PENANGANAN KENARI YANG ALAMI EGG BINDING

Masalah yg paling ditakuti para peternak kenari merupakan ketika indukan yang mengalami gagal bertelur atau Egg Binding. Apabila burung mengalami perkara tersebut maka peluang buat sanggup bertahan hayati sangat kecil, terutama apabila telur pecah sebelum dikeluarkan. 

Karena itulah, penting kiranya kita mengetahui bagaimana mengatasi indukan yang mengalami egg binding ini sebagai akibatnya burung bisa pribadi kita selamatkan, serta mampu berproduksi balik . 

Berikut cara menangani burung yang mengalami egg binding


  • Simpan burung pada loka yang hening, dan jika perlu berikan lampu penghangat pada atas sangkarnya. 
  • Gunakan cotton bud  yg sudah dicelupkan ke pada minyak sayur, kemudian olesi pada bagian kloakanya termasuk juga lubang bagian dalamnya. 
  • Lakukan setiap hari sembari melakukan pengurutan secara perlahan.
  • Jika telur telah hampir keluar, lakukan pengurutan pada perutnya menggunakan hati-hati supaya telur tidak pecah di pada tubuhnya. 
  • Untuk merangsang telur mudah keluar, berikan adonan biji nijer (nijer seeds) dalam pakannya dalam jumlah poly lantaran pakan ini banyak mengandung minyak. 
Setelah telur keluar, tempatkan burung selama beberapa hari pada tempat yg tenang terlebih dahulu hingga siap buat berbiak pulang. 

Salam Kicau!



0 Response to "PENANGANAN KENARI YANG ALAMI EGG BINDING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel