POKSAI SAMHO YANG HILANG DITELAN ZAMAN

Tidak banyak orang yg mengenal jenis burung ini. Selain keberadaannya kini telah sulit ditemukan, spesies burung ini pun hanya dikenal oleh kicaumania keluaran tahun 90-an (hehehe). Mereka yang pernah memelihara burung sejak tahun 90-an pasti tahu apa itu burung samho. 


Samho adalah jenis burung kicauan yg termasuk keluarga poksai, suara kicauannya dahulu pernah meramaikan kancah perburungan di Indonesia. Tapi kini poksai impor ini sanggup dibilang sudah hilang ditelan zaman, keberadaannya sampai sekarang cukup sulit ditemukan, terlebih spesies burung ini bukan adalah jenis burung yg memiliki penyebaran di Indonesia. 
Poksay samho adalah spesies burung dari famili  Leiothrichdae yg memiliki penyebaran pada China dan Taiwan. Ada dua macam jenis burung ini yaitu, Buffy laughingthrush (Garrulax berthemyi) yang dikenal menjadi samho China karena hanya ditemukan di China, dan Rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus) yang dikenal juga sebagai samho Taiwan karena hanya ditemukan di Taiwan. 
 


Kedua spesies burung samho ini memiliki penampilan yg sama mirip, serta perbedaannya hanya bisa dilihat dari kecerahan wanrna yg masih ada pada bagian sayap dan tubuh bagian bawahnya saja. 

Seperti juga poksay hongkong, samho pun mempunyai gaya menari yang khas. Ketika bertemu burung homogen mereka akan bernyanyi sambl menggerak-gerakkan kedua sayapnya. 
Seperti apa bunyi kicauan burung samho ini, yuk kita dengarkan suaranya ini dia: 
Suara burung samho
Salam Kicau!

0 Response to "POKSAI SAMHO YANG HILANG DITELAN ZAMAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel