MANFAAT DAN PENTINGNYA VITAMIN TAMBAHAN UNTUK BURUNG PELIHARAAN

Pemberian vitamin tambahan dalam burung peliharaan misalnya murai batu tampaknya masih kurang menerima perhatian dari sebagian besar penggemar burung. Bahkan tidak sedikit yang menduga burung peliharaan telah menerima asupan nutrisi yang cukup dari pakan tambahan yg diberikan setiap harinya. Untuk itu yuk kita fahami apa sebenarnya manfaat serta pentingnya vitamin tambahan buat burung peliharaan.
Pentingnya vitamin untuk burung peliharaan termasuk murai batu


Murai batu dikenal menjadi burung pemakan serangga, serta menjadi pemakan serangga hidup setiap hari itulah tubuhnya harus mencerna, memproses, dan mengasimilasi protein yg beradal dari hewan. Tapi tahukah anda bahwa buat melakukan tugas-tugas tadi tubuh burung akan bekerja ekstra keras, dan tanpa donasi vitamin tambahan terutama vitamin B6 dan B12, mereka nir akan sanggup mencerna protein dari fauna/serangga yang telah dikonsumsinya itu.

Karena itulah penting bagi kita buat tidak mengabaikan kualitas serta keteraturan pada hadiah vitamin tambahan kepada burung peliharaan kita. Anggapan bahwa burung peliharaan sudah relatif mendapatkan asupan nutrisi menurut pakan tambahannya (extra fooding) sebenarnya masih kurang sempurna jika hal tadi menurut burung yang berada di alam liar.
Di alam liar, pakan serangga yang dikonsumsi oleh burung murai batu terdiri dari beberapa jenis serangga dan hewan yg bervariasi serta secara alami kaya akan seluruh jenis vitamin serta asam amino, jadi burung tadi tidak hanya mendapatkan protein saja namun juga vitamin yang dibutukannya buat mencerna protein tadi.
Murai batu di alam liar menerima seluruh pakan dan vitamin yg dibutukan secara alami

Alam memang sudah menyediakan seluruh yang diharapkan sang burung murai batu tersebut, dan hal ini tentu sangat tidak sama dengan syarat burung peliharaan yg secara generik hanya mendapat asupan pakan serangga menggunakan jenis yg terbatas. Jika burung setiap hari hanya diberikan pakan tambahan tinggi protein seperti jangkrik, kroto, atau ulat hongkong tapi tidak pernah menerima asupan vitamin tambahan, maka proses pencernaan protein berdasarkan serangga-serangga tersebut tidak akan berlangsung.
Dengan istilah lain pakan tadi hanya bersifat menaruh kekenyanganya saja dalam burung tapi menggunakan manfaat yg berkurang, itu sebabnya mengapa banyak burung peliharaan yang permanen nir tampil aporisma meski pada perawatan hariannya selalu diberikan pakan serangga dalam jumlah poly, bahkan cenderung rentan mengalami over birahi.
Ketika anugerah pakan tinggi protein itu didukung menggunakan hadiah vitamin tambahan yang mengandung B6 - B12, maka protein akan lebih gampang dicerna sang tubuh burung sebagai akibatnya efeknya akan sanggup terlihat dari murai batu yang lebih rajin berbunyi tapi dengan syarat birahi yang stabil.
Vitamin B6 dan B12 mampu didapatkan dalam multivitamin BirdVit. Untuk output maksimal sebaiknya BirdVit diberikan setiap 2 - tiga kali seminggu yang mampu diberikan dengan cara dicampurkan beserta kroto yang akan diberikan dalam burung atau diencerkan pada air minumnya. Namun jika anda memilih untuk mencampurkan vitamin dengan air minumnya, maka beberapa hal ini dia perlu anda perhatikan buat memastikan burung meminum air minumnya tersebut.
  • Selama diberikan air minum yang dicampur vitamin sebaiknya burung nir dimandikan, lantaran burung mampu meminum air yang berada pada bak mandinya sebagai akibatnya memperkecil kesempatan burung buat minum air vitaminnya itu.
  • Selama itu jua usahakan burung tidak dijemur, lantaran air minum yg sudah dicampur vitamin sanggup rusak bila terlalu lama terkena gambaran cahaya/panas surya.
  • Air minum yg telah dicampur vitamin itu usahakan diganti setiap 11 - 12 jam sekali buat mencegah pencemaran bakteri.
Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pentingnya hadiah vitamin pada burung murai batu terutama dalam pencernaan protein yg diperlukan dan untuk mendukung aktivitas serta menjaga kondisi tubuh dari burung peliharaan.
Semoga berguna.

0 Response to "MANFAAT DAN PENTINGNYA VITAMIN TAMBAHAN UNTUK BURUNG PELIHARAAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel