LANGKAH MUDAH MENJODOHKAN DAN MENANGKARKAN LOVEBIRD

Lovebird dipelihara tidak hanya buat didengarkan bunyi kicauannya saja, akan tetapi jua buat dikembangbiakkan dengan tujuan menerima keturunan. Menangkarkan lovebird memang lebih gampang ketika kita telah menerima sepasang burung yg sudah siap kawin atau pernah produksi. Tapi bagaimana jika kita mempunyai dua ekor burung yang belum sejodoh, buat itulah dibutuhkan proses perjodohan supaya ke 2 lovebird tersebut tertarik satu sama lain, yang berakhir menggunakan perkawinan. Berikut Langkah mudah menjodohkan dan menangkarkan lovebird.





Namun sebelumnya, terdapat baiknya anda memastikan apakah ke 2 burung tersebut telah berusia mapan (dewasa) yang sudah matang kelamin. Burung jantan homogen-rata wajib berumur lebih dari 12 bulan, sedangkan betina sudah berumur lebih 10 bulan, namun sangat dianjurkan apabila indukan berusia lebih dari satu tahun agar proses perjodohan dan penangkarannya berjalan sukses.

Setelah sepasang burung sudah anda dapatkan, langkah selanjutnya merupakan memastikan bila burung yg anda miliki itu sahih-sahih sepasang murni, yang terdiri dari burung jantan serta betina, karena tak jarang terjadi pula sepasang lovebird yang dikira sepasang murni ternyata berjenis kelamin jantan dua-duanya atau betina 2-duanya. 


Tempatkan ke 2 calon indukan pada pada sangkarnya masing-masing, pada hal ini anda mampu menggunakan sangkar gantung buat memudahkan proses perkenalan. Selama satu minggu, ke 2 kandang tadi sebaiknya diberikan kerodong atau dijauhkan agar nir saling melihat. Selama itu juga berikan pakan yg mampu meningkatkan birahi, misalnya kuaci, jagung belia, dan sebagainya. 


Selang satu minggu lalu, kerodong dibuka serta ke 2 burung dimandikan secara bersamaan, serta setelah itu dijemur dengan kandang yang berdampingan setiap harinya. 

Selama perjodohan, sangkar mereka harus saling melekat atau berada sangat dekat, buat memudahkan mereka berinteraksi seperti saling mengadu paruh, dan tidur berdampingan setiap malam harinya. Untuk itu, posisi tenggeran yg berada dalam kandang mereka, usahakan mampu sejajar. 

Sambil menunggu mereka berjodoh, siapkan saja kandang yg akan dipakai untuk menangkarkan mereka. Di sini  bisa memakai sangkar ternak lovebird yang poly dijual pada pasar-pasar burung. 


Siapkan sebuah kotak sarang atau glodok yg sudah dilengkapi menggunakan serutan kayu dan kulit jagung yg ditabur di dalamnya. 


Jika ke 2 lovebird tadi mulai memperlihatkan ketertarikannya satu sama lain, contohnya saling mengejar, mengadu paruh, dan tidur berdampingan, maka waktunya buat memindahkan keduanya ke dalam kandang ternak yg sebelumnya sudah dipersiapkan.  Untuk sementara kotak sarang (glodok) sebaiknya nir berikan lebih dahulu, karena mereka nanti bakal bermain-main menggunakan kotak sarangnya serta hal itu bisa mengurangi ereksi mereka. 



Ketika burung telah menunjukkan pertanda-tanda siap kawin atau pertanda-indikasi akan bertelur yang umumnya ditunjukkan dengan tak jarang membawa bahan sarang. Saat itulah kita sanggup memasukkan kotak sarangnya.  


Setelah itu, yang mampu anda lakukan hanyalah menunggu sembari berdoa, berharap jika bisnis penangkaran anda mampu berjalan menggunakan sukses serta tanpa gangguan.


Semoga berhasil. 


0 Response to "LANGKAH MUDAH MENJODOHKAN DAN MENANGKARKAN LOVEBIRD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel