TANDATANDA PLECI AKAN MABUNG

Dalam perawatan hariannya bila terjadi perubahan mendadak berdasarkan pemberian pakan hariannya, maka burung pleci cenderung akan pribadi memasuki masa mabung. Perubahan yang terjadi dalam perawatan harian merupakan galat satu faktor yang bisa memicu burung mabung lebih awal. 
Begitu pula apabila anda memelihara dan merawat burung pleci yg telah berusia tua, terlalu tak jarang diberikan makanan kemarau (voer) maka burung pleci tersebut akan mudah mengalami mabung. Untuk itu pada pleci yang telah tua sebaiknya selalu diberikan pakan berupa buah-buahan sebagai kuliner utamanya dan voer menjadi makanan tambahan yg diberkan seperlunya saja.  

Berikut beberapa indikasi-tanda yang menerangkan bahwa burung pleci anda sedang memasuki masa mabung:

Burung sebagai lebih berbulu atau gemuk ( perubahan mendadak berdasarkan bentuk tubuh ).
Jatuhnya bulu-bulu halus kecil.
Tumbuhnya bulu-bulu berwarna putih pada bagian kepalanya, terutama bagian leher ke atas.

Jika anda mendapati burung dengan pertanda-pertanda tadi, maka mulailah mmeberikan butir-buahan berair misalnya pepaya, bengkuang cina (waterchestnut), gambas, serta sebagainya selama burung mengalami masa mabung. 
Selain itu sediakan air bersih yg cukup, makanan kering dan berikan full kerodong yg setiap tiga-4 hari kerodong tersebut pada naikkan sampai terselesaikan mabung. 
Selama masa mabung, burung pleci sanggup dimandikan dalam waktu 2 kali sehari dan dalam hal ini memandikan burung dengan air beras sanggup membantu proses mabungnya, selain itu jua akan menciptakan bulu-bulu yg tumbuh menjadi lebih bertenaga, berkilau serta latif. 
Semoga berguna serta Salam Kicau!

0 Response to "TANDATANDA PLECI AKAN MABUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel