RAGAM CARA MENANGKAP KEMBALI BURUNG YANG LEPAS

Mimpi terburuk kicaumania merupakan saat burung kesayangannya tanggal begitu saja berdasarkan kandang hariannya. Lepasnya burung tadi sanggup terjadi akibat kecelakaan juga ketidaksengajaan. Ragam cara pun dilakukan demi mampu menangkap balik burung yg lepas tadi. 

Banyak kasus burung yang lepas terjadi akibat ketidaksengajaan, misalnya pada saat memberi makan atau minum kemudian lupa menutup pintu sangkarnya, ataupun burung yg lepas akibat jeruji karamba mandi yg jebol. Sedangkan kasus lainnya adalah sangkar yg terjatuh sang angin kencang, gantangan yg nir kuat maupun diserang kucing / fauna predator.
Apapun penyebabnya, kehilangan burung kesayangan adalah sesuatu yg pastinya menyesakkan dada. Apalagi jika burung tersebut didapat menggunakan harga yang lumayan atau mempunyai kenangan tersendiri. Namun jangan risi, bila anda sudah menguasai trik-trik cara menangkap burung maka burung yang lepas tersebut bisa kembali pulang ke tempat tinggal dengan selamat.   
Secara umum, ada majemuk cara menangkap kembali burung yang lepas. Cara-cara  menangkap burung tersebut diantaranya:
  • Menggunakan kandang kosong atau kandang jebakan.
  • Menggunakan semprotan yg berisi air sabun.
  • Menggunakan getah pulut.
  • Membuat perangkap.

Menggunakan sangkar kosong 
Menangkap burung yg lepas menggunakan kandang kosong yang berukuran luas. Sebelum dipakai, pastikan anda telah mengetahui posisi burung yg tanggal tadi. Buka pintu sangkarnya, selesainya itu masukan cepuk pakan besar yg berisi jangkrik serta ulat hongkong.  
Setelah itu, arahkan kandang dalam burung yg lepas itu sembari menarik perhatiannya menggunakan menjatuhkan beberapa ekor jangkrik ke dalamnya. Jika burung tertarik maka akan eksklusif menghampiri kandang dan masuk ke dalamnya. Pada waktu itulah pintu sangkar sesegara mungkin ditutup dengan tangan. 
Untuk metode ini perlu kesabaran ekstra tinggi, terutama jika burung yang tanggal itu masih pada kondisi belum jinak. 
Menggunakan kandang jebakan 
Kandang jebakan yang banyak dijual di pasaran umumnya menggunakan dua butir pintu yang ditarik memakai karet atau pegas. Jebakan tersebut memang relatif ampuh buat menangkap burung. Tetapi apabila terlalu keras menutup tentu dapat melukai ketua burung tadi. 
Cara memakai kandang jebakan tadi cukup mudah, yaitu menggunakan memasukkan burung homogen yg sudah gacor juga burung betina pada kandang paling bawah. Setelah pintu jebakannya kita angkat dan dicantelkan / dikaitkan pada tenggeran pemicunya, tambahkan wadah yg berisi serangga misalnya ulat hongkong atau jangkrik pada atasnya. 
Kandang jebakan tersebut lalu digantungkan pada tempat pada mana burung terlihat terakhir kalinya. Ketika merasa terpancing, burung yg tanggal itu akan segera menghampiri kandang dan pribadi tertarik pada kuliner yang sudah disediakan. Pada ketika kakinya menginjak tenggeran, maka hal itu akan memicu karet / pegas buat menutup pintu dan menciptakan burung terjebak pada dalamnya. 
Untuk fakta lebih lengkap, silakan simak lagi cara-caranya pada tulisan ini dia:

Menggunakan sprayer / semprotan 
Menangkap burung yg lepas bisa pula dilakukan menggunakan menggunakan sprayer atau semprotan yang biasa digunakan buat memandikan burung. Namun dalam kali ini, bukan air bersih yang digunakan melainkan air sabun.
Ketika melihat burung yang lepas, segera semprotkan tubuhnya dengan air sabun tadi. AIr sabun yang lengket tentu akan membuat sayapnya tidak mampu dipakai sehingga membuatnya lebih gampang buat ditangkap. Segera bersihkan dengan air higienis sesudah burung berhasil ditangkap. 


Membuat getah pulut 

Getah atau pulut digunakan menjadi solusi terakhir apabila burung lepasan tersebut tidak mau masuk ke pada sangkarnya. Cara membuat getah pulut ini sebenarnya cukup gampang, tetapi yang sulit adalah mencari bahan-bahan yang akan dipakai.

  • Mengumpulkan getah yg keluar dari batang pohon nangka, sehabis itu direndam pada air dan direbus sampai warnanya berubah agak coklat. 
  • Getah tersebut kemudian dioleskan dalam sebuah ranting / batang kayu yg akan dipakai sebagai tenggeran. Letakkan ranting/tenggeran tadi pada tempat burung terlihat terakhir kalinya. 
  • Untuk memancing burung bertengger bisa dilakukan dengan menempelkan jangkrik / ulat hongkong dalam ranting yg telah dilapisi getah tersebut.
Membuat aneka perangkap 

Ada banyak cara membuat perangkap buat menangkap burung. Cara-cara tadi bisa anda simak lagi pada tulisan agrobur ini dia:


Semoga manfaat


0 Response to "RAGAM CARA MENANGKAP KEMBALI BURUNG YANG LEPAS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel