PAKAN BETA KAROTEN UNTUK MERAWAT KENARI MERAH

Memelihara burung kenari merah tentu membutuhkan perawatan spesifik terutama pada menjaga rona merahnya supaya nir mudah pudar dan berganti menjadi rona lain waktu burung berganti bulu. Sehingga dalam perawatan hariannya yg lebih ditekankan adalah perawatan dalam bentuk anugerah pakan yang mengandung beta karoten, selain itu poly jua penggemar burung yg memberikan pakan olahan yg dicampur dengan zat pewarna khusus. Nah apa saja pakan alami serta pakan olahan buat burung kenari merah akan kita simak berikut adalah.

Secara umum burung kenari merah yang selama ini dikenal pada kalangan penggemar burung kenari terdiri berdasarkan beberapa jenis termasuk di antaranya kenari red factor, kenari red intensive, kenari merah protesis dan kenari merah yang bersumber menurut kenari orange atau kenari sunkis.
Meski begitu apabila nir diberikan perawatan yang tepat terutama menurut segi anugerah pakan yg mengandung beta karotene maka rona-warna merah yang masih ada dalam burung kenari tadi akan gampang sekali memudar, terutama waktu burung tersebut sedang mengalami masa mabungnya.
Untuk itu selain menaruh makanan biji-bijian menjadi kuliner utamanya, berikan pula kuliner tambahan (exta fooding) berupa butir atau sayuran yg poly mengandung beta karotene, atau memberikan kuliner olahan yang sudah dicampur dengan zat pewarna spesifik yg alami dan bukan memakai bahan kimia yg mampu membahayakan kesehatan burung.
Beberapa pakan yg dikenal mengandung beta karoten yang wajib diberikan pada perawatan burung kenari merah adalah sebagai berikut:
1. Wortel
Wortel segar memiliki poly kandungan beta karoten yg baik diberikan pada burung kenari merah. Wortel ini bisa diberikan dalam bentuk utuh yang digantung atau diparut dan hasil parutannya itu disimpan pada wadah terpisah.
2. Cabai merah serta paprika
Cabari merah dan paprika pula memiliki banyak kandungan beta karoten yg baik diberikan untuk menjaga rona merah pada burung kenari merah. Cabai merah serta paprika ini bisa diberikan pada bentuk utuh atau dalam bentuk kering.
3. Ubi jalar
Ubi jalar yang mempunyai daging berwarna oranye atau kuning ternyata mempunai kandungan beta karoten yang relatif tinggi sebagai akibatnya sanggup diberikan pada burung kenari sebagai kuliner tambahan yg berguna buat menguatkan dan menjaga rona merahnya. Ubi jalar mampu diberikan menggunakan cara direbus terlebih dahulu.
4. Sayuran berwarna hijau gelap
Sayuran atau daun-daunan yang memiliki warna hijau gelap dikenal mempunyai kandungan beta karoten sehinga relatif baik diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung kenari merah.
5. Labu
Buah labu juga mempunyai kandungan beta karoten yang diperlukan oleh burung kenari merah buat menjaga dan menguatkan warna merah, buah labu umumnya diberikan saat burung kenari sedang memasuki masa mabung buat menjaga supaya rona merah tetap ada waktu bulu-bulu baru bermunculan.
6. Buah melon
Buah melon pun mempunyai kandungan beta karoten yang cukup, sebagai akibatnya mampu diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung kenari merah.
7. Tomat
Tomat pula sanggup diberikan sebagai pakan yang memiliki kandungan beta karoten yang relatif tinggi.
Selain memberikan pakan berupa sayuran atau buah-buahan seperti pada atas, poly penggemar burung yg jua menaruh zat pewarna makanan seperti Carophyl atau Canthaxantine.
Carophyil selama ini dikenal sebagai zat pewarna alami yang biasa diberikan pada hewan peliharaan misalnya ikan arowana super red terutama buat menjaga rona merahnya permanen berwarna cerah. Sedagkan dalam burung kenari merah, carophyl jua dikenal sebagai zat pewarna yang sanggup membantu menguatkan atau memunculkan atau menjaga rona merah dalam burung kenari merah serta kenari orange.
Carophyl biasanya diberikan dengan cara mencampurkan satu sendok ukur (5 gr) carophyl menggunakan air hangat sebesar 1000 ml, kemudian diberikan sebagai air minum burung kenari tadi. Berikan air minumnya itu setiap satu - 2 kali seminggu, terutama saat burung kenari tersebut akan memasuki masa pergantian bulu atau mabung. Selain itu, cara pemberian yang lain adalah menggunakan mencampurkan 6 sendok ukur (lima gr) dengan 500 gr pakan olahannya atau egg food.
Untuk mengetahui apakah kuliner tersebut sudah sesuai dosisnya buat burung maka sanggup dilakukan pemantauan terhadap kotorannya, apabila kotorannya berwarna merah itu merupakan dosis carophyl terlalu banyak serta bisa dikurangi.
Disamping itu hindari pula air minum atau kuliner yg mengandung zat pewarna itu terlalu lama papaparan cahaya matahari secara langsung lantaran bisa merusak dan apabila dibiarkan pada waktu yang cukup lama bisa sebagai loka berkembangnya bakteri yg merugikan kesehatan burung.
Untuk hasil yg maksimal , carophyl sebaiknya diberikan bersama makanan beta carotene seperti di atas.
Namun perlu jua menjadi perhatian bahwa meski selama ini carophyl dikenal menjadi zat pewarna yg cukup banyak digunakan para peternak dan penggemar burung pada mancanegara, namun anugerah yang terlalu berlebihan justru sanggup mengganggu kesehatan dari burung tersebut.
Semoga berguna

0 Response to "PAKAN BETA KAROTEN UNTUK MERAWAT KENARI MERAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel