MERAWAT BURUNG LOVEBIRD MUDA HINGGA SIAP LOMBA

Burung lovebird banyak dipelihara menjadi burung klangenan untuk tujuan diternakkan atau dilombakan. Banyak penggemar burung lovebird ini yg sengaja membeli burungnya dalam kondisi masih muda menggunakan pertimbangan harga yang lebih murah. Tetapi, bila ingin mendapatkan burung dengan kualitas lomba, tentu kita wajib menaruh perawatan yg tepat, selain itu tentu tergantung pula berdasarkan kualitas indukannya sendiri. Nah, buat itu dalam kali ini kita akan mengetahui bagaimana merawat burung lovebird belia agar rajin suara dan siap untuk dilombakan. 

Banyak penggemar burung yang merawat dan memelihara burung lovebird semenjak usia masih sangat muda atau bakalan, hal tadi nir lepas berdasarkan harga jual yang cukup terjangkau. Secara generik harga jual burung lovebird warna lokal / baku masih di kisaran Rp 200.000 - Rp 300.000, sehingga poly penggemar burung yg lalu memelihara burung tersebut dengan tujuan supaya suatu hari nanti burungnya itu sanggup menjadi burung yang rajin bunyi, syukur-syukur mau diajak main pada arena lomba dan memenangkan lomba tersebut.
Namun buat menerima burung lovebird menggunakan kriterisa tadi , maka kita tidak sanggup begitu saja merawat burung lovebird tanpa memberlakukan pola perawatan dan faktor-faktr pendukungnya. Dengan istilah lain kita tidak memelihara burung hanya menggunakan menggantung serta mengubah makan minumnya setiap hari bila ingin burung peliharaan kita tersebut mempunyai penampilan sesuai menggunakan yang kita harapkan, lantaran bagaimanapun tumbuhnya karakter dan sifat berdasarkan burung peliharaan adalah dari bagaimana cara kita merawat serta mengajarinya.
Untuk burung lovebird yang masih berusia muda atau yang berusia di bawah 4 bulan pada umumnya mereka masih pada tahap belajar bersuara. Secara generik burung lovebird yang masih dalam usia tadi umumnya sudah memiliki kemampuan buat bersuara ngekek, tetapi masih belum maksimal serta cenderung dibawakan dengan terbata-bata, hal tersebut masih dipercaya wajar, karena selesainya berusia lebih dari 5 bulan atau sehabis dewasa, burung akan memakai suara kicauannya itu untuk mendapatkan perhatian dari burung betina yg akan menjadi pasangannya.
Tugas kita bila mempunyai burung lovebird yang masih muda adalah menggunakan memberikannya training agar burung tadi memiliki stamina yg cukup serta terpancing buat lebih rajin berbunyi. Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para penggemar lovebird merupakan :
Rutin memandikan burung hingga basah kuyup
Memandikan burung lovebird sampai basah kuyup dipercaya mampu meningkatkan stamina burung yang sanggup membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suaranya yg panjang. Memandikannya juga nir sembarangan dan harus disesuaikan dengan norma yg berlaku pada kalangan lovebird mania. Salah satu tips memandikan burung lovebird hingga basah kuyup adalah sebagai berikut:
  • Pada pagi hari lebih kurang pukul 07:00 burung tadi disemprot sampai basah memakai semprotan mandi atau sprayer, atau memakai karamba atau bak mandi apabila burung terbiasa mandi di karamba atau bak mandinya, yang terpenting di sini adalah burung wajib sahih-benar dalam kondisi basah kuyup.
  • Setelah itu burung dijemur hingga pukul 10:00 siang, sampai kemudian burung itu diangin-anginkan sampai beberapa ketika (lima-10 mnt).
  • Semprot kembali burung hingga basah kuyup dan dilakukan penjemuran sampai pukul 12:00 siang.
  • Setelah penjemuran burung pulang digantung di tempat yg teduh atau tempat yg umumnya, serta selama burung bersantai sampai sore hari anda mampu memberikan pemasteran menggunakan cara memutarkan suara rekaman burung atau menggantung burung masteran tidak jauh berdasarkan sangkarnya.
Dengan rutin melakukan tindakan-tindakan tadi pada atas dalam burung lovebirdnya, maka dalam beberapa hari atau minggu akan pada peroleh kemajuan berdasarkan burung tadi, misalnya menjadi lebih aktif dan lebih rajin berbunyi.
Memberikan pakan yg tepat
Selain faktor latihan seperti yang disebut di atas tadi, terdapat faktor lain yg pula mensugesti syarat menurut burung, yaitu kuliner yg tepat. Untuk burung lovebird yang masih belia, pemberian makan di usahakan agar lebih bervariasi, baik dari pakan biji-bijian yg biasa dikonsumsi burung seperti milet putih, dalam kali ini bisa ditambah dengan pakan biji-bijian lain yg variatif, misalnya memberikan kuliner milet yang terdiri berdasarkan adonan milet merah dan putih, hemp seed, pellet, kuaci dan sebagainya.
Alternatif lain yang bisa diberikan merupakan pakan biji-bijian yg sudah berkecambah. Pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi daripada pada bentuk biji biasa.
Jika burung hanya diberikan pakan milet putih saja, maka burung cenderung mengalami kegemukan selain itu dengan pakan yg seimbang, maka secara eksklusif kita telah berusaha buat memenuhi kebutuhan nutrisi berdasarkan burung tadi.
Selain biji-bijian pakan lain yg turut mendukung adalah buah dan sayuran. Untuk burung lovebird yg masih muda, pakan sayuran misalnya kangkung, tauge serta jagung belia bisa membantu menaikkan ereksi mereka, sehingga burung lebih cepat dewasa dan rajin berbunyi. Pakan tersebut bisa diberikan dengan cara bergantian setiap harinya. Sedangkan buat buah-buahannya mampu diberikan setiap satu - 2 kali seminggu saja.
Faktor pendukung lainnya
Faktor pendukung yg mampu membuat burung lovebird belia menjadi lebih rajin berbunyi adalah kebersihan dan kesehatan. Dua hal tersebut relatif berkaitan, jika kandang harian yg digunakannya selalu kotor maka burung cenderung mudah mengalami sakit. Biji-bijian yang terjatuh serta mengumpul dalam bagian dasar menurut sangkarnya apalagi jika menyatu dengan air dan kotorannya kemungkinan besar akan menjadi sarang bagi bakteri atau tungau yg bisa mengganggu kesehatan berdasarkan burung tersebut.
Selain itu faktor pendukung yg jua harus sebagai pertimbangan dalam merawat burung paruh bengkok adalah hadiah vitamin. Karena burung paruh bengkok serta jua burung pemakan biji-bijian dikenal memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap mineral serta vitamin, sebagai akibatnya dengan menyediakan keduanya kita secara langsung telah menjaga stamina burung supaya tetap fit serta aktif yang akan merangsangnya buat terus-terusan berkicau menggunakan rajinnya. 
Untuk burung jenis lovebird anda bisa memberikan suplemen vitamin misalnya BirdMineral, yg bisa anda dapatkan di agen-agen omkicau terdekat.
-
Itulah beberapa hal yg sanggup memancing serta menciptakan burung lovebird belia akan menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Sehingga sehabis berusia dewasa atau berusia pada atas lima bulan, burung tersebut telah siap untuk dilombakan.
Semoga bermanfaat

0 Response to "MERAWAT BURUNG LOVEBIRD MUDA HINGGA SIAP LOMBA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel