KIPASANG BELANG SI BURUNG AKTIF YANG SULIT DIPELIHARA

Kipasang belang atau pied fantail (Rhipidura javanica) yang pada bahasa melayu diklaim burung murai gila merupakan burung yg sangat aktif. Burung yg memiliki ekor berbentuk misalnya kipas ini nisbi sulit buat dijinakkan, bahkan tidak sedikit penggemar burung yg gagal pada memelihara atau merawatnya. 

Burung yang bagi sebagian kalangan dianggap sebagai burung srikatan ini memang mempunyai karakter yang gesit dan kurang bersahabat, sehingga poly penggemar burung yang enggan memeliharanya. Selain itu burung kipasan belang adalah galat satu jenis burung yg dilindungi, sebagai akibatnya meskipun di habitatnya spesies burung ini masih cukup berlimpah namun buat kelangsungan dan kelestarian populasi burung ini usahakan kita mentaati peraturan pemerintah tersebut menggunakan tidak menangkap atau memeliharanya. 

Burung kipasan belang memiliki bunyi kicauan yang kasar yaitu berupa crecetan panjang, yg lebih sering dikicaukannya pada saat terbang. Burung yang adalah jenis burung pemakan serangga ini mempunyai penyebaran global mencakup Semenanjung Malaysia, Filipina serta Sunda Besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok. 



Kipasan belang memiliki tubuh ukuran sedang yaitu lebih kurang 19 cm, dan lebih acapkali di temukan di wilayah terbuka, terutama pada pekarangan, hutan mangrove, perkebunan, hutan sekunder, yg tersebar sampai ketinggian 1.500 meter. Burung ini merupakan burung yang sangat aktif, mereka seringkali berpindah dari satu tenggeran ke tenggeran lainnya, serta kadang terlihat sendirian atau berpasangan, tetapi sering jua bersama gerombolan keluarganya atau gerombolan adonan burung lainnya. 


Musim kawin burung kipasan belang jatuh pada bulan Maret - Mei, serta April - Juni. Pada demam isu berkembangbiak mereka akan menciptakan sarang yg berbentuk cawan yg terbuat menurut tumbuhan halus yg direkatkan dengan jaring lab-keuntungan pada dahan yang ramping atau disela-sela tumbuhan merambat. Sarang rata-homogen berada tidak jauh menurut bagian atas tanah, dan telurnya umumnya berjumlah 2 butir telur yg berwarna kuning tua dengan bintik abu-abu.
Berikut beberapa suara kicauan dari burung kipasan belang yg bisa anda download:
  • Suara kipasan belang variasi 1 DOWNLOAD
  • Suara kipasan belang variasi 2 DOWNLOAD
  • Suara kipasan belang variasi tiga DOWNLOAD

Semoga berguna serta Salam kicau!

0 Response to "KIPASANG BELANG SI BURUNG AKTIF YANG SULIT DIPELIHARA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel