PERAWATAN CUCAK CUNGKO SI BURUNG SERIBU SUARA

Cucak cungkok (Chloropsis hardwicki) memiliki kemiripan penampilan dengan burung dari famili cica daun (Choropsidae) tetapi yang membedakan adalah bentuk topengnya yg melebar hingga dada serta rona biru yang pula lebih lebar. Selain itu, suara kicauannya pun dikenal lebih tajam dan sangat bervariasi sehingga kerap dijuluk sebagai burung seribu suara. Berikut perawatan cucak cungko si burung seribu suara.


Dalam bahasa Inggris, cucak cungkok dikenal dengan nama Orange bellied leafbird yg sinkron menggunakan bagian perut yang berwarna oranye. Walaupun pernah sangat popular pada milenium awal, namun cucak cungko bukan termasuk jenis burung yg bisa ditemukan pada Indonesia.  Penyebaran burung ini berada di Himalaya, Cina, Semenjanjung Melayu, serta Thailand. 

Baca lagi: Cucak mutiara kembaran cucak rawa yang kian terancam


Sebagaimana burung dari keluarga cica daun, jantan dan betina cucak cungko mempunyai kemampuan berkicau yg tidak jauh tidak sinkron. Bahka penampilannya pun mampu dibedakan berdasarkan warna bulu-bulunya. Cucak cungko jantan memiliki penampilan yg cerah serta lebih berwarna dibandingkan betina yang berwarna lebih polos. 



Gambar burung cucak cungko jantan (kiri) serta betina 


Perawatan cucak cungko 

Pola rawatan burung cucak cungko secara umum tidaklah terlalu jauh tidak sama menggunakan perawatan yang biasa diterapkan dalam burung cucak hijau maupun jenis cucak-cucakan lainnya. 

Burung cucak cungko mampu diberikan pakan berupa butir-buahan serta serangga seperti jangkrik, kroto, ulat, dan lain-lain. Selain memberikan pakan, krusial pula buat selalu teratur menjaga kebersihan sangkar yang digunakan serta rutin memandikannya setiap hari. 

Agar suaranya menjadi lebih bervariasi, masterlah burung cucak cungko menggunakan aneka suara burung yg anda inginkan. Cucak cungko memiliki kemampuan menirukan suara burung lain menggunakan cepat, oleh karena itu anda sanggup menggunakan rutin melakukan pemasteran menggunakan beragam jenis suara masteran.  


Demikian tips perawatan cucak cungko si burung seribu suara. 

Semoga manfaat serta salam kicau!

0 Response to "PERAWATAN CUCAK CUNGKO SI BURUNG SERIBU SUARA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel