PENELITIAN TERBARU DINOSAURUS MENYUSUT MENJADI BURUNG

Jenis-jenis burung yang kita kenal sekarang sudah diyakini para peneliti adalah hasil menurut sebuah evolusi dinosaurus pemakan daging yang berlangsung selama 50 juta tahun. Berdasarkan kajian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Science tim peneliti dari Universitas Adelaide, Australia menemukan terdapat sekelompok dinosaurus yg menyusut menurut berukuran 163 kilogram sebagai hanya seberat 0,8 kilogram.



Dari output analisis ini mereka memproduksi peta pohon keluarga secara detil tentang transformasi theropod serta nenek moyang burung. Penyusutan ukuran bobot tubuh itu hanya terjadi dalam Theropod, famili dinosaurus yang meliputi Tyrannosaurus rex danVelociraptor, pada 200 juta tahun lalu. Spesies burung hasil evolusi awal merupakan Archaeopteryx.

Archaeopteryx pula berevolusi dan mengikuti keadaan dengan lingkungan baru, termasuk keluarnya bulu, furcula (tulang antara leher serta dada), serta sayap. Evolusi semua itu diperkirakan empat kali lebih cepat dibanding dinosaurus lain.
“Dengan tubuh yang mengecil serta ringan, menciptakan nenek moyang burung dapat menyesuaikan diri menggunakan lingkungan, misalnya memanjat pohon, melayang, dan terbang. Fleksibilitas yang ditimbulkan evolusi ini membantu mereka menyelamatkan diri menurut benturan meteor yg membunuh dinosarus lainnya,” kata Mike Lee, ketua peneliti dari Universitas Adelaide. 
Saat menelaah 1.500 bagian tubuh dinosaurus dari 120 spesies Theropod serta spesies burung mula-mula, tim peneliti memakai indera-indera analitis sophisticated yg dikembangkan pakar biologi molekuler guna memahami evolusi virus. 

0 Response to "PENELITIAN TERBARU DINOSAURUS MENYUSUT MENJADI BURUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel