GREAT TIT BETINA TERNYATA LEBIH LIHAI MENCURI DARIPADA JANTAN

Apabila tak punya makanan buat dimakan, lalu kenapa nir mencuri persedian makanan milik yg lain? Trik licik tersebut tentu tidak akan pernah anda lakukan, tetapi bagi burung mini homogen Great tit, tindakan 'kriminal' itu wajib dilakukan apabila ingin bertahan hidup.
Sebuah penelitian terkini tentang konduite burung yang terbaru menemukan bahwa burung great tit betina ternyata tak jarang merampok persediaan makanan milik burung jantan. Perilaku tersebut memperlihatkan kemungkinan burung great tit betina buat mengimbangi dominasi burung jantan.

Great tit adalah jenis burung yang termasuk pada keluarga Paridae. Semua jenis burung menurut keluarga ini memiliki konduite yg sama. Namun, jenis marsh tit memiliki kebiasaan menyimpan kuliner menjadi persediaan kuliner mereka. 
Tapi jenis great tit justru tidak selaras, mereka lebih senang mengintip dimana burung-burung marsh tit itu akan menyimpan makanannya, dan kemudian mencurinya dari mereka.
Penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal Behavioral Ecology and Sociobiology menemukan bahwa ternyata burung great tit betina lebih memiliki kesempatan menerima makanan yg lebih besar daripada burung jantan. Bahkan burung betina ternyata memiliki ingatan yg relatif kuat tentang dimana lokasi kuliner tersebut disembunyikan daripada burung jantan.
Ketka tidak ada burung jantan di sekitarnya, maka burung great tit betina akan segera merogoh makanan yang sebelumnya telah disimpan, dan diketahui juga bahwa burung betina ternyata bisa mengingat lokasi makanan selama 24 jam.
Perilaku burung betina tadi ternyata relatif mengejutkan para peneliti, termasuk Anders Brodin berdasarkan Lund University pada Swedia yang merupakan penulis primer berdasarkan study tadi.
 

"Hal ini merupakan sebuah disparitas gender yang relatif langka, dan bahwa burung betina ternyata mempunyai laba yg nir biasa. " ucapnya.
 

"Jantan, yg lantaran mereka lebih lebih banyak didominasi dan memiliki akses lebih ke makanan, bahkan mampu selalu yg pertama hingga di sana, sebagai akibatnya akan sangat baik bagi betina saat mereka melihat lokasi penyimpanan makanannya, dan mereka sanggup menghafal tempat serta akan balik lagi nanti," tambah Brodin.
 


Untuk penelitian ini, Brodin dan rekan-rekannya menangkap 16 ekor burung great tit,  menggunakan jenis kelamin jantan serta betina, serta menyimpannya dalam ruangan khusus di laboratorium mereka.
 

Burung-burung itu lalu ditempatkan dalam kandang individu dimana mereka sanggup mengamati perilaku 12 ekor burung marsh tit yang sedang menyimpan persediaan makanannya pada sebuah kandang buatan yg dilengkapi dengan sepuluh butir pohon protesis yang telah dilubangi buat digunakan menjadi tempat menyembunyikan makanan mereka.
 

Masing-masing lubang tersebut dibentuk semirip mungkin, buat meneliti sejauh mana ingatan burung untuk mengingat lokasi tepat penyimpanan tersebut.
 

Hasilnya adalah bahwa burung great tit betina ternyata tidak hanya lebih baik berdasarkan burung jantan, tetapi mereka pula sanggup langsung menemukan makanan yang telah disembunyikan oleh burung mars tit.
 

"Hal itu cukup luar biasa," kata Brodin.
 

Namun, pada alam liar, tidak terdeteksi adalah kuni. Jika marsh tit menyadari bahwa great tit sudah mengamatinya, maka mereka akan segera pindah tempat dan mencari lokasi lain buat menyembunyikan makanannya. 

0 Response to "GREAT TIT BETINA TERNYATA LEBIH LIHAI MENCURI DARIPADA JANTAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel