HINDARI PREDATOR ANAKAN BURUNG INI RUBAH DIRINYA MIRIP ULAT BERACUN

Alam memang penuh misteri, termasuk jua bagaimana perilaku hewan saat mempertahankan hidupnya. Penelitian terkini sudah menemukan dan berhasil mendokumentasikan bagaimana burung yg baru menetas di hutan Amazon memiliki kemampuan meniru ulat beracun buat mengusir predator. 


Penelitian yang telah diterbitkan di American Naturalist itu melibatkan 3 orang ilmuwan yaitu
Gustavo Londoño, Duvan García dan Manuel Sánchez Martínez. Dalam tulisannya mereka mendeskripsikan penemuan burung belia lalu mengamati konduite mereka ketika masih berada di sarang.
Selama ini, bukanlah sesuatu yg aneh waktu terdapat hewan yang memiliki penampilan seperti hewan lain buat mengalihkan diri berdasarkan agresi predator, tetapi hal itu sangat sporadis ditemukan pada fauna dari keluarga burung. Para ilmuwan berhasil menyampaikan bahwa anakan burung Cinereous mourner (Laniocera hypopyrra) yang memiliki bulu-bulu berwarna oranye terperinci ternyata mempunyai kemiripan menggunakan spesies ulat berbulu yg beracun (Podalia ata Megalopyge), bahkan menunjukkan perilaku yang mirip ketika berada pada pada sarangnya Sedangkan burung yang sudah dewasa justru mempunyai bulu yang cenderung abu-abu. 

Bukan itu saja, buat mengelabui predator anakan burung itu pun mempunyai gerakan yang mirip gerakan ulat dengan meliuk-liukkan tubuhnya. Uniknya perilaku tersebut akan ditunjukkan oleh anakan burung tadi sesudah meneria frekuwensi menurut induknya. 
Penelitian tadi menemkan bahwa spesies ini sudah berevolusi dengan kemampuannya yg unik lantaran rendahnya tingkat anakan burung yg hayati di daerah Amazon pada umumnya (sekitar 20% ), selain itu ketika yg usang buat menunggu hingga mereka mampu terbang dari sarangnya menciptakan mereka relatif rentan diserang oleh fauna predator.

 Berikut video yang menampilkan bagaimana anakan burung ini akan meniru dan berperilaku misalnya ulat berbulu yg beracun buat menghindar menurut predator: 



Salam kicau!

0 Response to "HINDARI PREDATOR ANAKAN BURUNG INI RUBAH DIRINYA MIRIP ULAT BERACUN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel