WALIK KEMBANG BURUNG UNIK BERKEPALA MOHAWK

Penampilan burung ini sedikit unik,  kepalanya yang putih menggunakan garis hitam membuatnya tampak seperti rabat rambut bergaya Mohawk, jikalau anda pernah menonton The A Team, penampilan burung ini seperti potongan rambutnya Mr. T.

Nama burung ini merupakan walik kembang, tubuhnya didominasi warna hijau yg membuat spesies burung ini sulit terlihat dari pulang rimbunan dedaunan. Burung jantan gampang diidentifikasi dari warna yg terdapat pada tubuhnya termasuk bagian kepalanya yg unik.

Walik kembang memiliki nama latin Ptilinopus melanospilus, adalah jenis burung yang adalah anggota sku merpati-merpatian. Tanpa melihat burungnya pun kita sudah bisa mengetahui keberadaannya dengan mendengarkan suaranya. Suara walik kembang cukup keras menggunakan lagu berupa 'wuwu. Wu..wu" yg terus-menerus serta kerap dibawakan berulang-ulang.
Spesies burung ini tersebar di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Filipina bagian selatan, dan pulau-pulau mini di sekitar Kalimantan. Di Jawa, Walik kembang umum ditemukan di dataran rendah dan hutan-hutan pada perbukitan hingga ketinggian 800 mdpl, sedangkan di Sulawesi walik kembang poly ditemukan di ketinggian 1.600 mdpl, sedangkan pada Nusa Tenggara burung ini tersebar hingga ketinggian 700 mdpl.

Di Jawa, walik kembang masih banyak ditemukan pada perkebunan, lahan kosong, serta taman-taman yg terdapat di Jakarta serta Bogor, di antaranya pada Taman Margasatwa Ragunan serta di Kebun Raya Bogor.  Ketika ekspresi dominan beringin berbuah, spesies burung ini tak jarang ditemukan bersama-sama burung jenis lain misalnya punai penganten (Treron griseicauda), punai gading (Treron vernans), kutilang (Pycnonotus aurigaster) serta kacamata biasa (Zosterops palpebrosus).

0 Response to "WALIK KEMBANG BURUNG UNIK BERKEPALA MOHAWK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel