya. Bisa dengan kapas, atau dengan merang dan daun cemara/pinus. Taruh wadah tadi pada box. Untuk menjaga kehangatan anakan cucak hijau, pasanglah lampu di dalam box.
Pakan yg kami sarankan buat anakan cucak hijau berusia lima-10 hari adalah kroto yang bersih (bebas kotoran serta bangkai semut). Suapkan kroto tadi menggunakan indera penjepit dari bambu/indera lain secara perlahan. Jangan lupa buat meneteskan sedikit air ke kroto sebelum dilolohkan semoga gampang buat ditelan. Pada waktu anakan cucak hijau berusia di atas 7 hari, anda bisa menunjukkan kroto yang dicampur dengan campuran voer. Anda pula mampu menambahkan multivitamin buat menjamin kebutuhan vitamin dan mineral bagi anakan cucak hijau.
Pada ketika anakan cucak hijau berusia 15 hari ke atas, anda bisa menunjukkan pakan berupa jangkrik yg telah diotong kakinya dan kepalanya dipencet. Akan lebih baik lagi apabila jangkriknya sedang mabung yang masih lembut dan berwarna putih. Apabila anakan sudah mulai melompat-lompat di dalam box sarang, anda mampu memindahkan anakan cucak hijau tersebut ke pada sangkar gantung. Tetapi pastikan dasar kandang gantung permanen diberi landasan materi yang sama menggunakan materi penghasil sarang. Anda pula mampu memberi tangkringan bertingkat semoga anakan cucak hijau belajar melompat menurut tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.
7. Manajemen indukan cucak hijau
Nah, selesainya anakan cucak hijau diambil umumnya pada 7-10 hari lalu indukan cucak hijau betina akan bertelur lagi. Untuk itu berikan pakan serta EF yang sama dengan saat masa kawin (setelah penjodohan) untuk mempertinggi ereksi serta segera bertelur lagi. Indukan cucak hijau saat mabung tidak tertentu rontok semua bulu-bulunya, namun sedikit-sedikit (nyulam). Jika syarat fisiknya sehat serta fit maka indukan cucak hijau akan tetap bereproduksi. Cukup gampang bukan buat beternak burung cucak hijau? Yang niscaya anda dihentikan frustasi saat gagal atau nir aporisma, tetapi cobalah lagi serta tidak mengulangi kesalahan. Lantaran guru yang terbaik merupakan pengalaman, bukan begitu sahabat panduAN BURUNGkan?
Sobat panduAN BURUNGkan, demikian informasi yg sanggup kami sampaikan tentang Bagaimana Cara Beternak burung Cucak Hijau Agar Berhasil. Semoga bermanfaat bagi anda semua, serta terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus panduAN BURUNGkan untuk mendapat aneka macam macam info penting seputar global burung dan perawatannya. Salam panduAN BURUNG, semoga sukses.!!!  
By MOKHAMAD ALISURAHMAN
SALAM PANDUAN BURUNG MANIA BAGI SEMUA 
KLIK SUKA/KOMEN

0 Response to "CARA TERNAK CUCAK IJO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel