ELANG FLORES RAPTOR ENDEMIK YANG TERANCAM PUNAH

Ada kurang lebih 71 spesies burung pemangsa atau raptor yg bisa ditemukan pada Nusantara, serta 10 spesies di antaranya adalah jenis raptor endemik yang hanya sanggup ditemukan pada beberapa wilayah tertentu pada Indonesia, galat satunya adalah elang flores.

Elang flores (Nisaetus floris) adalah satu berdasarkan dua jenis raptor yg masuk pada kategori Terancam Punah atau Endangered yang tercatat pada Daftar Merah IUCN (International Union for Consevation of Nature), sedangkan yang satunya lagi adalah elang jawa. 
Elang flores hanya sanggup dijumpai di Pulau Lombok, Sumbawa dan pulau-pulau mini Satonda dan Rinca, serta pada Pulau Flores, Nusa Tenggara. Elang yang memiliki tubuh bagian bawah berwarna putih ini biasa ditemukan pada hutan-hutan dataran rendah dan submontana sampai ketinggian 1.000 mdpl.
Seperti juga beberapa jenis burung pemangsa lainnya, elang flores memburu mangsanya menggunakan mengintai dari tenggeran, dan pada saat terbang mereka akan memanfaatkan genre udara panas (thermal soaring).
Ada beberapa jenis Nisaetus yg dikenal selain elang flores, yaitu elang jawa (Nisaetus bartelesi), elang wallace (Nisaetus nanus), elang brontok, elang gunung (Nisaetus alboniger), dan elang sulawesi (Nisaetus lanceolatus).

0 Response to "ELANG FLORES RAPTOR ENDEMIK YANG TERANCAM PUNAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel