INILAH SPESIES BURUNG BARU YANG DITEMUKAN SEPANJANG TAHUN 2019

Sepanjang tahun 2014 yg lalu, beberapa spesies burung baru, ditemukan di beberapa negara mulai berdasarkan Brazil sampai Indonesia. Berikut beberapa jenis burung baru yg ditemukan sepanjang tahun 2014. 

1. Cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti) dari Brazil. 


Cryptic treehunter adalah jenis burung yg termasuk pada kelompok burung Amerika Selatan dari keluarga Furnariidae (ovenbirds). Burung ini mempunyai berukuran panjang 22 centimeter yg berdasarkan para ornitolog dunia adalah galat satu jenis burung paling langka pada global.

Keberadaan spesies burung ini pun hanya diketahui daru dua lokasi di timur laut Brazil, yaitu di Murici yang berada pada negara bagian Alagoas dan Frei Caneca di negara bagian Pernambuco. 


2. Sulawesi streaked flycatcher (Muscicapa sodhii) dari  Indonesia


Sulawesi streaked flycathcer termasuk jenis burung menurut kelompok Muscicapa, satu genus dari keluarga burung sikatan yaitu Muscicapidae. Spesies ini mempunyai rentang sayap 6,4 centimeter, serta panjang ekor 4,lima centimeter menggunakan bobot tubuh 12,lima g.


Jenis burung baru ini ditemukan pada dataran rendah dan hutan sekunder di lebih kurang Pulau Sulawesi. 


3. Bahian mouse-colored tapaculo (Scytalopus gonzagai) berdasarkan  Brazil



Bahian mouse-colored tapaculo memiliki berukuran panjang 12 cm, dengan berat tubuh lebih kurang 15 g. Spesies burung ini termasuk gerombolan Scytalopus, salah satu genus menurut keluarga Rhinocryptidae. Jenis burung ini cukup sulit ditemukan, dan menyukai daerah yang gelap tanpa sinar surya menggunakan kelembaban dan tumbuhan berdaun rindang. 


4. Wakatobi flowerpecker (Dicaeum kuehni) berdasarkan Indonesia


Wakatobi flowerpecker atau burung cabai wakatobi termasuk dalam kelompok DIcaeum, keliru satu genus dari keluarga Dicaeidae. Spesies ini termasuk jenis burung pengicau yg ukuran mini , yaitu hanya 12 centimeter dengan bobot tubuh hanya mencapai 7 g. Burung ini adalah endemik Pulau Wakatobi pada Indonesia.


5. Elachuridae, keliru satu keluarga burung baru menurut Asia. 



Elachuridae hanya memiliki satu spesies saja, yaitu Spotted wren-babbler (Elachura formosa). Spesies burung yg berukuran mini ini ditemukan di daerah China, Nepal, India, Bangladesh, Bhutan, Laos, Myanmar, dan Vietnam.


Ukuran panjangnya sekitar 10 centimeter, serta memiliki bentuk ekor yg sangat pendek. Tubuh bagian atas berwarna coklat, sedangkan bagian bawah berwarna putih pucat menggunakan sayap merah karat dan terdapat bercak putih yg menyelimuti semua bulu-bulu tubuhnya.

0 Response to "INILAH SPESIES BURUNG BARU YANG DITEMUKAN SEPANJANG TAHUN 2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel