ZEBRA FINCH SETIA DI ALAM LIAR SUKA SELINGKUH KETIKA DITANGKAR

Dr. Simon Griffith, seorang peneliti burung dari Universitas Macquarie di Australia telah menyampaikan bahwa burung kicauan menurut jenis zebra finch ternyata lebih setia kepada pasangannya ketika berada pada alam liar dibanding waktu mereka berada pada kandang penangkaran.



Dr Griffith yang telah melakukan penelitian terhadap burung ini selama lebih dari 10 tahun terakhir mengungkapkan bahwa zebra finch populer sebagai burung yang monogami waktu berada di habitatnya di alam liar, bahkan lebih setia kepada pasangannya dibanding burung jenis lainnya.  
"Tetapi saat didomestifikasi atau ditangkarkan, kehidupan mereka lalu berubah. Di antaranya ada yang terlibat dalam 'kencan diam-membisu' serta 'perselingkuhan'," celoteh Dr Griffith.

Ia menyebutkan, temuan ini terungkap dari penelitian yg dilakukan atas burung zebra finch di peternakan Fowlers Gap di kawasan barat Negara Bagian New South Wales.

Menurut Dr Griffith, pada alam tanggal burung zebra finch terbukti setia kepada pasangannya. Sebaliknya, jika dikandangkan, mereka berubah dan senang 'bermain cinta'. 
"Meskipun pasangan burung jantan serta betina jenis ini akan membentuk 'keluarga' beserta-sama di alam liar, namun pada penangkaran, penelitian kami menemukan 15 persen pada antara mereka bertelur serta melahirkan anak tanpa dibuahi pasangan pejantannya," katanya.
"Kami menduga ini terkait menggunakan proses domestifikasi," jelasnya. 
Burung zebra finch adalah jenis burung yang banyak dipelihara pada semua dunia.
"Temuan kami di Fowlers Gap menunjukkan burung-burung ini di alam liar sangat setia kepada pejantannya," ujar Dr Griffith

0 Response to "ZEBRA FINCH SETIA DI ALAM LIAR SUKA SELINGKUH KETIKA DITANGKAR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel