TAKUR TULUNGTUMPUK BURUNG ENDEMIK YANG SEMAKIN TERANCAM

Salah satu spesies burung yg merupakan endemik Jawa serta Bali yg kini berada pada status hampir terancam adalah burung takur tulung-tumpuk atau  Black-banded barbet (Megalaima javensis). Jenis ini termasuk pada keluarga Ramphastidae serta masih satu keluarga menggunakan takur bultok juga takur api.  

Takur tulung-tumpuk memiliki tubuh ukuran agak besar yaitu 26 cm, dengan bulu yg didominasi warna hijau, dan sedikit berwarna-warni. Mahkota kuning serta bintuk kuning pada lebih kurang mata, tenggorokan berwarna merah serta masih ada bercak merah dalam sisi dada serta kerah lebar melewati dada permukaan serta sisi ketua hingga ke mata. 

Habitat mereka merupakan hutan-hutan dataran rendah pada Jawa dan Bali, tetapi begitu spesies ini tidak umum ditemukan. Makanan utama mereka merupakan buah-buahan dan serangga, dan memiliki kebiasaan misalnya halnya jenis takur yg lainnya. 


Musim kawin berlangsung dalam bulan April, Mei serta Desember. Sarang mereka diletakkan di pada lubang yang terdapat pada pepohonan.


Takur tulung-tumpuk merupakan spesies burung yg dilindungi oleh UU No. 5/1990 dan PP No. 7/1999. Badang konservasi internasional ICUN memasukkan spesies ini dalam daftar merah mereka dengan status Hampir Terancam (Near Threatened).
 

Berikut bunyi takur tulung-tumpuk 

0 Response to "TAKUR TULUNGTUMPUK BURUNG ENDEMIK YANG SEMAKIN TERANCAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel